Menikmati Kesegaran Air Terjun di Belitung

Keasriannya masih sangat alami dan suasananya sangat nyaman dan tenang

Belitung, Air Terjun Kepala Kawai

Kepulauan Bangka Belitung terkenal akan destinasi wisatanya yang begitu mempesona. Begitu banyak tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi, termasuk wisata alam air terjun. Hampir semua air terjun disini masih terbilang belum terjamah banyak orang, sehingga keasriannya masih sangat alami dan suasananya sangat nyaman dan tenang. Menjadi pengalaman yang sulit dilupakan, jika Traveler menghabiskan waktu menikmati keindahan air terjun di Belitung ini.

Berikaut ini, Indonesiatraveler.id merekomendasikan beberapa air terjun di Belitung yang siap di explore keindahannya!

Belitung, Air Terjun Gunung Kubing

Air Terjun Gunung Kubing

Keindahan air terjun Gunung Kubing sangat mempesona. Berada di kawasan Gunung Kubing, tepatnya di Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Air Terjun Gunung Kubing berada di lingkungan yang masih belum banyak terjamah orang. Tak heran kalau suasana alamnya begitu asri dan masih alami. Sambil berendam, Traveler dapat menikmati keindahan alam disekitar air terjun yang sangat cantik. Akses untuk mencapai lokasi Air Terjun Gunung Kubing ini bisa dikatakan terbilang cukup sulit, namun demikian, perjalanan yang cukup berat ini akan terbayar ketika tiba di lokasi.

Belitung, Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye yang berada di tengah-tengah Pulau Belitung ini, bagian muaranya dihuni oleh banyak sekali ikan-ikan kecil yang dapat terlihat jelas dengan mata telanjang karena airnya sangat jernih. Air Terjun Gurok Beraye terletak di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau. Dengan suasana alam yang asri dan alami, Traveler akan menikmati air yang jernih nan segar.

Belitung, Air Terjun Batu Mentas

Air Terjun Batu Mentas

Di Air Terjun Batu Mentas ini, Traveler akan menemukan hewan dan tumbuhan endemik seperti tanaman kantung Semar, tanaman Tarsius SP, rusa, pelanduk dan lainnya. Air Terjun Batu Mentas menyuguhkan kesegaran airnya yang jernih. Suasana sekitarnya pun juga masih asri dan nyaman. Untuk dapat memasuki Air Terjun Batu Mentas ini, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000/orang saja. Lokasi air terjun Batu Mentas berada di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Air Terjun Kepala Kawai (Air Terjun Jurak Insum)

Air terjun lainnya yang tak kalah menarik dan cantik di Pulau Belitung adalah Air Terjun Kepala Kawai yang sering disebut juga Air Terjun Jurak Insum. Berada di Kecamatan Membalong, air terjun ini terletak dibalik perbukitan dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut dengan tinggi air terjun sekitar 15 meter. Jalan menuju ke Air Terjun Jurak Insum memang tidak mudah. Akan tetapi, sesampainya di sana, rasa lelah akan terobati dengan pemandangan dan keindahan air terjun yang menakjubkan. Traveler akan melihat tujuh tingkatan air terjun dengan suasana alam yang masih sangat asri. Di Air Terjun Kepala Kawai ini Traveler dapat berenang, bersantai dan berfoto-foto. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kepala Kawai ini berada di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Belitung, Air Terjun Marsila

Air Terjun Marsila

Untuk melengkapi wisata Belitungnya, berkunjunglah ke Air Terjun Marsila yang berada di daerah Bentaian-Dendang. Air terjun ini terkesan sangat unik dan instagenic. Warna bebatuan di sekitar tempat air terjun jatuh, terlihat sangat menarik. Tak heran ketika mengambil foto di lokasi itu, gambar Air Terjun Marsila terlihat seperti pelangi. Belum banyak yang mengunjungi air terjun ini, sehingga pesona dan suasana disini masih sangat asri dan alami.  Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Marsilla ini berada di Kampung Bentaian, Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang.(Nil/Berbagai Sumber)