Menikmati Keindahan Air Terjun Lematang Indah

Memiliki Ketinggian 40 meter dengan Debit yang Sangat Deras

Air Terjun Lematang
Menikmati Derasnya Air Jatuh, Photo by @sujarwoko83

Air Terjun Lematang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Palembang yang banyak diminati wisatawan lokal sana.  Pesona alam air terjun ini selalu memancarkan daya pikat bagi semua pengunjung yang datang kesini.  Lokasi air terjun yang juga disebut dengan nama Air Terjun Lematang Indah ini, letaknya tidak jauh dari jalan raya.    Begitu Traveler memasuki daerah Lematang, jalan yang dihadapi mulai berkelok-kelok dan menurun.  Namun, panorama pemandangan alam sepanjang jalan sangat cantik dan memanjakan mata.  Hamparan pepohoan hijau, kokohnya tebing-tebing batu serta bukit yang seakan-akan mengejar, menciptakan suasana begitu indah, sejuk dan teduh.

Air Terjun Lematang
Air jatuh pada aliran sungai

Begitu Traveler sampai pada sebuah jembatan, dimana sungai dibawahnya tampak jernih dengan gemericik air mengalir, ini menunjukkan bahwa keberadaan air terjun yang yang diincar sudah di depan mata.  Parkirkan kendaraan di salah satu sudut jembatan, kemudian Traveler mulai trekking, berjalan kaki menyusuri anak tangga, menuju lokasi Air Terjun Lematang.  Pada bagian-bagian tertentu, jalur trekking yang dilewati masih berupa tanah dan bebatuan.  Begitu Traveler menyusuri jalur pinggir sungai, mulai tampak kehadiran Air Terjun Lematang.

Air Terjun Lematang
Sungai perpanjangn dari jatuhnya air terjun Lematang

Uniknya, beda dari air terjun kebanyakan yang airnya jatuh pada penampungan sebuah kolam, pada Air Terjun Lematang jatuhnya air langsung dibawahnya aliran sungai.  Sehinga tidak ada kolam utama yang biasa menampung curahan air terjun.  Namun demikian, pesona kecantikan panorama air terjun ini tetap tak berkurang.  Bahkan, letaknya yang berada di tebing, dengan sungai dibawah curahan airnya, menjadi daya tarik utama yang menyedot banyak orang datang kesini.   Dengan ketinggian 40 meter, jatuhnya air pun cukup deras dengan suara yang sangat bergemuruh.  Ketika musim penghujan, air terjun ini memiliki arus air yang lebih kuat lagi.

Sebuah objek wisata harus mampu menghadirkan sebuah spot yang dapat membanggakan, nah di lokasi Air Terjun Lematang ini, Traveler penyuka swaphoto akan terpuaskan mengambil gambar sebanyak-banyaknya dari berbagia sudut spot keindahan disana.  Terutama spot di tepian sungai yang berlatar belakang jatuhnya air mengalir dari ketinggian.

Air Terjun Lematang
Batu Besar yang sering dijadikan spot andalan disini, Photo by @olivia09_shinta

Air Terjun Lematang ini berlokasi di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.  Dengan akses jalan yang cukup jauh ditempuh dari Palembang, yaitu berjarak sekitar 280 kilometer dengan memakan waktu tempuh selama 6,5 jam.  Sementara, jika Traveler beranjak dari Kota Pagaralam, hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit karena jarak yang ditempuh hanya 18 kilometer.  Dengan kondisi jalanannya sudah sangat bagus, serta dengan sajian view alam sekitar yang sangat indah, membuat perjalanan menuju air terjun terasa sangat nikmat dan menyenangkan.(Puteri)