Mimpi Sam Aliano Untuk Pariwisata Indonesia

0
108

Indonesia disebut memiliki kekayaan alam yang luar biasa hingga memperpanjang daftar atraksi wisatanya. Namun, tidak sedikit wisatawan domestik yang belum bisa menyentuhnya lantaran faktor infrastruktur.

Panorama alam Indonesia sangat indah, sebagian warga negara pasti mengakuinya juga wisatawan mancanegara.  Raja Ampat, mutiara cemerlang dari Timur yang baru menjadi primadona, diimpikan kalangan wisatawan sebagai destinasi pelesirannya. Atau Pulau Komodo, Danau Kakaban, Bunaken, dan sebagainya. Sayang, kendala besar datang dari infrastruktur yang tidak memadai hingga pelesiran di dalam negeri terasa lebih mahal dibandingkan ke negeri orang.DSC00975

Presiden Direktur Samco Group, Sam Aliano, mengamininya. Dalam satu kesempatan berbagi wawasan pariwisata di kantornya. “Sampailah kita pada kesimpulan, kalau objek ini mau dibangun dan ramai orang ke situ, infrastruktur jalan dan jembatan harus bagus,”. Ditegaskan Sam, potensi pariwisata bila ingin berkembang tidak cukup dengan perasaan bangga punya wilayah yang luas dan alam yang bagus. Namun, bagaimana kebijakan tentang infrastruktur harus dikedepankan. “Sebetulnya kalau jalan dibangun, bukan hanya pariwisata yang naik, tapi juga untuk perdagangan, investasi, sampai APBD,” ujarnya.

Bersama Samco Group, Sam Aliano berhasil menorehkan beberapa prestasi bisnis dalam lingkup Nasional dan Internasional, antara lain pada tahun 2012 ia menerima penghargaan sebagai Eksportir Terbaik yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lalu pada tahun 2016 bertempat di Malaysia, ia mendapatkan penghargaan sebagai Pengusaha Terbaik di Kawasan Asia Tenggara. Apa saja cita-cita dan target Sam Aliano untuk pariwisata Indonesia? Berikut kutipan wawancara dengan Umi Kalsum, Shelo Soedarjo, dan fotografer M. Sulaiman dari Indonesia Traveler Magazine:

Apa kesibukan Anda saat ini ?

Saya saat ini sedang sibuk bisnis untuk mengembangkan dibidang pariwisata terutama resort dan saya tinggalkan semua yang berbau politik.

Apa yang membuat Anda Menetap di Indonesia?

22 tahun lalu saya masuk ke Jakarta dan melihat kesempatan bisnis bagus, dan saya semakin mencintai Indonesia karena rakyatnya ramah, selalu tersenyum dan tidak melihat saya sebagai orang asing. Kecintaan saya dengan Indonesia membuat orang tua di Turki marah dan tidak mengirimkan dana. Mimpi-mimpi saya setiap hari disini (Indonesia) dan Indonesia seperti jiwa dan roh saya. Saya tidak akan tinggalkan Indonesia sampai mati, saya putuskan seumur hidup untuk Indonesia.

Apa pesan orang tua setelah mengetahui Anda menjadi WNI?

Kamu harus benar-benar baik buat rakyat, berbuat untuk rakyat, agaDSC00967r rakyat cinta kamu. Kamu harus berhati ikhlas mencintai rakyat Indonesia, jangan sampai berbuat jahat. Fokus untuk membangun negara, kalau orang niat baik dan lurus pasti semua dunia akan terbuka.

Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis di dunia pariwisata?

Oiya itu paling penting, saya juga sedang mengembangkan resort di beberapa wilayah Indonesia. Menurut saya Indonesia sangat layak sebagai wisata No.1 di dunia bukan wisata dunia, Indonesia ini surga dunia, negara lain tidak ada seperti Indonesia. Dan saya juga ingin pariwisata Indonesia merata tidak hanya Bali, dengan begitu ekonomi merata.

Jika tertarik, bagaimana strategi Anda menggarap pasar Indonesia?

Ya..ya strategi saya itu adalah mengembangkan wisata yang bagus untuk negara ini, membuat berbeda sedikit dengan yang lain. Sebenarnya saya lihat hampir semua pelosok masyarakatnya sudah sadar wisata, serta kendala infrastruktur seharusnya pemerintah membuka jalan agar biaya perjalanan lebih murah.

Apa pesan Anda untuk dunia pariwisata di Indonesia?

Saya ingin untuk swasta maupun pemerintah perhatikan keadilan sosial wisata, saya anggap sosial wisata perlu haknya sama adil dengan daerah yang sudah maju dalam wisata.

Apa arti sukses buat seorang Sam Aliano?

Arti sukses itu sederhana, berusaha, dan jangan takut. pasti kalau niat baik akan mendapat yang baik.

Teori-teori keadilan sosial muncul ketika ketidakadilan berkembang di negara-negara barat sebagai dampak buruk dari imperialisme. Pariwisata kemudian menjadi salah satu solusi bagi keterpurukan ekonomi sehingga negara-negara tersebut dapat kembali hidup layak dan melakukan pembangunan negaranya

Perekonomian menjadi tolok ukur suatu bangsa dikatakan sejahtera ataupun tidak. Hal ini karena perekonomian sejajar dengan uang yang ada dinegara tersebut serta nilai mata uang dan pengaruhnya dalam sistem keuangan dunia.

Kesadaran ini jika dibangun dengan baik, dipahami, dan di pelajari oleh para jajaran pemerintah serta juga dibantu oleh rakyat sebagai pemberi aspirasi atas kondisi yang ada dilapangan maka akan didapatkan keadilan sosial yang tepat, kemerataan, dan harapan masyarakat akan terpenuhi dengan baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here