Menikmati Sensasi Keindahan di Hutan Pinus Limpakuwus

Suasana Alami dengan Pemandangan Memukau

Hutan Pinus Limpakuwus
Hutan nan Alami, Photo by IG of Amazonaaaaa

Deretan pepohonan pinus yang menjulang tinggi di kanan dan kiri, menjadi pemandangan indah yang ada di sini. Daunnya yang lebat tumbuh mengerucut ke atas, dengan batang kayu cokelat yang kokoh, menciptakan suasana begitu menyejukkan. Melihatnya saja sudah membawa ketenangan hati, menghapus kepenatan yang bergelayut dalam diri.  Inilah sebuah Hutan Pinus.

Hutan Pinus Limpakuwus
Sensasi Jembatan Instagramable, Photo by IG of Muttiaaaa

Jika tertarik mengunjungi hutan pinus yang minim sentuhan manusia seperti ini, Hutan Pinus Limpakuwus dapat menjadi alternatif yang pas. Suasananya masih alami dan pastinya menyajikan panorama yang asri.  Menikmati objek wisata di Hutan Pinus Limpakuwus, akan membuat Traveler ketagihan dengan wisata alam yang sesungguhnya.  Hutan Pinus Limpakuwus merupakan salah satu wisata alam yang berada di lereng selatan Gunung Slamet dan berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Tepatnya di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.  Dengan ketinggian seperti ini, menciptakan objek wisata ini memiliki suasana yang syahdu dengan panorama alam yang memukau. Traveler tak akan menyesal menjatuhkan pilihan untuk berwisata ke Banyumas tepatnta ke  Hutan Pinus Limpakuwus ini.

Hutan Pinus Limpakuwus
Banyaknya spot-spot berswaphoto, Photo by Reffika

Banyak keseruan yang bisa dinikmati di Hutan Pinus Limpakuwus ini.  Sensasi yang dirasakan saat Traveler menikmati berbagai wahana permainan disini, benar-benar mengasyikkan.  Di lokasi tersebut terdapat berbagai permainan seperti trampolin, kereta wisata, spider web dan taman lalu lintas.  Wahana trampolin merupakan permainan yang sangat favorit disana, dan wahana ini bisa dikatakan masih jarang di Indonesia.  Di wahana wisata ini, Traveler dapat terbang melompat setinggi empat meter hingga delapan meter dengan pengamananan dan pengawasan yang ketat dari petugas.  Untuk kekuatan dan ketahanan trampolin, wahana ini mampu menahan antara 70 kilogram hingga maksimalnya 90 kilogram.

Selain itu, spot-spot foto disini terlihat indah membaur dengan alam di sekitarnya.  Selain spot foto anjungan kayu, dimana dari sini akan terlihat pemandangan hijau dari atas bukit, spot foto yang tak kalah kerennya yaitu jembatan yang memanjang dari satu pinus ke pinus di seberangnya dengan pijakan yang terbuat dari kayu. Di kanan kiri jembatan dibuat jaring tali supaya aman ketika pengunjung berada di jembatan. Yang akan menambah keindahan area ini, yaitu saat menjelang malam, di sekitar jembatan akan menyala lampu-lampu kecil yang menambah estetika. Sungguh sangat mempesona.

Hutan Pinus Limpakuwus
Kombinasi Hutan dan Jembatan Instagramable, Photo by IG of Instapurwokerto

Selama masa new normal, Hutan Pinus Limpakuwus buka setiap hari, mulai pukul 08.00-15.30 WIB.  Hutan ini, dulu biasanya menerima Traveler untuk kemping disini, namun untuk saat ini, keseruan kemping masih dilarang di objek wisata ini.  Karena masih dibuka secara terbatas dan bertahap, ada sejumlah persyaratan wajib yang harus dipenuhi pengunjung, di antaranya wajib mengenakan masker/ face shield, wajib menjaga jarak antar pengunjung (dilarang berkerumun), cuci tangan dan buang sampah di tempat yang telah disediakan.

Hutan Pinus Lumpakuwus terletak di Desa Dusun III, Limpakuwus, Sumbang Banyuwangi, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sini, dari kota Banyuwangi berjarak sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.(Rafa)