Cita Rasa Unik Teh Korea yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Baik untuk kesehatan dan kecantikan

Minuman Khas Korea, Barley
Minuman Khas Korea, Barley

Korea Selatan terkenal memiliki banyak kreasi minuman herbal yang menyehatkan dan tentu saja rasanya enak dan menyegarkan. Masyarakat Korea memiliki rahasia tersendiri dalam menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi teh herbal secara rutin. Berikut ini Indonesiatraveler.id mengupas teh khas korea, minuman tradisional Korea Selatan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Semuanya bisa kita tiru, lho!

Teh Omijacha

Teh Omijacha memiliki banyak khasiat. Omija adalah buah yang berbentuk seperti berry yang suka disebut dengan nama schisandra chinensis. Pertama kali ditemukan di pulau Jeju dan dikonsumsi dengan cara dikeringkan untuk dibuat menjadi teh. Teh Omija berkhasiat untuk meningkatkan imun dalam tubuh, juga dapat mengatasi batuk dan penyakit pernafasan lainnya. Juga sangat bermanfaat untuk detoksifikasi dan menstabilkan tekanan darah.

Buah omija jika dijadikan teh akan menghasilkan warna merah. Caranya, terlebih dahulu buah omija dikeringkan, setelah itu direndam hingga air berubah warna menjadi kemerahan.  Dengan memiliki lima rasa berbeda, yakni manis, asin, asam, pedas, dan pahit, Teh Omija dapat menjadi alternatif pilihan teh yang penuh sensasi.

Minuman Khas Korea, Sikhye
Minuman Khas Korea, Sikhye

Sikhye

Sikhye merupakan jenis minuman khas Korea yang terbuat dari nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi. Minuman ini disajikan sebagai minuman ringan dan bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Karena khasiatnya melancarkan pencernaan, maka sikhye sering disajikan sebagai hidangan pencuci mulut di tiap restoran di Korea. Cara pembuatannya pun terbilang mudah. Bahan-bahannya antara lain beras, air beras, gula pasir, tepung ragi, dan air.

Tepung ragi yang terbuat dari tepung jewawut dilarutkan dalam air panas, kemudian disaring sampai ampasnya mengendap. Larutan air ini dituangkan ke dalam panci bersama nasi yang telah direbus. Hasil rebusan inilah yang dinamakan sikhye. Untuk menambah kenikmatan rasa, berikan sedikit pemanis seperti gula dan madu.

Boricha

Boricha merupakan teh dengan bahan dasar barley sangrai yang dimasak dengan air sampai mendidih. Barley adalah salah satu dari banyak jenis gandum. Di Indonesia namanya beras jali. Kandungan seratnya tinggi dengan rasa cenderung ringan. Sangat simple untuk minuman dengan banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Teh barley ini adalah minuman tradisional Korea yang bebas kafein dan tidak ada efek samping, jadi bisa diminum sebanyak yang diinginkan.

Teh ini dipercaya dapat membantu pencernaan dan menurunkan berat badan, serta membantu mengontrol kadar gula darah. Barley penuh serat dan dapat meningkatkan keteraturan dan membantu pelaku diet untuk merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Minuman ini juga kaya akan antioksidan yang efektif untuk mencegah pembentukan peroxynitrite. Ini adalah oksidan yang menyerang jaringan kulit alias penyebab utama keriput.

Minuman Khas Korea, Yuja-cha

Yuja-cha

Yuja merupakan buah asli Korea yang masuk dalam jenis citrus, sekilas mirip lemon namun kulitnya lebih tebal dan kasar. Teh yuja atau Yuja tea adalah minuman tradisional Korea sederhana yang terbuat dari buah yuja. Rasanya segar, manis, tajam, dan memiliki aroma citron yang kuat dan unik. Minuman ini sempurna untuk menghangatkan di musim dingin, dan penuh dengan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah Yuja mampu meningkatkan kekebalan (membantu sistem imun melawan infeksi), meringankan sakit tenggorokan, dan mencegah penyakit flu. Mengonsumsi buah ini juga bisa membantu mengatasi kelelahan dan meyegarkan tubuh. Selain itu bermanfaat juga untuk meningkatkan warna kulit, memperkuat tulang, mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare, hingga menurunkan tekanan darah.

Minuman Khas Korea, Sujeonggwa

Sujeonggwa

Sujeonggwa adalah minuman yang sering digunakan sebagai hidangan penutup oleh masyarakat Korea Selatan. Bahan dasar minuman Sujeonggwa terdiri dari buah kesemek kering, jahe, merica, kayu manis, gula dan madu. Di atas teh sering ditambahkan kacang pinus. Teh yang satu ini berwarna cokelat tua.

Sujeonggwa memiliki khasiat yang cukup banyak, diantaranya mengandung vitamin C berkat kesemek yang digunakan, tidak hanya itu kandungan dari biji pinus juga diyakini bisa membuat kulit menjadi mulus, Sujeonggwa juga memiliki kandungan vitamin A serta beta karoten. Teh ini dikenal untuk membantu pencernaan dan sering disajikan bersama makanan berat seperti di restoran BBQ Korea. Kayu manis dan jahe keduanya memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Jahe dipahami untuk membantu mual, pereda nyeri, dan kesehatan kardiovaskular, sementara kayu manis anti diabetes.

Minuman Khas Korea, Insamcha

Insamcha

Teh dengan campuran ginseng ini sangat populer di kalangan orang Korea karena dapat memulihkan stamina dan sangat disarankan buat mereka yang aktif berkegiatan fisik. Minuman ini berwarna kuning transparan. Teh ini dibuat dari campuran ginseng, madu, dan kacang pinus. Salah satu manfaat dari ginseng adalah meredakan stres. Ginseng memiliki kemampuan untuk meningkatkan hormon corticotropin yang membantu tubuh untuk melawan stres. Selain itu, ginseng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan antikanker. Kandungan ginsenosidesnya dapat menambah cadangan antioksidan yang ada dalam tubuh.

Saenggangcha

Terbuat dari akar jahe yang dicuci bersih dan tidak dikupas kulitnya, teh ini memiliki khasiat yang sama dengan insamcha. Selain kaya akan rasa, jahe juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Jahe dipercaya dapat menetralkan racun, menghangatkan tubuh serta menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Selain itu juga dapat meredakan demam, ampuh untuk perut kembung dan kamu yang sering mengalami gangguan pencernaan. Cara membuatnya sangat mudah, potong tipis-tipis jahe kemudian rebus dengan air yang sudah ditambahkan madu murni. Sajikan selagi hangat.

Daechucha

Daechu cha adalah jenis teh dengan rasa manis. Minuman satu ini memiliki manfaat luar biasa, yaitu dapat menyegarkan badan serta dapat mengobati anaemia. Daechucha terbuat dari buah jujube yang dikeringkan lalu direbus hingga airnya coklat kehitaman. Meskipun terlihat sederhana, membuat teh ini memerlukan waktu hingga 8 sampai 10 jam. Daechu cha merupakan minuman kaya akan vitamin, diantararanya vitamin B, zat besi, vitamin c dan kalium. Manfaat lain dari minuman ini adalah bisa meringkankan stres dan membuat peminumnya menjadi rileks, oleh karena itu orang Korea biasa mengkonsumsi teh ini sebelum tidur agar tidur mereka lebih lelap.(Nil/ Berbagai Sumber)