Menikmati Keindahan Pantai Kuala Merisi, Aceh

Hamparan Pasir Putihnya Bersih dan Lembut

Pantai Kuala Merisi
Hamparan Pasir Putihnya Lembut

Pantai Kuala Merisi adalah salah satu pantai yang terkenal di Aceh karena keindahannya. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, yang tampak sempurna dengan suguhan pemandangan laut yang berwarna biru muda.  Laut Pantai Kuala Merisi jauh dari pulau lainnya, sehingga jangkauan mata memandang laut sangat lebar dan terbentang luas.  Pantai Kuala Merisi ini juga disebut pantai yang paling indah di Aceh.

Berada di Desa Keutapang, Jalan Titi Pahlawan, Dayah Baro, kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bersantai bersama keluarga, bermain di pinggir pantai.  Pesonanya sangat memikat.  Tak heran, saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, rasa kagum dan terlena memandang keindahan alam ini, langsung dirasakan.

Pantai Kuala Merisi
Perpaduan Pantai Putih dengan Birunya Laut dan Langit, sangat cantik, Photo by @rockstartiket

Pantai Kuala Merisi terbilang masih sangat alami, apalagi pengunjung yang datang pun belum terlalu banyak. Rasa tenang, nyaman akan menemani keseruan di pantai ini. Pastinya, banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini, terutama adalah susur pantai.  Karena Pantai Kuala Merisi yang mempunyai garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 160 kilometer ini,  dengan hamparan pasir putih yang bersih, akan menjadi satu kenikmatan tersendiri saat Traveler menyusuri sepanjang pantai ini.  Memandang laut lepas, mendengar suara ombak, serta menikmati angin pantai.  Trekking di bibir pantai, yang sesekali merasakan belaian ombak yang begitu lembut kala mereka tak sengaja menyentuh deretan jemari kaki. Atau bersantai di tepi pantai dengan menggelar tikar, menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi sembari menatap hamparan langit yang biru cerah.

Pantai Kuala Merisi
Suasananya sangat alami

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang pernah terdampak bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Selang beberapa tahun berikutnya, keadaan pantai ini pun kembali pulih, bahkan menjadi salah satu wisata alam pantai yang sangat menarik dan cukup populer di Aceh.  Keindahan sunrise dan sunset nya tak bisa dipungkiri lagi.  Menikmati prosesi terbitnya matahari dan tenggelamnya matahari, menciptakan kedua moment spesial ini sangat indah dan selalu ditunggu-tunggu wisatawan untuk diabadikan.

Pantai ini memang langsung menuju Samudera Hindia, namun demikian, ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi bahkan relatif tenang, meskipun langsung menuju laut lepas.  Traveler dapat melampiaskan hobi berenangnya dilaut tanpa takut menghadapi arus ombak.

Batas berkunjung dan menikmtai Pantai Kuala Merisi hanya sampai pukul 6 sore. Begitu adzan maghrib tiba, semua aktifitas harsu dihentikan.  Siapa pun yang datang ke pantai ini harus taat dan mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan di Provinsi Aceh ini.

Pantai Kuala Merisi
Ombaknya Cenderung Aman untuk Berenang

Lokasi Pantai Kuala Merisi cukup jauh dari kota Banda Aceh. Namun akses menuju lokasi pantai ini tak begitu sulit.  Traveler dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, tapi lebih nyaman dan tenang jika membawa kendaraan pribadi.  Dari Banda Aceh menuju pantai ini berjarak sekitar 75 kilometer dengan memakan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.(Puteri)