Jelajah Keindahan Sangeh Monkey Forest di Bali

Terdapat Ratusan Ekor Kera Ekor Panjang

Sangeh Monkey Forest
Panorama Hutan Yang memukau, Photo by @sangehmonkeyforest

Sangeh Monkey Forest memiliki luas 14 hektar yang dihuni oleh ratusan monyet jinak. Berjarak sekitar 35 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.Tepatnya di Jalan Brahmana, Sangeh, Abiansemal, Kabupaten Badung.  Kawasan ini terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Menurut mitos bahwa Hutan kayu atau Hutan Pala yang ada di sangeh ini berasal dari Kawasan Gunung Agung yang berjalan.

Pada suatu waktu diceritakan berjalanlah pohon pohon pala ini dari arah Gunung Agung ke salah satu tempat yang ada di Bali. Namun pada perjalanannya pohon – pohon pala tersebut berhenti dan memutuskan sangeh yang menjadi lokasi objek wisata sekarang ini.

Sangeh Monkey Forest
Diyakini Monyet disana jelmaan prajurit putri, Photo by @sangehmonkeyforest

Di sana juga terdapat Pura Bukit Sari yang berlumut dan terletak di tengah hutan. Pura tersebut merupakan peninggalan candi Hindu oleh Kerajaan Mengwi, yang dibangun pada abad ke-17. Sejarah Pura di Desa Sangeh ini adalah bukti yang memiliki kaitan yang sangat kuat dengan sejarah kejayaan Kerajaan Mengwi pada masa itu. Dalam catatan sejarah Pura Bukit Sari yang berada di Sangeh Bali ini dibangun oleh Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti yang merupakan anak angkat cokorda Sakti Blambangan.

Konon menurut cerita, cikal bakal pura Bukit Sari ketika Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti melakukan pertapaan atau biasa disebut “Rare”.  Di Pura yang disakralkan umat Hindu yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari terdapat ratusan ekor kera ekor panjang yang memiliki tingkah laku yang lucu dan bisa dibilang cukup jinak. Sedikitnya terdapat 600 ekor Kera Abu Ekor panjang.  Untuk satwa, selain kera terdapat 22 jenis satwa lainnya seperti burung elang, burung hantu, terocok, musang, kucing hitam, sendanglawe hingga alap – alap.

Sangeh Monkey Forest
Salah Satu Tempat Untuk Acara Sakral, Photo by @sangehmonkeyforest

Diyakini monyet – monyet yang ada di Sangeh Monkey Forest ini merupakan jelmaan prajurit putri yang memiliki membentuk koloni sendiri – sendiri dan memiliki pemimpin yang terbagi menjadi 3 kelompok Banjar yaitu bagian timur, tengah dan bagian barat.  Sebagai objek taman wisata ala, Sangeh Monkey Forest memiliki berbagai fasilitas di antaranya, pusat layanan informasi, pos jaga, jasa foto, pemandu wisata, tempat penjualan souvenir, tempat kuliner, toilet/mck, tempat parkir kendaraan.

Harga tiket masuk Sangah Monkey Forest untuk dewasa yaitu Rp10 ribu, anak-anak Rp5 ribu. Kemudian untuk parkir mobi yaitu Rp5 ribu dan parkir motor Rp2 ribu. Sangeh Monkey Forest buka setiap hari, mulai dari 07.30 hingga 18.00 WITA. (msh)