Keindahan Destinasi Wisata di Polewali Mandar

Menikmati liburan sembari mencicipi makanan khas daerah.

photo by ridwanmandar
photo by ridwanmandar

Polewali Mandar mempunyai keindahan alam yang tak kalah cantiknya dengan kota-kota lain di Sulawesi Barat. Mulai dari keindahan pulau, pantai, bukit hingga pegunungan, dapat traveler nikmati di Pulowali Mandar. Traveler dapat mengunjungi tempat-tempat wisatanya bersama keluarga atau teman-teman. Menikmati liburan sembari mencicipi makanan khas daerah.

Berikut kami rangkum daftar tempat wisata yang wajib traveler kunjungi ketika berlibur ke Pulowali Mandar.

Pantai Palippis

photo by pigijo
photo by pigijo

Panorama alam pantai ini sangat eksotis. Pantai Palippis menawarkan pasir putih yang lembut, air laut berwarna biru, serta ombak yang begitu tenang. Di kawasan sekitar pantai juga terdapat sebuah gua kelelawar dan bebatuan karang berukuran besar yang bisa traveler manfaatkan untuk menikmati indahnya pantai sembari bersantai.

Fasilitas yang disediakan pantai ini pun lumayan lengkap sehingga bisa membuat traveler nyaman berada di sini. Diantaranya adalah gazebo untuk beristirahat, tempat parkir yang luas, hingga warung-warung yang siap memanjakan perut. Aktivitas yang dapat traveler lakukan di Pantai Palippis adalah berenang, bersnorkeling melihat cantiknya terumbu karang dan biota laut, atau sekadar bermain pasir seperti membangun istana pasir.

Pantai Palippis terletak di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Berjarak 20km dari pusat kota dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit.

Pantai Mampie

Pantai Mampie terletak di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pantai ini merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat sekitar. Ketika musim liburan telah tiba, Pantai Mampie selalu padat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Selama perjalanan menuju pantai ini, traveler akan melihat panorama lainnya, seperti tambak ikan dan udang milik warga, hamparan sawah yang hijau, serta hutan mangrove dengan hewan-hewannya yang langka. Hewan-hewan tersebut antara lain seperti pecuk ular, bangau hitam, bangau putih, dan burung pelican Australia.

Biaya masuk pantai ini cukup murah, yaitu Rp5 ribu. Di sediakan 4 pintu masuk di Pantai Mampie yang terbuat dari bambu dan kayu, tujuannya supaya traveler tidak berdesakan saat memasuki pantai ini.

Ketika berada di pantai, pemandangan akan dimanjakan oleh hamparan pasir putih yang tersebar, semilirnya sepoi-sepoi angin, serta rindangnya pepohonan kelapa yang mengelilingi pantai.

Disini bisa berenang, bermain pasir, atau mencoba banana boat serta flying fox di Pantai Mampie. Setelah itu traveler bisa mengisi perut dengan menjajal makanan laut yang ditawarkan warung-warung di kawasan Pantai Mampie.

Air Terjun Indo Rannuang

photo by 4hmad_rifai
photo by 4hmad_rifai

Air Terjun Indo Rannuang terletak di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jarak dari pusat kota sekitar 10 km. Ada beberapa tingkatan di air terjun ini, dan ukurannya pun berbeda-beda, dari yang kecil hingga besar. Setiap tingkatannya pun memiliki kedalamannya masing-masing. Jarak ketinggian air terjun dengan tingkatannya itu sekitar 50 m hingga 100m. Tempat yang biasa digunakan untuk berendam adalah di tingkatan yang ke dua. Di sekitar bebatuannya terdapat pohon-pohon hijau yang tumbuh subur, sehingga bisa memanjakan mata dan membuat pikiran lebih tenang.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Indo Rannuang adalah pada saat musim hujan. Karena saat itulah keeksotisan dan keindahan air terjun ini semakin terlihat, serta udara yang begitu sejuk dan tenang bisa traveler dapatkan.

Rawa Bangun

photo by pesonasulawesibarat
photo by pesonasulawesibarat

Rawa Bangun merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi rombongan keluarga, teman-teman, atau sanak saudara. Tempat ini menawarkan suasana pedesaan serta udara sejuknya. Di Rawa Bangun tersedia tempat-tempat wisata lainnya yang bisa traveler nikmati. Terdapat kolam renang anak-anak dan dewasa, tempat memancing, dan pemandian air panas. Terdapat juga pepohonan serta tanaman-tanaman yang ditanam oleh pengelola di tempat ini.

Jika perut kosong traveler bisa mencoba makanan yang ditawarkan warung-warung sekitar. Tersedia berbagai makanan, dari mulai ikan hingga ayam, bisa pilih sendiri mau digoreng atau dibakar.

Rawa Bangun terletak di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jarak dari pusat kota hanya sekitar 15 km. Rawa Bangun merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat sekitar dan daerah-daerah sekitar. Karena Rawa Bangun adalah tempat yang ramah untuk rombongan keluarga. (AS/IPG)