5 Destinasi Wisata Situbondo Yang Paling Keren

Situbondo yang dikelilingi oleh kawasan pegunungan dan juga berbatasan dengan laut, menghasilkan panorama alam yang sangat memukau.

Berwisata ke Situbondo jadi ajang pilihan yang tepat. Kabupaten yang terletak di daerah peisisir utara Jawa Timur ini menyuguhkan banyak pilihan wisata alam. Yah, Situbondo yang dikelilingi oleh kawasan pegunungan dan juga berbatasan dengan laut, menghasilkan panorama alam yang sangat memukau. Letak strategis inilah yang membuat potensi alam Situbondo sangat menakjubkan.

Sabana Cikasur

Sabana Cikasur atau Sikasur merupakan wisata alam Situbondo yang berada di kawasan gunung Argopuro. Sabana Cikasur bisa ditemukan jika kalian mengambil rute pendakian jalur Baderan.
Sabana ini membentang luas dengan rumput dan ilalang yang menyejukkan perjalanan. Selain Sabana Cikasur, terdapat sabana-sabana kecil lainnya yang dapat ditemukan di sepanjang pendakian.

Gua Jepang

Tak hanya sabananya, Taman Nasional Baluran juga terkenal akan keberadaan gua peninggalan Jepang. Gua ini menjadi saksi sejarah pertempuran sengit antara tentara Republik Indonesia dengan tentara Jepang. Gua Jepang ini memiliki luas sekitar 12 m2 dan terbagi atas 2 ruangan. Ruangan bagian utara dulunya dipergunakan sebagai tempat menyimpan amunisi, sedangkan ruangan bagian selatan berfungsi sebagai celah pengintai musuh.

Gunung Argopuro

Wisata gunung argopuro merupakan salah satu diantara sekian keindahan alam yang dimiliki Indonesia. Berada di ketinggian 3.088 mdpl dan terletak di Kalianan kecamatan Krucil kabupaten Probolinggo, menikmati keindahan gunung ini dapat melalui dua jalur pendakian resmi yaitu Jalur Desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang, Situbondo dan Jalur Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Probolinggo. Puncak yang terkenal adalah puncak rengganis sedangkan yang tertinggi adalah puncak Argopuro. Gunung ini sangat terkenal dengan mistisnya, di percaya menyimpan misteri legenda dewi rengganis dengan keenam dayangnya yang hilang. Gunung Argopuro merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Bajul Mati

Berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, Bajul Mati merupakan salah satu wisata alam Situbondo yang wajib dikunjungi. Daya tariknya adalah sebuah gundukan tanah yang menyerupai kepulauan raja ampat. Selain pemandangan yang indah, fasilitasnya pun lengkap, wisata bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

Air Terjun Talempong

Air terjun Talempong berada di Desa Talempong, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kawasan air terjun ini menawarkan udara sejuk dan air yang sangat menyegarkan. Wisata alam Situbondo satu ini sudah tak asing bagi masyarakat Situbondo dan menjadi pilihan destinasi saat liburan tiba.
Selain air yang menyegarkan, banyak lumut hijau yang menyelimuti bebatuan di dasar air terjun ini. Konon lumut tersebut merupakan lumut ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu.