Menikmati Sensasi Air Terjun Sigerincing, Jambi

Kucuran Airnya Sangat Deras

Air Terjun Sigerincing di Jambi
Kucuran Airnya yang Deras, Photo by pesonaiarterjunindonesia

Berkunjung ke Jambi, jangan lupa sempatkan diri untuk singgah ke Air Terjun Sigerincing.  Air terjun ini terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin.  Air Terjun Sigerincing sangat nyaman karena airnya yang sangat jernih serta dikelilingi oleh hijaunya pepohonan nan rimbun, membuat siapa pun yang datang kesini langsung jatuh hati.

Air Terjun Sigerincing  bersumber dari Sungai Siau yang berhulu di Gunung Masurai. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini, sangat unik.  Uniknya yaitu, hempasan air terjun yang cukup bergemuruh ini, menghasilkan banyak pelangi yang menebar di sekitar air terjun ini.  Udaranya yang begitu sejuk serta suasana sekitarnya jauh dari keramaian, semata-mata yang terdengar hanyalah gemuruh air terjun yang membuat jantung berdebar, memikat semua pengunjung.   Yah, suasana seperti ini sangat disukai banyak wisatawan.  Tak heran, setiap pengunjung yang datang kesini, pasti kerasan dan betah berlama-lama.

Air Terjun Sigerincing di Jambi
Menimbulkan pelangi di sekitar air terjun, Photo by @syahrulfitraa

Dari lokasi parkir kendaraan yang memang di tempatkan di area khusus parkir di desa, Traveler harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit, melewati jalanan berkerikil, turunan yang cukup curam dan terjal, lalu menuruni anak tangga hingga sampai ke lokasi yang dituju.  Sepanjang perjalanan kiri maupun kanan jalan menuju air terjun, di penuhi tanaman tua milik warga setempat, seperti kopi, kulit manis, karet dan lain sebagainya.

Deretan anak tangga ini memang berada di tebing yang sangat curam dan terjal, hal ini cukup menantang adrenalin pengunjung yang sedang berburu untuk menikmati Air Terjun Sigerincing ini.  Untuk itu, Traveler jangan banyak bercanda, perlu diperhatikan agar selalu berhati-hati pada anak tangga yang terbuat dari beton yang terkadang sangat licin dan berlumut ini.

Air Terjun Sigerincing di Jambi
Alamnya Masih Sangat Asri, Photo by @biduk_jambi

Namun, percayalah, begitu Air Terjun Sigerincing tampak di depan mata, segala kegundahan tadi sirna seketika.  Pemandangan sekitar yang masih hijau dan asri serta suara gemuruh air terjun, benar-benar memikat hati.  Keindahan kolam sekitar air jatuh pun tampak semakin mempesona dengan hamparan bebatuan yang sangat instagramable.  Menjadi sudut-sudut pilihan terutama bagi penyuka swafoto.

Air Terjun Sigerincing terletak di kaki gunung Masurai. Tak heran, kondisi ini membuat dinginnya air yang mengalir dari sela-sela berbatuan serta berselimut dengan sejuknya udara di sekitar lokasi, membuat Traveler menjadi  betah, memanjakan  diri berada  di lokasi wisata alam yang berada di Kabupaten Merangi tersebut.  Saking jernihnya air sungai, ikan-ikan yang berenang bebas pun dapat terlihat dari permukaan.  Di dekat Air Terjun Sigerincing juga terdapat pembangkit listrik tenaga air yang di kelola oleh masyarakat sekitarnya, untuk penerangan dusun yang ada di sekitar air terjun.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sigerincing ini, Traveler memang harus meluangkan waktu yang cukup panjang.  Perjalanan dari kota Jambi sampai ke lokasi memakan waktu selama 7 jam. Meskipun begitu, banyak akomodasi yang bisa memudahkan Traveler untuk sampai ke tempat ini. Ada beberapa angkutan umum dan travel yang bisa digunakan menuju lokasi air terjun ini. Traveler juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Air Terjun Sigerincing
Kolaborasi air jernih, udara sejuk serta indahnya panorama, Photo by @syafiulamin

Berikut merupakan rute yang dapat di tempuh bagi Traveler yang datang dari luar Kecamatan Lembah Masurai, atau dari luar daerah Kabupaten Merangin. Apabila Traveler datang dari Kota Jambi, perjalanan akan melintasi Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi yang kemudian diteruskan ke Kota Bangko.  Di Kota Bangko, Traveler dapat beristirahat sesaat, lalu melanjutkan kembali perjalanan menuju Kecamatan Lembah Masurai.  Hati-hati karena perjalanan ini berbelok-belok dengan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.(Rafa)