Where Your Diving or Snorkeling

Hanya ada tiga hal yang bisa Anda lakukan selama berada  di gugusan Kepulauan Raja Ampat, apakah itu di Mansuar, Kurkapa, Batbintem atau di atas Pinisi sekalipun yakni diving, snorkeling atau berjemur di pantai yang berpasir putih. Berikut adalah beberapa lokasi terbaik yang wajib untuk diselami atau bersnorkeling:

Sardines Reef

Sardines merupakan reef tanpa pulau yang menyembul di permukaan

Lokasi: Terletak antara Koh Island dan Mioskon

Apa yang ditemui: selain keindahan terumbu karang, juga terdapat Schooling fish (gerombolan ikan yang berenang dalam jumlah sangat besar, hingga beribu-ribu jumlahnya), seperti ikan jack fish, trevally, fusiliers (endemik di Raja Ampat  baik yang sirip kuning maupun biru), beberapa penyu, dan hiu karpet (wobegong) yang tengah tidur di atas pasir serta ikan sedot (ikan yang biasa menempel di ikan hiu). Ikan sedot ini tak lagi malu untuk mengikuti kemanapun penyelam bergerak.

Pulau Wei

Lokasi: Terletak diantara Pulau Batanta dan Mansuar

Apa yang ditemui: Di pulau kecil yang memanjang dari barat ke timur ini memiliki pasir putih dan pantainya yang landai. Juga terdapat sumur mata air tawar. Bagus untuk berjemur. Untuk menyelam di kedalaman 27 m sampai 30 m dapat menemukan bangkai mesin-mesin pembunuh sisa perang dunia II berupa pesawat terbang dan kapal. Satu diantaranya  US Army Force P-47D Thunderbolt Razorback.

Kri Island

Disebut-sebut sebagai pusat kerajaan dunia bawah air Raja Ampat.

Lokasi: 30 menit dari Pulau Waisai

Apa yang ditemui: kondisi topografi steep slope dengan terumbu karang yang cantik. Setrta gerombolan ikan kuwe, kakap, kerapu, hiu karang, napoeleon wrasse, barracuda, tuna and giant trevally.

Boleh dibilang jumlah ikan dan varietasnya sangat mengagumkan. Dr. Gerald R Allen, seorang marine biologist dan pengarang sejumlah referensi buku buku kelautan pernah meneliti di pulau Kri. Ia mencatat ada 283 jenis ikan dalam sekali penyelaman.

Friambonda

Lokasi: Berada di bagian utara Pulau Kri

Apa yang ditemui: Keanekaragaman dan keindahan coral dan aneka ikan, khususnya nudi branch putih (kelinci laut) dan beberapa ulat laut yang indah. Beberapa spot anemone yang kaya dengan anemone fish n shrimp. Serta Gugusan coral masih bisa ditemui hingga kedalaman 30m.

Fam Island

Lokasi: Berada di bagian barat Pulau Batanta

Apa yang ditemui: Spot-spot penyelaman dengan area terumbu karang, sponges dan soft coral dengan semburat warna menyolok. Menawarkan dinding karang yang indah serta keberadaan nudibranch. Airnya relatif tenang dan jernih kehijauan.

Terdapat Lagoon yang terbentuk secara alamiah di sela-sela pulau ini dengan air laut yang dangkal dan tenang berwarna cyan ditambah dengan ukiran-ukiran alam pada bebatuan karang.

Manta Point

Lokasi: Desa Arborek di antara Pulau Gam dan Pulau Mansuar..

Apa yang ditemui: Manta ray atau ikan pari manta atau hantu laut atau kelelawar raksasa dasar laut. Inilah primadonanya. ukuran tubuhnya bisa mecapai sekitar 6-7 meter dan berbobot hingga 2 ton. Bila tak bisa menyelam, jangan khawatir, Manta ray masih bisa disaksikan dengan bersnorkeling atau cukup berdiri di dermaga saja.

Transportasi: 2 jam dengan kapal cepat (Rp 100.000), 4 jam dengan kapal perintis milik Pemda (Rp 125.000) atau 5 jam dengan longboat (Rp. 300.000) dari Waisai.

Sauwandarek

Lokasi:  Kawasan Selat Dampier, Distrik Meos Mansar,

Apa yang ditemui: Berbagai jenis ikan seperti kuda laut mini (pigmy seahorse), udang mantis, blue ring octopus, ikan mandarin, kakap (schooling snapper) dan menikmati berada dekat dengan gerombolan ikan tuna dan barakuda.

Daratan bisa melakukan trekking menuju Telaga Yenauwyau dengan airnya yang asin.Transportasi: 4 jam dengan kapal dengan longboat (Rp. 300.000) dari Waisai atau 3 jam dengan speedboat (sewa Rp 5 juta/hari) dari Sorong.

The Passage

Lokasi: Tak seberapa jauh dari Waigeo.

Apa yang ditemui: Archerfish di tengah hutan bakau, berbagai jenis batu karang, kuda laut dan percula clownfish.

Teluk Mayalibit

Lokasi: Pulau Waigeo

Apa yang ditemui: Tempat pemijahan bagi ikan lema, bobara dan tenggiri, kaya akan plankton dan ebi (udang kecil) dan tempat hidup lumba-lumba putih serta berbagai macam jenis kerang, udang dan kepiting.

Teluk Kabui

Lokasi: Pulau Waigeo Selatan 30 menit dari Waisai.

Apa yang ditemui: Pulau-pulau karang terjal yang menjulang tinggi (karst), goa tengkorak dan situs sejarah Raja Ampat di Kali Raja. Snorkeling merupakan pilihan tepat untuk menikmati terumbu karang dangkal.

Misool 

Lokasi: Misool

Apa yang ditemui: Dipenuhi dengan kehidupan ikan-ikan dan binatang laut lainnya. Sejumlah gua juga dapat ditemui di daerah itu. Sekelompok ikan dan kuda laut yang hidup di kedalaman kurang dari 10 meter pun dapat dilihat jelas.

Pulau Wayag

Lokasi: Distrik Waigeo Barat

Apa yang ditemui: Pulau ini terdiri dari gugusan pulau-pulau karst terjal berbentuk seperti cendawan yang bermunculan dari dalam laut. Untuk menikmati keindahan yang menakjubkan tersebut terlebih dahulu

mendaki puncak pulau karang selama 30 menit jalan kaki. Untuk bisa mencapai puncaknya harus memanjat tebing setinggi 3 meter dengan kemiringan 90 derajat. Segala jerih payah ini akan terbayar lunas, keindahan Pulau Wayag yang tersembunyi akan terhampar dengan segala kemegahannya.,

Selesai mendaki, pengunjung dapat melakukan penyelaman. Penyu, manta ray, dan ikan kalabia adalah beberapa satwa yang bisa dinikmati. Primadonanya Kalabia yakni ikan hiu berbentuk kadal ini berjalan dengan siripnya ketika mencari makan di atas karang-karang.ikan jenis baru dari genus Hemiscylliidae selain di Raja Ampat juga ditemui di perairan laut Teluk Cenderawasih dan Teluk Triton.

Transportasi: 6-8 jam menggunakan longboat (sewa Rp. 6 juta/hari) dari Waisai atau 5 jam menggunakan speedboat (sewa Rp. 9 juta/hari) langsung dari Sorong.

WARNING: Wisatawan tanpa sertifikat menyelam, jangan harap bisa menyelam di Raja Ampat. Syarat wajib ini dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Raja Ampat bagi para pelancong yang datang.

Menginap Dimana

Kri Resort, Pulau Mansuar*

Sorindo Bay Resort, Pulau Mansuar*

(* harga silahkan cek di www.papua-diving.com)

Misol Eco Resort, Pulau Batbintem

(* harga silahkan cek di www.diverajaampat.com)

Papua Paradise Eco Resort, Birie, Pulau Batanta

(* harga silahkan cek di www.seahorseparadise.com)

Raja Ampat Dive Resort, Pulau Waiwo

(* harga silahkan cek di www.rajaampatdiveresoret.com)

DIVE OPERATOR

Grand Komodo and Dive Paradise Indonesia   www.komodoalordive.com

PinditoLiveaboard                                          www.pindito.com

PT Seven Seas CahayaUtama                        www.thesevenseas.net

The Archipelago Fleet                                    www.archipelago-fleet.com

Misool Eco Resort                                          www.misoolecoresort.com

Ondina                                                          www.smyondina.com

Kararu Dive Voyages                                      www.kararu.com

Papua Diving                                                  www.papua-diving.com

Dive Damai                                                    www.dive-damai.com

Silolona Sojourns                                           www.silolona.com

PT South Seas Indonesia                                www.thearenui.com

PT Dewi Nusantara                                         www.dewi-nusantara.com

Ocean Rover Cruises                                       www.ocean-rover.com

PT Tribal Diving / Shakti Raja Ampat               www.shakti-raja-ampat.com

Tambora Dive Cruises                                     www.tamboradive.com

PT Tiger Blue                                                  www.tigerblue.info

Anjemiwa Dive Safaris                                    www.anjemiwadivesafaris.com