Keindahan Pantai – Pantai di Tuban

Memiliki banyak pantai dengan keindahan yang menakjubkan

Tuban, Pantai Kelapa-Pantai Panyuran
Tuban, Pantai Kelapa-Pantai Panyuran

Kabupaten Tuban  adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur yang memiliki titik terendah, yakni 0 m dpl yang berada di Jalur Pantura dan titik tertinggi 500 m yang berada di Kecamatan Grabagan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan kondisi bervariasi dari agak kering sampai sangat kering yang berada di 19 kecamatan, sedangkan yang beriklim agak basah berada pada 1 kecamatan.

Letak Tuban cukup strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Tuban menyimpan sejumlah pesona alam yang amat luar biasa. Salah satu yang menarik adalah wisata pantainya. Tuban pun memiliki banyak pantai dengan keindahan yang menakjubkan. Apa saja, yuuk kita simak!

Tuban, Pantai Cemara
Tuban, Pantai Cemara

Pantai Cemara

Alamat: Jln. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Panorama pantai ini didominasi dengan keindahan pohon-pohon cemara yang hijau nan rindang. Makanya dinamakan Pantai Cemara. Berteduh di bawah pohon cemara terasa begitu sejuk di tengah teriknya cahaya matahari, sambil memandang jauh lautan lepas serta mendengar debur ombak. Selain itu, disini sangat tepat bersama teman-teman atau keluarga, menggelar tikar di antara sela-sela pohon cemara sambil menikmati santapan lezat makanan yang sengaja dibawa. Jika tidak membawa tikar, Traveler bisa juga bersantai di gazebo-gazebo kecil atau yang biasa di sebut bilik cinta.

Pantai Cemara memiliki pasir berwarna putih kecokelatan. Air lautnya cukup jernih, dengan ombak yang terbilang cukup tenang. Pantai ini cukup aman digunakan untuk bermain air dan bermain pasir.  Selain itu, Traveler dapat menunggang kuda atau menaiki delman untuk menyusuri bibir pantai.

Tuban, Pantai Boom
Tuban, Pantai Boom

Pantai Boom

Alamat: Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Pantai Boom dihiasi dengan keindahan  banyaknya perahu yang bersandar di  bibir pantai. Perahu-perahu inilah yang menambah esoktisnya tempat ini. Selain itu, pantainya yang landai, membuat tempat ini bisa digunakan sebagai kawasan wisata yang ramah keluarga.  Deretan perahu-perahu ini juga dapat dijadikan spot untuk berfoto bersama keluarga tercinta atau pasangan tersayang. Perahu-perahu ini juga dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling di sekitar pantai.

Menikmati kawasan ini bisa dengan berbagai macam. Merasakan bagaimana sejuknya angin pantai yang berhembus. Salah satunya adalah dengan duduk di gazebo-gazebo yang sudah disesdiakan. Berada disini, hati menjadi tenang, teduh dan juga damai.

Waktu yang tepat untuk datang ke kawasan ini adalah pagi dan juga sore hari. Jika, di pagi hari, bisa menikmati segarnya udara segar. Kualitas udara di tuban memang masih baik. Sehingga, pagi adalah waktu yang tepat untuk mencari udara segar.

Pantai Kelapa

Alamat: Jl. Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Pantai Kelapa atau yang suka disebut dengan Pantai Panyuran ini, memiliki keindahan pantai yang sangat mengesankan. Pantai ini banyak dikelilingi oleh pohon kelapa. Tempat wisata Tuban ini memiliki lingkungan yang bersih. Selain itu, rindangnya pohon-pohon cemara yang turut mewarnai keindahan Pantai Kelapa ini, menjadi daya tarik tersendiri.  Pengunjung dapat menikmati rindang naungan pohon cemara saat siang hari. Tak heran,  orang-orang yang datang ke tempat ini ketagihan untuk datang dan datang lagi. Di sekitarnya juga ada hutan bakau yang membuat lingkungan makin asri.

Tak hanya panoramanya yang istimewa, di Pantai Kelapa ini juga banyak kuliner di pinggir pantai dengan menawarkan kelezatan makanannya yang menggiurkan. Jadi, setelah berlelah-lelah bermain di sekitaran Pantai Kelapa, Traveler dapat mencicipi berbagai kuliner yang ditawarkan.

Tuban, Pantai Remen
Tuban, Pantai Remen

Pantai Remen

Alamat : Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pantai Remen diresmikan sebagai lokasi wisata pada tahun 2015. Pantai  ini berada di ujung utara kabupaten Tuban. Pemandangannya yang sungguh indah dengan hamparan pasir putihnya, bahkan membuat beberapa pihak menyebutnya tak kalah dari pantai di Bali. Pantai ini pun sering disebut Pantai Pasir Putih Remen. Pantai ini juga banyak dihiasi pepohonan cemara di sekeliling nya yang menyejukkan mata pengunjung.

Di area Pantai Pasir Putih Remen terdapat hamparan pasir putih yang indah. Ada danau kecil yang menambah keindahan pantai yang dikelilingi oleh pohon cemara. Ombak di pantai ini tidak begitu besar sehingga dapat digunakan untuk berenang bersama keluarga, terutama si kecil. Selain itu, hamparan pasir pantai nya juga asyik untuk bermain pasir, bermain layan-layang, berlari sepanjang pantai yang putih itu. Disini juga bisa memesan makanan dan minuman untuk dinikmati di area pantai. Fasilitas di pantai ini cukup baik, tersedia kamar mandi untuk bilas setelah mandi di laut.

Jalan menuju Pantai Pasir Putih Remen Jenu Tuban tidak sulit. Ada dua alternatif jalan menuju pantai setelah dari Jalan besar Surabaya Semarang. Traveler bisa memilih jalan dari Tuban Kota setelah Masjid Beji/Pasar Beji ada pertigaan nyerong ke utara. Atau, dari Barat / Rembang bisa lewat akses pintu masuk TPPI atau Depo Pertamina Jenu. Kondisi jalan mendekati pantai sangat sempit, terutama ketika berada di simpangan dengan sesama kendaraan roda empat, harus ada yang mengalah. Tapi secara keseluruhan semua cukup aman dan terkendali.

Tuban, Pantai Sowan
Tuban, Pantai Sowan

Pantai Sowan

Alamat: Bogoran, Bancar, Bogoran, Bogorejo, Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Pantai Sowan memiliki areal bibir pantai yang luas. Keunikan Pantai Sowan adalah luasnya area yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, sehingga wisatawan yang bermain di pantai ini akan merasa lebih teduh akibat lindungan pepohonan yang berukuran besar.

Pohon yang tumbuh bermacam-macam jenis. Mulai dari pohon trembesi, klampis hingga mahoni. Ada juga pohon tapis yang menghasilkan buah seperti asam. Pohon-pohon tersebut turut membantu dalam menghijaukan pemandangan di pantai ini.

Menyusuri ‘hutan pantai’ ini menjadi satu kegiatan menarik dan mengasyikkan. Terdapat jalan setapak kecil di sekitar hutan sehingga memberi rasa nyaman bagi pengunjung. Di dalam hutan pun tidak terdapat satwa liar. Layaknya pantai pada umumnya, para pengunjung Pantai Sowan dapat berpiknik di sini, membawa makanan dan tikar sendiri lalu menikmati udara dan indahnya pantai di atas pasir pantai yang putih. Jangan lupa untuk berfoto ria. Karena di pantai ini, begitu banyak spot foto yang sayang dilewatkan begitu saja. Ada sepeda gantung, juga ada karpet terbang yang unik, dan lainnya.(Niel)