Mengenal Lebih Dekat Museum Karmawibhangga

Letaknya Tak Jauh dari Candi Borobudur

Mengenal Lebih Dekat Museum Karmawibhangga
Patung Unfinisshed Buddha yang cukup fenomenal

Belum banyak yang tahu bahwa tak jauh dari Candi Borobudur, ada objek wisata lainnya yang asyik untuk disambangi.    Jadi, Traveler dapat mengunjungi objek wisata lainnya setelah berkunjung ke Borobudur, yaitu ke Museum Karmawibhangga. Disebut juga Museum Borobudur karena terletak hanya beberapa ratus meter di sebelah utara Candi Borobudur, tepatnya 450 meter atau sekitar 6 menit perjalanan dengan jalan kaki dari Candi Borobudur.  Kawasan ini masih masuk dalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur.  Tepatnya di Jalan Medang Kamulan No. 9, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Mengenal Lebih Dekat Museum Karmawibhangga
Rangkaian relief yang tersembunyi dibalik kaki candi

Museum arkeologi ini memang banyak menyimpan koleksi benda-benda purbakala, seperti foto relief yang tersembunyi di balik kaki candi yaitu foto relief Karmawibhangga, foto pemugaran kedua (1973-1983), miniatur Borobudur, arca candi Hindu, patung kepala Buddha terbesar di Indonesia yang ditutup dengan vitrin kaca, dan benda purbakala lainnya.

Rangkaian relief menggambarkan kisah Mahakarmawibhangga atau singkatnya Karmawibhangga yang melambangkan manusia yang masih terikat hawa nafsu dan tunduk pada hukum karma. Sebanyak 160 panel relief ini tidak membentuk cerita panjang yang berkelanjutan, melainkan masing-masing panel menggambarkan gambaran lengkap hubungan sebab-akibat.

Mengenal Lebih Dekat Museum Karmawibhangga
Bebatuan balok yang tertata rapi di halaman museum

Yang uniknya adalah adanya sebuah patung kepala Buddha yang dikenal dengan nama Unfinished Buddha, yang terletak di halaman museum.  Patung tersebut merupakan patung Buddha dengan bentuk yang tidak sempurna. Beberapa ahli berpendapat bahwa Unfinished Buddha merupakan patung yang dulunya berada di relung stupa induk.  Sebagian berpendapat bahwa ketidaksempurnaan patung tersebut menjadi lambang kesempurnaan Sang Buddha, namun ada sebagian lagi yang berpendapat bahwa bentuknya yang tidak sempurna itu murni kesalahan pemahat.

Saat Traveler memasuki museum Karmawibhangga yang terletak di dekat pintu keluar kawasan Taman Wisata Candi Borobudur ini, akan mendapati ribuan balok batu yang tertata rapi di halaman. Bebatuan yang berasal dari candi ini disimpan di komplek terbuka Museum Karmawibhangga ini. Batu-batuan ini adalah bagian batu yang terlepas dari struktur bangunan Candi Borobudur. Salah satu bagian penting yang disimpan disini adalah chattra, payung susun tiga dari batu yang menjadi kemuncak atau mastaka stupa utama Borobudur.  Cattra Stupa ini menjadi salah satu koleksi outdoor Museum Karmawibhangga.

Dengan memiliki koleksi arkeolog yang begitu banyak, museum Karmawibhangga dapat dijadikan tempat yang pas bagi Traveler yang ingin belajar jadi Arkeolog Artefak Jawa.

Mengenal Lebih Dekat Museum Karmawibhangga
Pendopo Museum Karmawibhangga

Museum ini dibangun menggunakan gaya arsitektur tradisional Jawa, yaitu berupa rumah joglo lengkap dengan pendopo. Traveler akan menemukan berbagai macam artefak temuan para arkeolog yang bersumber dari sekitar Candi Borobudur. Bahkan juga beberapa artefak yang ditemukan di Jawa Tengah.

Nah Traveler, jika berkunjung ke Candi Borobudur, jangan langsung pulang yah…Langkahkan kaki menuju Museum Karmawibhangga ini!(Puteri)