Keindahan Karang, Pantai, Laguna dan Air Terjun di Wattamolla,  Australia

Pantai, Laguna, Air Terjun, Bukit Bebatuan dan Samudera Pasifik

Keindahan Wattamolla
Laguna berujung Lautan, memandang dari atas air terjun

Menikmati pantai, laguna, air terjun sekaligus panorama tebing-tebing cadas yang memukau, dapat traveler jumpai di Wattamolla, Sydney Australia.  Traveler benar-benar mendapatkan paket hemat perjalanan wisata, karena dalam satu area, di Wattamolla ini, dapat langsung menikmati keseruan air terjun, segarnya berendam di laguna, menikmati keindahan pantai juga berswaphoto berlatar tebing-tebing cadas yang menakjubkan sekaligus dapat memandang bebas ke Samudera Pasifik.

Keindahan di Wattamolla
Air Terjun Wattamolla

Wattamolla berada di Royal National Park.  Untuk mencapai kesana, akan memakan waktu kurang lebih 50 menit dengan mobil dari Sydney.  Wattamolla berasal dari bahasa Aborigin yang berarti ‘tempat di dekat air yang mengalir’.  Nama ini sangat pas dengan keberadaan Air terjun Wattamolla yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter (23 kaki).  Air yang mengalir melalui bebatuan yang langsung terjun dan ditampung oleh sebuah laguna besar.  Pada umumnya, perairan Laguna Wattamolla sangat tenang dan aman, sehingga Traveler dapat berenang atau berendam disini.  Lelah berenang, Traveler dapat bersantai menikmati angin yang memanjakan sambil memandang panorama sekitar, bersantai di bawah naungan pohon palem kubis, atau untuk mendapatkan petualangan yang lebih seru lagi, Traveler dapat  berjalan-jalan di hutan semak di sekitar laguna, ditemani elang laut dan burung penangkap tiram.

Air Terjun Wattamolla

Air Terjun Wattamolla yang dominan dihiasi bebatuan cadas, air mengalir diantara tebing batu pasir setinggi kurang lebih 7 meter.  Air terjun dimana airnya langsung jatuh pada kubangan besar, disebut laguna ini, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk bermanja-manja dalam kolam besar ini.  Yah, Traveler dapat berenang sejauh lebih dari seratus meter dari dasar air terjun, ke gundukan pasir yang memisahkan laguna dari laut.  Kucuran Air Terjun Wattamolla ini membentuk sebuah laguna yang indah dan cukup luas, yang dipisahkan oleh sebuah bukit pasir dengan pantai.  Pemandangan dari atas air terjun, melihat laguna, pantai dan laut terlihat sangat indah sekali.

Keindahan Wattamolla
Kucuran airnya deras

Meskipun tidak disarankan untuk terjun bebas dari atas air terjun ke dalam laguna, namun tetap saja banyak wisatawan yang ingin menguji adrenalin, melompat dari atas air terjun ke kolam laguna. Padahal, bagian atas air terjun terdapat pagar yang membatasi agar tidak ada yang melampaui pagar tersebut.  Saat ini, para pengawas semakin memperketat dan memperluas pagar, agar sisi-sisi yang memungkin untuk bisa melompat ke kolam laguna semakin sulit.  Karena sudah banyak korban akibat aksi nekad ini.

Hamparan pasir yang membentang di sepanjang sisi laguna, memberikan akses mudah untuk masuk ke dalam air dan menjadi salah satu spot untuk memandang keindahan air terjun di tengah antara laut dan laguna. Karena air di laguna sangat tenang, Traveler dapat menikmatinya dengan berbagai kegiatan, seperti berenang, snorkeling, atau mendayuh kayak.

Ada beberapa cara untuk menyeberang ke hamparan pasir di tengah laguna. Jika Traveler hanya datang untuk berenang, dari tempat parkir mobil, berjalanlah menyusuri jalan beton ke jalur kano, yang memberi akses langsung ke perairan dalam. Traveler akan menikmati sajian air masuk dan keluar dari bebatuan.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru lagu, lanjutkan perjalanan ini melewati hutan kecil,  yang ujungnya akan bertemu dengan hilir laguna. Di sini Traveler dapat  berjalan melintasi hamparan pasir menuju pantai di seberang laguna. Dari sisi ini, Traveler dapat masuk ke dalam air yang kedalamannya sangat dangkal.

Pantai Wattamolla

Pantai Wattamolla adalah oasis keindahan alam yang sesungguhnya.  Traveler juga bisa berenang di Pantai Wattamolla,  di lautan yang merupakan pantai sempit yang cukup terlindungi oleh dua tanjung yang cenderung meredam ombak, sehingga arus ombak tidak terlalu kuat.

Keindahan Wattamolla
Pemandangan indah Wattamolla, Photo by AdventureBaby

Untuk mencapai Pantai Wattamolla, cukup ikuti jembatan kayu yang membentang sejajar dengan laguna. Ini adalah jalur lintas yang pendek dan mudah yang dapat memandu Traveler untuk sampai ke ujung selatan pantai. Traveler akan merasakan suasana yang benar-benar dahsyat.  Bayangkan, lautan luas begitu terpampang di depan mata, sementara laguna serta air terjun ada pada posisi  belakang.  Hal ini akan menciptakan sensasi rasa yang fantastis.  Keindahan yang sulit diucapkan dengan kata-kata.

Trekking dan Pelesir

Di Wattamola ini banyak terdapat batu pasir.  Batu pasir alias sandstone ini termasuk batuan sedimen. Proses terbentuknya terjadi saat butiran-butiran yang terbawa oleh pergerakan air, seperti ombak pada suatu pantai atau saluran di suatu sungai.

Wattamola juga memiliki keindahan bukit-bukit bebatuan cadas yang menakjubkan.  Sangat instagramable, juga tempat dimana dapat memandang laut secara lepas.  Nah, jika Traveler sudah puas bersantai di pantai atau berenang di laguna, ada baiknya mencoba jalur trekking, dengan mengikuti jalan setapak yang sangat pendek ke atas bukit menuju tempat dimana ‘surga’ Wattamolla dapat dinikmati secara maksimal. Namanya ‘Tempat Pengamatan’. Tempat ini memang spesial untuk mengamati seluruh keindahan Wattamolla.  Lokasinya sekitar 35 meter dari pantai Wattamolla, nanti ada persimpangan di mana Traveler dapat memilih untuk langsung ke pantai atau naik untuk mengunjungi tempat pengamatan.

Keindahan Wattamolla
Memandang Samudera Pasifik dari Tebing Bebatuan yang sangat cadas

Jaraknya hanya 350 meter dari persimpangan ini.  Namun, pemandangan ke seberang Samudra Pasifik membuatnya sangat berharga dan sayang dilewatkan begitu saja. Tempat observasi ini memiliki area pandang berpagar kecil dan sangat menyenangkan, meskipun hanya nongkrong sebentar dan menikmati udara segar serta mengagumi pemandangan indah di depan mata. Tebing besar di kedua sisi area, benar-benar sangat mengesankan. Tempat pengamatan juga dapat diakses dari ujung utara area piknik besar, dekat dengan tempat parkir mobil.(Niel)