Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali

Lokasi pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, menyebabkan ombak Pantai Nyang Nyang sangat cocok untuk berselancar

Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali
Spot favorit untuk berfoto, Photo by @ariss_suprihantoo

Bali memang kolektor beragam pantai.  Semua pantai di Bali memiliki panorama yang cantik dan mengesankan.  Semua pantai di Bali, sangat indah dan memiliki keunikan masing-masing.  Yah, Pulau Dewata memang selalu membius wisatawan dengan wisata pantainya yang tersebar di setiap daerah.  Selalu menyisakan cerita indah yang tak akan dilupakan sampai kapan pun, setiap berkunjung ke pantai-pantai di Bali.  Salah satu pantai yang unik, bak mutiara yang tersimpan di Bali adalah Pantai Nyang-Nyang.

Pantai Nyang-Nyang memiliki tekstur kasar berwarna kuning keemasan, tekstur pasir pantai yang sedikit kasar, namun hal ini tidak mengurangi kenyamanan berjalan di bibir Pantai Nyang Nyang. Bahkan,  pasir yang kasar ini serasa terapi alami untuk kaki.  Dengan garis pantai yang panjang, menjadikan pantai ini sangat menyenangkan untuk berjalan kaki, ditambah lagi suasana tenang dan segarnya angin pantai. Keindahan panorama alam sekitarnya dihiasi dengan pemandangan tebingnya yang sangat elok berpadu dengan gulungan ombak yang cukup tinggi tinggi.

Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali
Pantainya tenang dan menyenangkan, Photo by @ sallsecrets

Ombak  Pantai Nyang-Nyang laksana menjadi surga bagi para peselancar.  Lokasi pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, menyebabkan ombak Pantai Nyang Nyang sangat cocok untuk berselancar.  Apalagi agak ke tengah, terlihat ombak yang menantang untuk surfing.  Jadi tidak salah juga kalau Pantai Nyang Nyang termasuk salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para surfer professional.

Terdapat barrier alami yang memecah ombak sebelum menyentuh bibir Pantai Nyang Nyang, sehingga ombak tinggi akan terpecah menjadi buih sebelum menyentuh pantai. Hal ini membuat wisatawan dapat bermain air laut di bibir pantai.  Namun, untuk berenang, pantai ini kurang cocok. Meskipun ada barrier alami yang memecah ombak, kedalaman air laut di pantai ini agaknya kurang terlalu nyaman untuk berenang.  Traveler masih dapat melakukan aktivitas lainnya yang tidak kalah menyenangkan seperti berjemur, bersantai menikmati keindahan pantai atau bermain pasir.  Selain itu, kawasan pantai ini juga memiliki banyak spot seru untuk dijadikan latar foto.  Salah satunya yaitu bangkai kapal yang dijadikan tempat favorit untuk berfoto.

Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali
Ombaknya asyik buat para peselancar, Photo by @withregram

Keseruan  lainnya dari Pantai Nyang-Nyang ini, Traveler dapat melakukan kegiatan yang cukup menantang, yaitu paralayang.  Yah, bermain paralayang di bukit yang menempel erat dengan area pantai ini, akan membawa Traveler ke satu pengalaman yang begitu spektakuler.  Bayangkan, melihat pemandangan yang sangat indah seperti tebing dan pemandangan pantai dari atas udara, begitu menakjubkan, bukan! Pilihlah waktu di sore hari untuk melakukan kegiatan paralayang ini, karena ada bonus tersedia di ujung kegiatan ini, yaitu menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dari udara.  Betapa menggodanya bisa mendapatkan pengalaman ini!

Lokasi Pantai  Nyang-Nyang yang masuk dalam kawasan Kabupaten Badung, tepatnya terletak di Desa Pecatu ini, pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik dunia dan wajib dikunjungi tahun 2018 oleh CNN travel internasional.

Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali
Serpihan kapal salah satu ikonik pantai ini, Photo by @usmans4nusi

Lokasi pantai ini berada di ujung selatan Pulau Bali, sebelum Pura Uluwatu.  Dan akses menuju Pantai Nyang Nyang tergolong agak sulit,  karena lokasi pantai berada di bawah tebing. Butuh perjuangan ekstra untuk mencapai pantai ini, karena Traveler masih harus menuruni anak tangga yang ekstrim tingkat kemiringannya.  Namun, tak ada kata sulit jika keindahan dan berbagai keseruaan tak ternilai, akan dirasakan disini.   Meskipun jalan menuju pantai ini cukup melelahkan, semua akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan di Pantai Nyang-Nyang ini.

Untuk mencapai lokasi Pantai Nyang-Nyang, terdapat 3 rute yang bisa dipilih.  Jika Traveler tengah berada di kawasan dekat Pantai Gunung Payung, dapat melalui Jalan Dharmawangsa arah ke Ungasan sebelum ke jalan raya Uluwatu Pecatu.  Kemudian ambil jalan kiri ke jalan Batu Nunggalan dan tak jauh dari situ akan menemukan di pinggir jalan pintu masuk ke pantai.

Rute berikutnya yaitu dari arah Pantai Morabito atau sekitarnya.  Dari sini, Traveler dapat menuju ke jalan Pantai Bingin lalu lanjutkan ke jalan raya Uluwatu Pecatu, yang selanjutnya ambil jalan menuju Batu Nunggalan dan sampailah di Pantai Nyang Nyang.  Rute ketiga, yaitu dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, melalui jalan Dharmawangsa arah Ungasan lalu masuk ke jalan Toya Ning 1. Kemudian menuju jalan raya Uluwatu Pecatu lalu ambil jalan Batu Nunggalan dan akhirnya sampai di lokasi Pantai Nyang-Nyang.

Pantai Nyang-Nyang, Mutiara Tersimpan di Bali
Sunset nan cantik di Pantai NyangNyang, Photo by @dekadi97

Waktu yang tepat berkunjung ke Pantai Nyang-Nyang adalah saat pagi hari atau siang menjelang sore.  Matahari saat itu sudah tidak terlalu panas.  Dan bulan yang asyik berkunjung ke pantai ini yaitu bulan Mei sampai Oktober, yaitu pada musim kemarau. Saat musim hujan, membuat akses menuju pantai akan menjadi lebih sulit dan berbahaya karena anak tangga akan licin terkena air hujan.(Puteri)