Menyusuri Goa Hatusaka, Goa Terdalam di Maluku Tengah

Goa Hatusaka, Harta Karun Terpendam

Goa Hatusaka
Goa Terdalam di Indonesia, photo by GPSWisataIndonesia

Memang banyak yang belum tahu kalau Indonesia memiliki goa yang tingkat ke dalamannya sangat dalam.  Hingga di tahun 2018 yang lalu, akhirnya tim Indonesia berhasil menjejakkan langkahnya pada dasar goa, goa yang digadang-gadangkan sebagai goa terdalam di Indonesia, yaitu Goa Hatusaka.

Goa Hatusaka terletak di Taman Nasional Manusela, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku Tengah, berada di ketinggian 900 mdpl.  Goa ini bentuknya vertikal dan sangat tinggi.  Diameter goa ini sendiri sekitar 100 meter dengan kedalaman 424 meter.  Tah heran Goa Hatusaka dinobatkan sebagai goa terdalam di Indonesia. Uniknya, karena saking dalamnya,  wisatawan dapat melihat kepulan kabut di mulut goa dan leher goa ketika melakukan ekspedisi ke sini. Sayangnya, banyak juga yang gagal melakukan ekspedisi karena adanya banjir dan fenomena kabut ini.

Goa Hatusaka
Permukaan Penuh Kabut

Goa ini bernama Hatusaka.  Nama tersebut diberikan langsung  dari masyarakat adat setempat.  Arti Hatu yaitu batau atau gunung, dan arti saka adalah tiang atau pusaka.  Sehingga Hatusaka diartikan sebagai Gunung Pusaka.

Melihat ke belakang dari apa yang sudah dilakukan, goa ini sudah di eksplore dan dipetakan oleh para penggiat telusur goa yang membentuk menjadi tim ekspedisi.  Tim ini merupakan gabungan dari beberapa negara, yaitu  Amerika, Peranis, Australia dan Inggris yang mereka lakukan pada tahun 1996, namun ekspedisi ini gagal.  Lalu di tahun 2016, ekspedisi kedua dilakukan oleh Tim dari Italia yang dipimpin Andrea Benassi.  Tim kedua ini berhasil memetakan satu segmen lorong goa.

Dan pada tahun 2018, tim ekspedisi Indonesia sendiri akhirnya yang berhasil sampai ke dasar goa.  Diketahui bahwa dasar Goa Hatusaka berbentuk kawasan batu gamping yang memiliki potensi besar dalam kegiatan speleologi. Tim ini juga berhasil memutakhirkan data kedalaman dan luas ruangan di dasar goa, serta melakukan pencatatan tentang flora dan fauna dan karakter lain dari Goa Hatusaka ini.  Dengan luas ruangan  90 meter x 62 meter  dan memiliki tinggi 180 meter.

Goa Hatusaka
Bentuknya Vertikal dan Sangat Tinggi

Seputar informasi mengenai Goa Hatusaka, memang sering mengalami perdebatan di kalangan penggiat telusur goa, terutama status goa terdalam di Indonesia.  Waktu era tahun 1990-an hingga di awal tahun 2000, goa terdalam di Indonesia masih dipegang oleh Goa Leang Pute yang berada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Maros, Sulawesi Selatan.  Goa ini memiliki kedalaman sekitar 265 meter.

Begitu isu Goa Hatusaka mulai merebak, sejumlah penggiat telusur goa pun mulai bergerak, ingin membuktikan goa mana yang sesungguhnya yang memiliki kedalaman paling dalam.  Mulai dari gabungan penggiat telusur goa beberapa negara asing hingga akhirnya tim Indonesia pun terlibat dan berhasil memecahkan perdebatan itu.  Yah, melalui Tim ASC (Achintyacunyata Speological Club) yang  melakukan ekspedisi untuk menjelajah goa pada tanggal 3 Agustus 2018 dan berhasil mencapai dasar pada tanggal 6 Agustus 2018.  Meskipun banyak tingkat kesulitan dialami ketika tengah berekspedisi,  seperti pengaruhi cuaca yang berbeda, juga medannya yang rapuh dengan batuan yang mudah rontok. Meskipun ada beberapa batu yang kokoh, namun hal itu tetap mempengaruhi friksi pada tali.

Goa Hatusaka
Bagian Dasar Goa Hatusaka

Wouw,…seru yah seputar informasi tentang goa terdalam di Indonesia, yaitu Goa Hatusaka. So, siap ‘menjenguk’ goa ini?(Raditya)