Keindahan Tersembunyi di Air Terjun Katasa Simalungun

Nuansa alami, hawa sejuk serta udara segar dapat Traveler rasakan.

Photo by medanwisata

Memandang gemuruh air terjun saja sudah sangat nikmat rasanya, apalagi turut bermain dan merasakan langsung kesegaran airnya, double kenikmatan yang dirasa.  Salah satu air terjun yang indah dan wajib dikunjungi adalah Air Terjun Katasa. Air Terjun Katasa terletak di Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Simalungun, Sumatera Utara. Air terjun ini tidak jauh dari Air Terjun Tonduhan. Jarak air terjun dari Pematangsiantar sekitar 25 km yang memakan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Traveler harus menuju Tanah Jawa dahulu kemudian Hatonduhan, lalu menuju Nagori Bayu Bagasan. Setelah itu baru memasuki area perkebunan kelapa sawit PTPN.  Karena memang letaknya di antara perkebunan PT dan warga.

Photo by siklus_perjalanan

Sebenarnya, dalam perjalanan tersebut akan banyak beberapa rintangan, namun, di setiap persimpangannya terdapat petunjuk-petunjuk arah untuk menuju ke Air Terjun Katasa. Sedikit banyak hal itu akan memudahkan Traveler untuk mencapai tujuan. Setelah sampai di lokasi parkir, tinggal melanjutkan perjalanan beberapa menit menuju Air Terjun Katasa melalui jalur yang telah disediakan. Jalur tersebut berada di tepi Sungai Turunan, dilengkapi pemandangan cantik membuat sisa perjalanan menjadi mengasyikkan dan melupakan kelelahan. Di dinding-dinding sungai terdapat aliran air terjun mengalir di sela bebatuan.

Photo by pesonaairterjunindonesia

Air terjun ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan baik. Keindahan Alamnya yang masih natural dan keasrian tempatnya masih terjaga. Nuansa alami, hawa sejuk serta udara segar dapat Traveler rasakan. Air Terjun Katasa sering disebut sebagai Air Terjun Kembar. Karena memang air terjun ini mempunyai 2 aliran air terjun. Aliran tersebut berasal dari 2 aliran sungai, yaitu Sungai Turunan dan Sungai Balah. Kedua aliran tersebut berada di tempat yang sama, tetapi kedua alirannya tidak menyatu karena terpisah beberapa meter. Kedua aliran yang ada di Air Terjun Katasa ini menjadi daya tariknya, karena memang unik.

Photo by visit_sumut

Keunikan lain dari Air Terjun Katasa adalah keberadaan pulau pasir yang berada di dekat kolam air terjun. Pulau pasirnya berwarna putih seperti di pantai-pantai. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk bersantai menikmati keasrian alamnya. Terdapat goa kecil di sebelah kiri air terjun ini. Goa tersebut lantainya berlapis putih lembut. Traveler bisa beristirahat di sini. Tentunya akan semakin seru jika bersama teman-teman sembari membakar ikan dan bersenda gurau.

Photo by mysumut

Selain goa, terdapat juga jembatan di atas Air Terjun Katasa. Jembatan itu merupakan bekas rel kereta api yang dicor beton dari jaman penjajahan Jepang. Jembatan tersebut sangat ekstrim, karena panjangnya hanya 100 meter, lebarnya 1 m dan tingginya 80m, di bawahnya terdapat jurang air terjun. Bukan hanya ukurannya saja yang mini, tetapi di jembatan tersebut tidak ada pagar pengaman di kiri-kanan jembatan.

Fasilitas yang ada si Air Terjun Katasa masih minim. Sehingga sangat disarankan untuk membawa bekal makanan minuman dan segala keperluannya dari rumah. Walaupun begitu, keindahan panoramanya sangat mengesankan. (AS/IPG)