Wisata Edukasi Solo Zoo di Kota Surakarta

Jika berkunjung ke area dunia burung, traveler akan menemukan burung kakak tua jambul kuning dengan sangat mudah

photo by satuaspal.com
photo by satuaspal.com

Wisata edukasi Dunia Binatang yang ada di kawasan Taman Satwa Taru Jurug atau biasa di sebut dengan Solo Zoo, berlokasi di Jl. Ir. Sutami No.109 Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Disini, koleksi binatang nya seru-seru. Semuanya masing-masing punya keunikan tersendiri. Kayak apa uniknya, yuk simak informasi berikut ini!

Jika berkunjung ke area dunia burung, traveler akan menemukan burung kakak tua jambul kuning dengan sangat mudah. Pasalnya burung ini biasa mendapat job tambahan untuk berfoto bersama wisatawan. Kakak tua jenis ini hampir seluruh bulunya berwarna putih. Dikepalanya terdapat jambul berwana kuning yang bisa ditegakkan dan diturunkan. Burung ini memakan aneka buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

photo by gubukkecilsangentung.net
photo by gubukkecilsangentung.net

Yang tidak kalah heboh yaitu burung satu ini, dengan postur tubuh berukuran sangat besar, bisa mencapai 110 cm. Bulunya berwarna hitam, bagian paruh berwarna kuning berpangkal merah. Burung ini biasa disebut dengan Rangkong Badak karena memiliki tanduk yang tampak melengkung ke atas seperti tanduk badak. Untuk pakannya, Rangkong Badak ini memakan buah-buahan, serangga, reptil kecil dan burung kecil lainnya.

Koleksi binatang berikutnya di Solo Zoo, yaitu lutung. Pasti sudah pernah mendengar kata Lutung kan? Sejenis binatang yang mirip dengan monyet. Lutung di Kebun Binatang Jurug ini lucu sekali lho, kebetulan belum lama induknya yang bernama Lulu baru melahirkan seekor anak yang di beri nama Untung oleh pihak Kebun Binatang. Anak lutung ini berwarna keemasan yang saat dewasa nanti bulunya akan berubah menjadi kehitaman sesuai dengan umurnya.

Kemudian, Traveler akan bertemu burung pelikan, yaitu burung yang mempunyai kantung lebar pada bagian paruhnya. Pelikan dapat terbang dalam waktu yang lama bersama dengan kawanannya. Makanan utamanya adalah ikan. Di tempat ini burung pelikan ditaruh pada kandang dengan kaca bening sehingga bisa terlihat jelas dari luar.

Penghuni Solo Zoo lainnya yang cukup menakutkan tapi penasaran untuk ditonton juga yaitu harimau, dengan ukurannya yang cukup besar. Harimau pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan belang warna hitam. Setiap belang harimau ini berbeda-beda antara satu dengan yang lain sehingga bisa berfungsi sebagai identifikasi individu, sama seperti sidik jari pada manusia. Harimau akan memakan apapun hasil buruannya seperti rusa. Keamanan di Solo Zoo sangat bagus. Terutama pada kandang untuk binatang buas dengan sistem keamanan yang lebih bagus dibanding dengan kandang binatang lainnya.

Solo Zoo juga memiliki penghuni buaya muara, dengan moncong yang cukup lebar dan tonjolan berpasangan yang saling bertemu menuju kehidung. Di sini juga ada anak buaya yang bisa diajak berfoto bersama lho!

Nah, itu merupakan beberapa binatang yang ada di Solo Zoo. Jika berkunjung ke sini patuhi peraturan yang ada untuk tidak mengganggu dan memberi makan binatang!(DT)