Terlena Dalam Keindahan Pantai-Pantai di Palu

Palu Menyimpan Banyak Wisata Lokal yang Menakjubkan

Palu, Pantai Taipa
Palu, Pantai Taipa

Palu merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Palu terletak berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Palu menyimpan banyak wisata lokal yang menakjubkan, yang tidak kalah menarik perhatian untuk dikunjungi dan di eksplore keberadaannya.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id merangkun 3 pantai indah di Kota Palu yang siap untuk disambangi!

Palu, Pantai Tanjung Karang
Palu, Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang sesuai dengan namanya penuh dengan terumbu karang. Berada di teluk Palu, masuk dalam wilayah Kota Donggala, keindahan pantai ini menyedot para wisatawan untuk datang dan menikmatinya.

Pantai Tanjung Karang berpasir putih serta memiliki ombak yang tenang. Kekayaan akan beragam keindahan terumbu karangnya, membuat pantai ini cocok bagi pecinta diving dan snorkling, apalagi dengan airnya yang jernih, membuat keindahan alam bawah laut nampak memukau dari permukaan. Bila tidak membawa peralatan snorkeling, Traveler dapat menyewa disana dan bisa menikmati terumbu karang yang hanya berjarak sekitar satu kilo meter dari bibir pantai.

Selain itu, disediakan juga scuba diving atau perahu yang dirancang khusus untuk melihat keindahan terumbu karang. Dengan rute perahu meliputi Anchor Reef, Natural Reef, Green Wall, Irmis Block, Alex Point dan Rocky Point yang berjarak 500 meter. Hal yang akan menakjubkan adalah, Traveler akan melihat gugusan terumbu karang yang terbentuk dari reruntuhan kerangka kapal perang di kedalaman 40 meter, letaknya sekitar 2 kilometer arah selatan Tanjung Karang ke arah Pelabuhan Donggala.

Selain itu, keindahan pantai ini pun juga dapat dinikmati melalui pemandangan terbuka di Teluk Palu dan Selat Makassar, melihat kesibukan wara wiri kapal-kapal yang keluar masuk Pelabuhan Pantoloan.

Dari Kota Palu ke Tanjung Karang memiliki jarak tempuh sekitar 40 kilometer. Yah, dengan adanya jalan Trans Sulawesi yang sudah beraspal mulus, memudahkan Traveler untuk menempuh perjalanan ke kawasan Pantai Tanjung Karang ini. Pada malam hari, keindahan Tanjung Karang tak kalah megahnya. Berhiaskan kerlap kerlip lampu penerang aneka warna dari kejauhan juga sinar Mercusuar yang berada di sudut tanjung, menciptakan panorama malam semakin gemerlap.

Palu, Pantai Taipa
Palu, Pantai Taipa

Pantai Taipa

Pantai Taipa memiliki keindahan dan pesona bawah laut yang sangat menarik. Aneka terumbu karangnya yang mempesona serta kaya akan beragam ikan warna warni, jadi penghias alami alam bawah laut di pantai ini. Asyiknya lagi, Traveler sudah bisa menikmati biota bawah laut ini dengan bersnorkling atau diving dari jarak 50 meter dari bibir pantai.  Banyak spot-spot menarik yang bisa dipilih disini.

Pantai Taipa memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini pun juga asyik untuk bersantai, berleha-leha menikmati debur ombak dan angin pantai. Beberapa fasilitas penunjang sudah dibangun dan dioperasikan seperti cottage dan kolam renang.

Selain panorama pantai dan alam bawah lautnya, Traveler juga akan dimanjakan dengan pemandangan elok Gunung Gawalise, yang tampil megah nun jauh di sebarang. Suburnya alam dengan pepohonan yang menghijau seakan membentuk gradasi warna dengan birunya langit dan air laut di Taipa Beach.

Lokasi Pantai Taipa hanya 20 kilometer utara kota Palu. Butuh waktu kurang lebih 30 menit dari Bandara Mutiara Palu untuk mencapai kawasan wisata pantai ini. Untuk menuju Pantai Taipa, dari Bandara dapat menggunakan taksi, angkutan umum ataupun ojek. Tarifnya pun cukup ramah.

Palu, Pantai Talise
Palu, Pantai Talise

Pantai Talise

Pantai Talise yang hanya berjarak 2 km sebelah utara kota Palu ini, merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak didatangi wisatawan, karena aksesnya yang begitu mudah, biaya yang murah dan pemandangan yang ditawarkan di pantai ini pun cukup indah.  Pantai yang membentang dari kota Palu hingga Kabupaten Donggala ini, memang memiliki daya tarik pada panoramanya yang indah yang sangat mempesona. Di pantai ini, Traveler dapat menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan yang sangat eksotik. Selain itu, Traveler juga dapat melakukan kegiatan wisata air seperti, berenang, selancar angin (wind surfing), menyelam, memancing, dan kegiatan lainnya.

Pantai Talise terletak di Jalan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kecamatan Palu Timur, Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai Talise sendiri diambil dari sebuah kata dalam bahasa Kaili yang berarti Ketapang. Menurut masyarakat sekitar, dahulu kala banyak terdapat pohon ketapang di pantai ini. Oleh karena itu pantai ini lalu diberi nama Pantai Talise = Pantai Ketapang.

Menjelang sore hari, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan terbenamnya matahari diantara Gunung Gawalise yang letaknya tidak jauh dari pantai ini. Di malam hari pun banyak wisatawan yang sengaja mendatangi Pantai Talise ini. Di malam hari pengunjung dapat menyaksikan keindahan lampu-lampu hias yang sengaja dipasang di perahu-perahu nelayan yang bergerak-gerak di tengah teluk. Sambil menyaksikan keindahan lampu-lampu tersebut, para wisatawan juga dapat menikmati beberapa makanan khas yang ditawarkan di sepanjang pantai ini seperti pisang goreng, pisang gepe, sarabba dan jagung bakar. Disini juga banyak tempat menginap seperti hotel dan wisman.

Pantai Talise dapat dicapai dengan mudah karena lokasi pantai ini terletak di pusat Kota Palu. Dari Bandara Mutiara, Palu, Traveler dapat memilih kendaraan darat menuju Pantai Talise. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 4 km dari bandara tersebut.(Niel)