Sepenggal Surga dari Utara Jakarta

Liputan Shelo Soedarjo untuk Indonesia Traveler.

0
106

Siapa tak kenal Jakarta, kota yang magnetnya begitu kuat bagi kaum Urban, menarik jutaan manusia terutama para pencari kerja. Setiap tahun arus urbanisasi ke Jakarta semakin bertambah, menambah daftar penduduk yang membuat kota ini menjadi padat. Dengan kemacetan yang semakin parah membuat sebagian orang Jakarta melakukan traveling sebagai gaya hidup atau lifestyle.

Tetapi tahukah anda bahwa Jakarta sendiri memiliki spot-spot wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain seperti Bali, Lombok, dan Bangka Belitung. Menilik sejarah kota Jakarta memang sebagian wilayahnya adalah kawasan pesisir, kota ini tidak dapat dipisahkan dengan laut karena saling berkaitan. Sebagai salah satu gerbang utama yang menghubungkan perdagangan Timur dan Barat, Jakarta masih memperlihatkan sisi-sisi masa lalunya sebagai Kota Maritim kepada wisatawan.
Pada awalnya, Jakarta ditetapkan sebagai Pelabuhan Sunda Kelapa oleh Kerajaan Hindu-Sunda sekitar abad ke-5. Pelabuhan ini dirancang dan dibangun untuk mengembangkan semangat perdagangan kerajaan.

Pelabuhan Sunda Kelapa segera berkembang dan menarik perhatian negara-negara Barat, termasuk Belanda, Portugis, dan Inggris. Sampai saat ini, pengaruh penjajahan Belanda masih dapat Anda lihat pada arsitektur bangunan yang tersisa.

Itu hanya sekelumit sejarah tentang Jakarta, Jakarta sendiri masih memiliki beberapa pulau yang masih banyak belum diketahui para traveler. Sebut saja pulau Harapan, pulau Bira, pulau Kelapa Dua, pulau Perak, pulau Tidung, dan pulau Kayu Angin Bira, keenam pulau ini masing-masing memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri. semua pulau-pulau itu masuk dalam Kepulauan Seribu.

Ikuti terus penelusuran Shelo Soedarjo untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, kami akan ungkap sekelumit informasi mengenai objek, budaya, hingga kuliner yang mungkin belum anda ketahui.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here