Menikmati Ketenangan di Pantai Ai Loang, Sumbawa

Pantai AI Loang
Ombaknya sangat tenang, memberi kenyamanan dan keamanan

Pantai Ai Loang yang merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Sumbawa, lebih tepatnya di desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara, Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat ini, juga disebut Pantai Lamona.  Lokasi pantai ini sangat strategis.  Pada sebelah selatan pantai ini berbatasan dengan Pulau Moyo, sebelah barat berbatasan dengan Tanjung Menangis, sementara bagian utaranya berbatasan dengan desa Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.

Pantai AI Loang
Keindahan salah satu sudut Pantai Ai Loang

Keindahan Pantai Ai Loang benar-benar memukau.  Hamparan pasir putihnya yang menakjubkan, air lautnya yang biru susu menyegarkan serta peletakkan batu-batu besar yang tersusun rapi alami, menambah keindahan semesta semakin mempesona.  Keunikan Pantai Ai Loang dengan susunan bebatuan besarnya ini, menjadikan pantai ini beda dengan pantai kebanyakan.  Konon, batu-batuan di pantai ini sebenarnya jenis bebatuan yang berada di pegunungan.  Hadirnya bebatuan ini juga merupakan pelindung pantai dari ganasnya ombak sehingga air di pantai menjadi tenang dan nyaman.  Traveler yang bermain dalam alur ombak Pantai Ai Loang pun akan merasa nyaman dan aman.

Bagi penikmat keindahan bawah laut, wisata taman laut di sini juga sangat indah, tak elok rasanya melewatkan begitu saja.  Diving atau snorkeling jadi satu kegiatan yang mengasyikkan juga disini.  Dan yang selalu dinanti para penikmat pantai, menghabiskan senja, hanyut dengan keindahan panorama sunset. Yah, proses tenggelamnya sang surya ke peraduannya menadi fitur yang dinanti dan sangat indah yang tidak boleh dilewatkan bagi Traveler pencinta pantai.

Pantai AI Loang
Keunikan penataan batu secara alami

Selain fitur keindahan alamnya yang menjadi daya tarik para wisatawan berlibur ke pantai ini,  fitur keseriuan lainnya yang turut menunjang kehadiran banyak wisatawan adalah, adanya berbagai fasilitas terutama daerah outbound.  Traveler  dapat menggunakan berbagai jenis wahana termasuk flying fox, yang selalu mendapat antrian panjang untuk dijajal. Bagi yang lelah menikmati fasilitas outbond ini, Traveler dapat melepaskan lelah sesaat di gazebo-gazebo yang tertata rapi dan sudah tersedia disini, beristirahat sejenak sebelum melakukan hal-hal menyenangkan lainnya lagi.  Beberapa kios makanan tampak terlihat, juga ada pancuran air untuk tempat mandi, tempat penyewaan sepeda air, pelampung dan lainnya.  Dan yang pasti Musholla juga sudah ada. Nah, lengkap sudah failitas penunjang yang tertata rapi di tempat wisata Pantai Ai Loang ini.

Untuk mencapai ke lokasi Pantai Ai Loang, terlebih dahulu Traveler harus mencapai Kabupaten Sumbawa.   Melalui pesawat, sampai di Bandara Sultan Muhammad Kaharudiin III di Sumbawa, Traveler diarahkan ke Desa Penyaring yang berada di Kecamatan Moyo Utara, di mana Pantai Ai Loang berada. Jaraknya sekitar 19,1 kilometer dan perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 40 menit. Bahkan jika mengambil jalan Raberas, akan memangkas waktu perjalanan.

Pantai Ai Loang
Pantai AI Loang photo by Anazakil’story

Bagi yang ingin menikmati malam, Pantai Ai Loang juga menyediakan penginapan. Jadi, Traveler pun bisa berlama-lama menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini.(Niel)