Menikmati 4 Air Terjun di Amerika Serikat Yang Mempesona

Keunikan dan Pesonanya Begitu Menakjubkan

Air Terjun Cumberland
Air Terjun Cumberland, Kentucky, Photo by KentuckyStateParks

Selain terkenal dengan kedahsyatan Air Terjun Niagara, yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, Amerika juga memiliki banyak air terjun yang indah dan mempesona serta keunikan tersendiri.  Seperti 4 air terjun berikut ini yang memiliki pesonanya.  Sungguh, Traveler akan terkagum-kagum menikmati sajian panorama keindahan yang ditampilkan!

Air Terjun Cumberland, Kentucky

Air Terjun Cumberland adalah air terjun terbesar di Kentucky yang terletak di State Resort Park, yang berada di dalam Hutan Nasional Daniel Boone. Dikenal sebagai ‘Niagara of the South’, karena bentuk air terjun ini menyerupai Air Terjun Niagara, tapi ukurannya lebih kecil.  Air Terjun Cumberland membentuk tirai yang lebarnya sepanjang  125 inchi dengan ketinggian air 60 inchi, dimana air jatuh tepat mengenai bebatuan yang berserakan di bawahnya.

Sebanyak kurang lebih 3.600 kaki kubik air yang tumpah di atas tepi batu pasir setiap detiknya,  menciptakan suara gemuruh yang dahsyat dan pemandangan yang menakjubkan.  Ada keunikan seru di air terjun ini, yaitu dapat menciptakan ‘moonbow’ ajaib, pelangi yang sangat indah, yang hanya terlihat pada malam yang cerah saat bulan purnama. Yah, fenomena unik yang sangat langka ini, terbentuk akibat kabut di udara dari air terjun. Hal ini tidak akan muncul di tempat lain di Belahan Barat.

Air Terjun Alamere
Air Terjun Alamere di California, Photo by BeautifulWorld

Air Terjun Alamere, California

Air Terjun Alamere mengalir ke Samudra Pasifik di Point Reyes National Seashore, Utara San Francisco.  Air terjun ini menampilkan pemandangan unik yang dikenal sebagai ‘tidefall’ atau air terjun tepi pantai. Untuk mencapai air terjun ini, Traveler harus menempuh  pendakian sejauh delapan mil dimana sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan pantai yang indah.

Air Terjun Alamere merupakan air terjun pasang yang cukup langka, dimana air terjun ini mengalir diatas tebing dan langsung jatuh ke laut.  Memiliki pemandangan yang cukup dramatis saat air mengalir di atas tebing setinggi kurang lebih 40 kaki ke ujung selatan Pantai Wildcat. Namun, Traveler tetap harus hati-hati dan waspada jangan terlalu dekat dengan tepi tebing serta waspadai terhadap erosi pantai.

Air Terjun Alamere terletak jauh di dalam Taman Nasional Point Reyes Seashore di Marin County, dimana area ini sudah ditetapkan dan dipelihara sebagai hutan belantara.  Area hutan belantara ini sudah dikontrol dengan ketat untuk memastikan bahwa lingkungan ini tetap berada dalam kondisi liar dan alami.

Air Terjun Multnomah
Air Terjun Multnomah di Oregon, Photo by TheSeattleTimes

Air Terjun Multnomah, Oregon

Air Terjun Multnomah memiliki tiga air terjun terpisah, yaitu air terjun atas, air terjun utama dan air terjun bawah dengan total tinggi mencapai sekitar 635 kaki.  Air terjun ini merupakan air terjun yang paling dikenal di Oregon dan air terjun yang paling menakjubkan. Air terjun ini juga merupakan air terjun tertinggi di Oregon.

Air Terjun Multnomah terletak di Multnomah Creek di Columbia River Gorge, sebelah timur Troutdale, antara Corbett dan Dodson, Oregon, Amerika Serikat.  Terletak sekitar 48 km  sebelah timur dari pusat kota Portland di sepanjang Historic Columbia River Highway.  Untuk menuju ke sini, Traveler dapat mengakses dari Historic Columbia River Highway dan Interstate 84.  Traveler hanya perlu waktu 30 menit berkendara dari Portland dan lima menit berjalan kaki dari tempat parkir, untuk melihat pemandangan menakjubkan air terjun ini.  Untuk menikmati keindahan air terjun ini, tersedia jembatan yang juga sangat instagramable, yang memungkinkan Traveler dapat melintasi air terjun tanpa harus berbasah-basahan.

Air Terjun Palouse
Air Terjun Palouse di Washington

Air Terjun Palouse, Washington

Air Terjun Palouse terletak di Sungai Palouse, sekitar 4 mil di hulu pertemuan dengan Sungai Ular di Tenggara Washington, Amerika Serikat. Tinggi air terjun ini mencapai 198 kaki, dikelilingi oleh tebing-tebing cadas yang mencolok dan memiliki kekuatan yang mampu mengeluarkan banyak kabut yang menghasilkan pelangi.  Air terjun ini terletak di Palouse Falls State Park seluas 105 hektar, yang juga memiliki area perkemahan, jalan setapak, tempat piknik, dan jalur yang dapat diakses kursi roda. Sangat disarankan untuk mengunjungi air terjun ini menjelang matahari terbenam.  Traveler akan  menyaksikan pemandangan menakjubkan pantulan cahaya dan bayangan di dinding ngarai.  Sungguh sangat menakjubkan!

Air Terjun Palouse merupakan satu-satunya air terjun besar yang tersisa di sepanjang jalur banjir glasial yang berusia ribuan tahun ini, yang menjadi salah satu ikonik bagi Negara Bagian Washington.(Niel)