Sensasi Keindahan di Goa Macan dan Goa Lawa

Kedua goa ini terbentuk secara alami

Goa Lawa dan Goa Macan

Goa Macan dan Goa Lawa merupakan salah satu tempat wisata di Grobogan yang sangat terkenal. Kedua goa ini merupakan goa yang terbentuk secara alami, yang berada pada sebuah gunung batu kapur di kawasan pegunungan Kendeng, berada di wilayah terpencil.  Goa Lawa dan Goa Macan, merupakan obyek wisata yang saat ini dikelola Disporabudpar Kabupaten Grobogan. Kedua goa tersebut berada di satu lokasi dan letaknya bersebelahan. Terletak di Dusun Watusong, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, atau berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Kota Purwodadi, melalui jalan Purwodadi–Pati. Untuk sampai ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, atau mobil. Namun medan jalan menuju lokasi penuh tanjakan dan turunan, jadi perlu kehati-hatian.

Goa Lawa dan Goa Macan
Goa Lawa dan Goa Macan

Dari jalan raya sudah terlihat gapura pintu masuk obyek wisata ini namun untuk ke lokasi goa itu sendiri masih berjarak sekitar 2 kilometer  lagi. Untuk masuk ke obyek wisata, setiap orang cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu dan membayar parkir sebesar Rp 2 ribu saja untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu, untuk mobil pribadi. Banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat ini untuk menikmati keindahan Goa Macan dan Goa Lawa.

Goa Lawa dan Goa Macan
Goa Lawa dan Goa Macan

Keberadaan goa ini disebabkan dari aktivitas vulkanik dan gerakan temik yang telah berlangsung selama ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Stalaktit dan stalakmit yang dimiliki sendiri telah berusia ratusan tahun. Suasana di sekitar dua goa ini terasa sangat asri. Pepohonan dan tanamannya terlihat begitu hijau. Berpadu apik dengan udara segar khas dataran tinggi. Traveler akan merasakan asyiknya berjalan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi selama berada di kawasan ini.

Goa Lawa
Goa Lawa, photo by Wisata Grobogan

Goa Lawa

Gua Lawa adalah destinasi pertama yang bisa ditemui. Goa Lawa berada di dekat pintu masuk yang berada di sisi kanan setelah jalur menanjak. Panorama keindahan yang tercipta dalam Goa Lawa sangat mengagumkan, hampir di setiap sudutnya nampak begitu eksotis.

Area di dalam Goa Lawa terlihat sangat luas dengan daya tarik dari deretan stalaktitnya. Gua Lawa memiliki kedalaman sekitar 200 meter. Kehadiran lampu warna-warni bikin pemandangan sekitar makin menakjubkan, juga sekaligus menepis image wisata goa yang selama ini identik dengan gelap.

Goa Macan,Grobogan
Goa Macan photo by Wisata Grobogan

Gua Macan

Setelah puas mengeksplore Goa Lawa, Traveler melanjutkan perjalanannya menuju Goa Macan. Destinasi ini cukup mudah dijangkau, namun lokasinya sedikit berada di ketinggian. Traveler harus menapaki tangga untuk bisa menggapai tempat ini.

Sama seperti goa sebelumnya, tempat ini juga dihiasi deretan stalaktit indah. Bedanya hanya ruangan di dalamnya tidak terlalu luas. Gua Macan memiliki kedalaman sekitar 100 meter. Meski begitu, atmosfer di sini tetap menarik. Pantang dilewatkan, terutama bagi Traveler penggemar aktivitas susur goa.(kuniel)