Wisata Alam dan Kuliner Semarang

Semarang selalu meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun yang mengunjunginya.

Semarang merupakan salah satu destinasi favorit keluarga dalam menghabiskan waktu berlibur. Memiliki suasana yang asri khas daerah jawa, membuat Semarang selalu meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun yang mengunjunginya. Tak kalah dengan kota-kota wisata terkenal di Indonesia lainnya, Semarang juga memiliki berbagai hal menarik untuk dicoba mulai dari kuliner, wisata alam, wisata romantis bahkan wisata yang bikin bulu kuduk merinding. Yuk simak berikut ini!

Lawang Sewu

Ikoniknya kota Semarang yang terletak di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dulu terkenal dengan keangkerannya, namun sekarang Lawang Sewu yang juga dijuluki gedung 1000 pintu ini, menjadi bangunan indah peninggalan Belanda yang kaya sejarah.

Rute menuju Lawang Sewu bisa melalui jalan kaligawe dan jalan pemuda. Dari stasiun semarang poncol jarak yang harus ditempuh kurang lebih 3,5 km dengan estimasi waktu kurang lebih 14 menit. Jika memilih naik bus, traveler turun di terminal terboyo dan jarak menuju ke objek wisata kurang lebih 8 km dengan estimasi waktu 22 menit. Sementara dari bandara Ahmad Yani, jaraknya kurang lebih 6,2 km dengan estimasi waktu 15 menit.

Kota Lama

Salah satu pusat tujuan wisata kota Semarang adalah ke Kota Lama. Disuguhkan dengan pesona masa lalu yang begitu kuat. Adanya bangunan-bangunan tua serta kondisi dan suasana yang mencerminkan kejayaan masa lalu. Inilah Kota Lama Semarang. Kawasan ini masih berdiri kokoh dan menghadirkan pesona nan elok bagi siapa saja yang menikmatinya.

Disebut juga little Netherland karena bangunan-bangunan yang ada merupakan bangunan khas Eropa, baik detail ornamennya maupun bentuk secara keseluruhan. Kota Lama adalah potongan sejarah, karena dari sinilah ibukota Jawa Tengah ini berasal. Wilayah ini dibuat memusat dengan gereja Blenduk dan kantor-kantor pemerintahan sebagai pusatnya. Banyak spot-spot seru yang asyik dijadikan tempat berfoto ria.

Goa Kreo, Waduk Jatibaring

Goa Kreo merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Semarang. Goa yang terbentuk oleh alam dan terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang, sebuah bendungan yang membendung Kali Kreo, menambah keindahan dan pesona goa ini.

Berlokasi di jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Semarang hanya sekitar 13 km saja. Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dan akses jalannya pun bagus. Tetap harus hati-hati karena jalannya berbelok-belok.

Menggunakan kendaraan pribadi, pilih melalui jalur Kalibanteng melewati Jl. Abdul Rahman Saleh menuju ke Gunung Pati. Setelah melewati Jl. Abdul Rahman Saleh, akan sampai di Desa Sadeng. Nah, traveler tinggal mencari Gerbang Desa Wisata Kandri lalu terus saja mengikuti jalan hingga sampai di lokasi Goa Kreo.

Candi Gedung Songo

Candi Gedong Songo banyak dikunjungi oleh wisatawan, selain peninggalan sejarah kerajaan yang memukau namun juga menyediakan pemandangan yang begitu indah. Candi ini memiliki arti candi yang berjumlah sembilan, merupakan peninggalan sejarah Hindu yang terletak di Gunung Ungaran.

Untuk menuju kawasan Candi Gedong Songo, cukup mudah karena kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Jika Traveler berangkat dari Ambarawa, akan diperlukan waktu sekitar 40 menit ke arah Bandungan, jika dari arah barat bisa melewati Temanggung kemudian berjalan ke arah Bandungan Semarang.

Umbul Sidomukti

Semarang memiliki tempat yang nyaman dengan suguhan kolam renang alami yang berasal dari mata air pegunungan, yaitu Umbul Sidomukti. Letaknya berada tepat di bawah kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian kurang lebih 1200 mdpl. Bisa dibayangkan, bagaimana segarnya udara dan air di objek wisata ini.

Serunya berenang di Umbul Sudomukti, bisa memandang puas keindahan kaki Gunung Ungaran dengan pemandangan pepohonan yang hijau nan mengesankan. Umbul Sidomukti merupakan kolam renang tertinggi di Indonesia bahkan di asia. Makanya, jangan pernah lewatkan menikmati dinginnya mata air Gunung Ungaran ini.

Umbul sidomukti terletak di Blanten Lor, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jarak terdekat menuju ke objek wisata ini adalah terminal Bawen, sekitar 13,3 km untuk sampai di lokasi atau membutuhkan waktu 40 menit melalui jalan Jimbaran Tegalpanas.

Bisa juga memilih bus trans jateng menuju ke terminal Bawen. Jalan menuju Umbul Sidomukti yang selanjutnya diteruskan dengan menggunakan ojek atau menyewa kendaraan bermotor di sekitar terminal.

Brown Canyon Semarang

Keindahan Brown Canyon, mampu menyedot banyak pengunjung di luar dan dalam kota. Wisatawan mancanegara pun tak luput mengunjungi wisata ini. Sebenarnya, Brown Canyon bukan tempat yang sengaja dibuat sebagai tempat wisata. Merupakan proyek galian pertambangan yang telah ada lebih dari sepuluh tahun lalu. Yah, tanah urug dan batu padas kerap digali di tempat ini. Seiring waktu, tebing-tebing tersebut pun akhirnya terbentuk akibat penyesuaian alam dan proses galian yang telah dilakukan. Tebing-tebingnya pun jadi berbentuk unik dan keren.

Lokasi Brown Canyon terletak di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Wisata ini dapat dijangkau dari akses mana pun. Dapat memilih jalur Pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu, atau RSUD Klipang.

Oleh-Oleh, Makanan Khas

Lunpia, bandeng presto, kue mochi, roti ganjel rel, tahu bakso merupakan deretan makanan-makanan khas Semarang yang wajib dijadikan buah tangan alias oleh-oleh. Tak heran, jenis makanan ini banyak ditemui di seputaran Semarang. Bahkan, pembelian lewat online sangat mudah dilakukan.

Nasi Ayam, Soto

Jangan lupa menikmati sarapan pagi nasi ayam Yu Surip, yang selalu mangkal setiap pagi di Simpang Lima Semarang. Lokasi persisnya di depan Bank Jateng dekat pintu keluar Mall Matahari. Duduknya lesehan dengan bangku-bangku plastik kecil di atas tikar, namun yang antri makan disana padat merayap. Nasi ayam disajikan diatas daun pisang.

Terdiri dari nasi liwet yang disiram dengan sayur labuh nan gurih lalu ditaburi ayam suwir, dikasih tahu kulit kuah (seperti kuah opor) serta potongan telur pindang. Menu tambahgan lainnya ada sate usus, sate jeroan, sate telur puyuh, juga krupuk. Bagi penyuka rasa pedas, bisa meminta cengek alias cabe rawit bulat.

Selain nasi ayam, soto ayam juga merupakan makanan legendarisnya Semarang. Tak heran, sangat banyak resto-resto di Semarang yang menyajikan soto ayam. Salah satu resto yang cukup legendaris adalah Soto Ayam Dargo Pak Wito.

Kekhasan soto ini adalah, kuahnya yang bening yang didapat dari kaldu ayam kampung, namun menyimpan aroma sedap dari racikan bumbu rempah-rempah asli Indonesia yang khas. Satu porsi Soto Ayam Dargo Pak Wito berisi nasi, soun, kecambah atau tauge, ayam yang disuwir-suwir, daun bawang serta ditambah taburan bawang merah dan bawang putih goreng. Jangan lupa bubuhi perasan jeruk nipis dan sedikit kecap manis, menciptakan rasa yang kompleks, segar, nikmat yang luar biasa. Ditambah dengan lauk lainnya seperti sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, bakwan jagung, telur ayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya juga sentuhan crunchy kerupuk menjadi kesempurnaan dalam menyantap soto ini.(Nil)