Menengok 3 Destinasi Wisata Sejarah di Hanoi Vietnam

Hanoi memiliki berbagai bangunan kuno seperti benteng dan gedung opera.

Photo by leolimpido
Photo by leolimpido

Hanoi Ibu Kota Vietnam menyimpan berbagai destinasi wisata sejarah. Di kota ini bangunan kuno dilestarikan dengan apik. Hanoi sebenarnya berusia lebih dari 1000 tahun sehingga tak heran kekayaan sejarah di sini begitu banyak.

Hanoi memiliki berbagai bangunan kuno seperti benteng dan gedung opera. Traveler pastikan untuk mengunjungi sebanyak mungkin objek wisata jika berada di Hanoi.

Redaksi Indonesiatraveler.id akan mengulas 3 destinasi wisata sejarah di Negera besutan Ho Chi Minh ini, berikut daftarnya.

Benteng Kekaisaran Thang Long

Photo by bm.taka
Photo by bm.taka

Benteng Kekaisaran Thang Long, adalah peninggalan yang menarik dari sejarah Vietnam. Benteng ini dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010. Bangunan ini juga dikenal sebagai Benteng Hanoi.

Jika berkunjung ke sini, traveler akan menemukan banyak artefak dan barang-barang yang berasal dari abad ke-6 dan abad ke-20. Termasuk fondasi istana tua, jalan kuno, kolam dan sumur. Selain itu ada juga koin perunggu, keramik, dan tembikar dari Cina dan banyak tempat di Asia. Barang-barang tersebut merupakan bukti hubungan perdagangan yang begitu erat pada masa itu.

Situs kuno ini adalah pusat politik negara itu selama 13 abad berturut-turut dan berfungsi sebagai Ibu Kota Vietnam selama delapan abad. Bangunan yang cukup menonjol di Benteng Kekaisaran Thang Long adalah Menara Bendera Hanoi. Sebuah benteng batu setinggi 40 meter yang telah direnovasi yang menawarkan pemandangan Ba Dinh Square dan Pusat Kota Hanoi.

Kekaisaran Thang Long berada di, Hoang Dieu, Dien Bien, Distrik Ba Dinh. Traveler bisa memasuki bangunan ini mulai dari pukul 08.00 – 17.00 sore dan harus membayar tiket masuk seharga VND 30.000. Buka setiap hari kecuali hari Senin. Situs terkemuka ini juga berjarak 15 menit berjalan kaki dari tempat-tempat seperti Kuil Quan Thanh, Museum Sejarah Militer Vietnam dan Gereja Cua Bac.

Mausoleum Ho Chi Minh

Photo by leolimpido
Photo by leolimpido

Mausoleum Ho Chi Minh di Ba Dinh Square adalah salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi di Hanoi. Ini adalah tempat peristirahatan terakhir Ho Chi Minh, pemimpin Vietnam yang paling ikonis dan populer, yang dikenal oleh rakyatnya sebagai ‘Paman Ho’.

Di sini traveler bisa menemukan tubuhnya Paman Ho yang diawetkan dalam sebuah wadah kaca. Bagi traveler, perjalanan ke tempat peristirahatan terakhir pemimpin besar Vietnam bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Pembangunan yang terbuat dari granit ini mulai dibangun pada tahun 1973, terinspirasj dari makam Lenin di Rusia dan pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1975. Jika berkunjung ke sini, traveler harus berpakaian sopan, tidak boleh memakai celana pendek, baju tanpa lengan dan rok mini. Kemudian harus menyimpan tas dan kamera sebelum masuk.

Sebagai informasi, setiap bulan Oktober jenazah Paman Ho dikirim ke Rusia untuk pemeliharaan. Lokasi gedung ini berada di Hung Vuong, Dien Bien, Ba Dinh, Hanoi. Traveler bisa berkunjung pada pukul 07.30 hingga pukul 10.30 pada hari Selasa sampai Kamis. Kemudian jam 07.30 sampai 11.00 pada hari Sabtu dan minggu.

Gedung Opera Hanoi

Photo by rosiestrobel
Photo by rosiestrobel

Gedung Opera Hanoi yang indah dibangun pada tahun 1911 oleh penguasa Prancis saat itu. Ini adalah bagian fenomenal dari arsitektur Prancis neo-klasik yang menampilkan tema-tema Gothic di pintu dan kubah dengan pilar, jendela tertutup, balkon, dan ruang kaca.

Di sini musisi, aktor, dan penari dapat bermain di hadapan 600 penonton untuk memberikan pertunjukan opera. Gedung Opera Hanoi adalah teater terbesar di Vietnam. Traveler akan dihibur berbagai acara termasuk opera Vietnam lokal, musik rakyat tradisional, balet dan banyak konser internasional.

Gedung Opera Hanoi menawarkan latar yang luar biasa untuk menyaksikan pertunjukan langsung. Panggungnya setinggi tiga meter dan total ada tiga lantai sehingga traveler akan mendapatkan pengalaman yang luar.

Gedung ini terletak di dekat Danau Hoan Kiem di August Revolution Square. Diketahui, Gedung Opera Hanoi merupakan pilihan pertama untuk pertemuan dan konferensi internasional. Untuk itu, jika traveler ingin ke sini sebaiknya cek jadwal kegiatan Gedung Opera Hanoi secara online.

Gedung opera buatan Prancis ini terletak di Trang Tien, Distrik Hoan Kiem, Hanoi. Untuk menikmati pertunjukan dalam gedung opera, traveler harus merogoh kocek sekitar VND 100.000 hingga VND 2.000.000. (IPG)