Menyusuri Keindahan Cagar Alam Sibolangit

Flora dan Fauna nya Menakjubkan

Taman Wisata Alam Sibolangit
Keindahan Alam Yang Menakjubkan, Photo by @TWA_Sibolangit

Mengeksplore keindahan pada Cagar Alam Sibolangit, akan membuat Traveler ketagihan. Cagar alam ini  terletak di desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupatennya Deli Serdang, Sumatera Utara. Sejumlah kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan selama berada di sana.  Berada di ketinggian antara 246-515 meter dari permukaan laut (mdpl), membuat kawasan ini memiliki jalanan yang cukup terjal dan berkelok-kelok.

Kegiatan-kegiatan seru yang dapat dilakukan di kawasan Cagar Alam Siboolga ini, adalah menikmati alam, edukasi pendidikan konservasi lingkungan, pendidikan konservasi satwa liar, pengamatan burung Rangkong, dan Forest Healing.

Taman Wisata Alam Sibolangit
Memanjakan Pandangan Mata dengan Kehijauan, Photo by @TWA_Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit menjadi satu kesatuan dengan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit dengan luas 85,15 hektar.  Keindahana alamnya masih sangat asri, alami dan terjaga.   Yah, daya tarik dari cagar alam ini adalah keanekaragaman flora dan faunanya.  Hal ini karena kawasan Sibolangit merupakan kawasan resapan air hujan dan hutan hujan tropis yang memiliki beragam jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya.  Floranya, lebih dominan dikuasai oleh pohon-pohon besar seperti Nyamplung (Calophyllum Inophillum), Angsana  (Pterocarpus indicus), Meranti (Shorea sp), berbagai jenis tanaman palem dan pinang, durian hutan, bunga bangkai (Amorphophallus titanium) dan tumbuhan menjalar. Sungguh, suasana yang tenang penuh kesejukan, serta jauh dari hiruk pikuk ini yang bikin refresh pikiran yang berkunjung kesini.

Taman Wisata Alam Sibolangit
Aneka fauna termasuk burung, Photo by @TWA_Sibolangit

Selain kaya dengan flora, Taman Wisata Alam Sibolangit ini juga ramai dengan habitat hewan jenis kera dan lutung, selain itu juga terdapat jenis-jenis hewan lainnya seperti kancil, kus-kus, babi hutan, burung rangkong, trenggiling, kukang, kucing kuwuk, dan lain-lain. Karena keanekaragaman inilah yang membuat kawasan Cagar Alam Sibolangit banyak dijadikan objek penelitian.  Salah satu kegiatan edukasi konservasi lingkungan yang bisa dilakukan yaitu dengan mempelajari soal beberapa flora yang ada di sana, seperti bunga bangkai endemik Sumatera, dan tanaman lainnya.

Keseruan lainnya adalah, selama di kawasan ini, Traveler akan bertemu langsung dengan habitat burung rangkong.  Yah, burung rangkong atau julang emas dapat dilihat secara bebas berterbangan dan bertengger di dahan pepohonan cagar alam ini. Bahkan, beberapa julang emas ini akan terlihat saling bertegur sapa dan terbang secara bersamaan. Julang emas merupakan salah satu dari 13 jenis burung enggang yang ada di Indonesia dan satwa liar yang dilindungi.

Taman Wisata Alam Sibolangit
Forest Healing, terapi relaksasi, Photo by @TWA_Sibolangit

Bagi para pecinta Hiking, kawasan ini merupakan salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Traveler akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang indah dan mempesona serta  jalur yang cukup menantang adrenalin, dengan jalanan yang terjal dan berkelok yang dimiliki oleh Cagar Alam Sibolangit ini.

Disarankan untuk sesering mungkin melakukan wisata alam seperti ke Cagar Alam Sibolangit ini.  Konon, wisata menjelajahi dan menikmati panorama alam luas serta menghirup langsung udara menyegarkan ini, dapat memberikan ketenangan untuk pikiran.  Kegiatan ini disebut juga forest healing.  Melalui meditasi menyatu dengan alam ini (hutan), merupakan salah satu terapi relaksasi untuk mengembalikan kekusutan pikiran kita.  Stres pun berkurang.

Taman Wisata Alam Sibolangit
Wisata ke Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit terletak diantara Jalan Medan-Brastagi, sekitar 38 kilometer dari kota Medan, dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat di tempuh sekitar 1 jam perjalanan.  Juga dapat ditempuh melalui angkutan umum, baik jurusan (trayek) Medan-Brastagi maupun Medan-Sidikalang. (Adhit)