Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat

Memiliki tiga puncak untuk mendapatkan spot-spot yang pas menyaksikan panorama Kota Bogor nan cantik

Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat
Menikmati city light dari ketinggian, Photo by @elfajar05

Keindahan panorama Gunung Kapur Ciampea, tak diragukan lagi.  Objek wisata yang terletak di Kota Bogor dengan ketinggian 385 mdpl ini, menyuguhkan pemandangan Kota Bogor begitu indah, tanpa halangan apapun.  Yah, menikmati keindahan landscape Kota Bogor dari ketinggian ini, menciptakan satu sensasi tersendiri yang mengasyikkan.  Selain itu, lokasinya memberikan nuansa alam dengan udara yang sejuk serta memiliki view yang indah, yaitu spot foto berlatarkan pegunungan yang bagus.

Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat
Panorama alam yang menakjubkan, Photo by @expeditioanindonesia

Meskipun objek wisata ini bernama Gunung Kapur Ciampea, namun tempat ini sesungguhnya lebih tepat disebut sebagai bukit yang teksturnya lebih dominan batuan kapur.  Dengan memiliki tiga puncak yang menjadi sasaran wisatawan untuk mendapatkan spot-spot yang pas menyaksikan panorama Kota Bogor nan cantik.  Puncak yang merupakan titik teratas yaitu Puncak Lalana dengan ketinggian 385 mdpl, lalu ada Puncak Roti dan Puncak Galau.

Sebenarnya, ketinggian Gunung Kapur Ciampea ini tidak terlalu tinggi, namun karena akses perjalanan yang harus ditempuh saat menuju puncak cukup curam, tantangan menjelajah alam bebas pun dapat dirasakan begitu kental.  Track menuju puncak sungguh memicu adernaline, trek yang tajam, tanah kerikil, banyaknya bebatuan kapur serta jalan yang cukup menankak.  Namun secara keseluruhan, trekking Gunung Kapur Ciampea ini juga dapat dilakukan oleh para pendaki pemula.

Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat
Spot-Spot instagramable, Photo by @afadzrin

Dilokasi ini juga disediakan area untuk berkemah atau kemping.  Kawasan berkemping ini sudah ditandai seperti landasan helikopter atau helipad. Sangat berbeda dibanding camping ground pada umumnya.  Area kemping ini dapat menampung sekitar 20 tenda.  Panorama alam yang dapat dinikmati pun juga sangat pas, yaitu keindahan empat gunung serangkai, mulai Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Salak dan Gunung Muara, yang meskipun terlihat dari kejauhan, kegagahannya tetap bisa dinikmati.

Jika cuaca cerah, eksotisme sunrise dan sunset akan menjadi moment yang paling mengasyikkan.  Pesona sunrise dan sunsetnya benar-benar menakjubkan, membuat siapapun yang menyaksikan parade matahari terbit dan terbenam ini, terlena melihat semburat warna jingga bulatan matahari siap muncul dan tenggelam.  Selain itu, bagi yang kemping akan menikmati city light, yaitu pemandangan lampu-lampu di sepanjang Kota Bogor.  Dari ketinggian ini, temaram cahaya dari perkotaan terlihat eksotis dan romantis.

Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat
Area kemping dengan spot pemandangan city light, Photo by @bogor.terkini

Selain menikmati panorama alam pegunungan dan lanscape Kota Bogor, kawasan Gunung Kapur Ciampea juga menyimpan spot unik wisata alam lainnya, yaitu wisata susur goa.  Tak tanggung-tanggung jumlah goa yang berada di area wilayah ini, sekitar 22 goa mengelilingi kawasan ini.  Fenomena bentang alam ini kerap jadi objek penelitian para pecinta perut bumi. Salah satu yang paling terkenal adalah Goa AC, goa yang kerap jadi lokasi wisata minat khusus.

Pesona Gunung Kapur Ciampea Yang Penuh Daya Pikat
Dominan batuan kapur jadi spot keren, photo by @kamana_ih

Gunung Kapur Ciampea berada di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.  Dari pusat Kota Bogor ke lokasi Gunung Kapur Ciampea ini berjarak sekitar 6,7 kilometer dengan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 20 menit.  Dari Kota Bogor, arahkan kendaraan menuju Polsek Dramaga, kemudian masuk ke Jalan Raya Cibadak, ikuti jalan lalu bertemu dengan pertigaan depan Yayasan Pendidikan Pandu kemudian belok kanan menuju lokasi wisata Gunung Kapur Ciampea.(Adhit)