Yuk, Menikmati Keindahan 5 Air Terjun di Lampung

Airnya Jernih, Udaranya Segar

Air Terjun Curup Gangsa
Air Terjun Curup Gangsa

Wisata alam air terjun di Lampung sangat beragam.  Dari yang terletak di pelosok, di antara bukit berbukit maupun yang dekat perkotaan.  Indonesiatraveler.id berhasil merangkum 5 air terjun di Lampung yang memiliki keseruan sendri-sendiri.  Pastinya, asyik untuk disambangi!

Air Terjun Sukadanaham

Air Terjun Sukadanaham merupakan bagian dari aliran sungai Way Belau, yang terletak di kawasan hutan konservasi dekat perkebunan durian dan kakao.  Air terjun ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Batu Putu.  Kawasan ini selalu diramaikan oleh para Traveler pecinta alam.  Untuk mencapai dan menikmati keindahan lokasi Air Terjun Sukadanaham, Traveler harus menuruni anak tangga yang berjumlah sekitar 300 buah.

Air Terjun Sukadanaham
Air Terjun Sukadanaham

Begitu sampai di lokasi, Traveler akan melihat salah satu spot cantik berupa batu lapis.  Area ini merupakan tempat favorit.  Lokasinya tepat berada di bawah air terjun.  Dinamakan Batu Lapis, karena banyak batu-batu lebar di sepanjang aliran sungai di bawah Air Terjun Sukadanaham.

Air terjun ini dikelilingi oleh hutan lindung yang masih asri.  Sudah pasti pemandangan sekitarnya pun juga sangat menarik.  Viewnya sangat mengesankan, dengan lanscape pegunungan di satu sisi, sementara sisi lainnya terdapat kota Bandar Bampung dengan Teluk Lampung-nya.

Air Terjun Talang Ogan

Air Terjun Talang Ogan merupakan salah satu potensi wisata yang tersembunyi di Lampung.  Tepatnya berada di di Dusun Talang Ogan, Desa Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus,  Lampung.   Disebut Air Terjun Talang Ogan karena dahulu di sekitar air terjun ini terdapat talang, atau perkampungan kecil yang berada di dalam hutan, dimana masyarakatnya adalah Suku Ogan.

Air Terjun Talang Ogan
Air Terjun Talang Ogan

Pemandangan Air Terjun Talang Ogan sangat indah.  Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Serunya, air terjun ini memiliki aliran air yang sangat jernih meskipun musim hujan, juga keunikan susunan batu dan batang pohon yang membuat air mengalir jatuh dengan indahnya. Selain itu, ditepian air terjun ini tumbuh pohon bambu dan terdapat jembatan bambu. Jembatan bambu disini sengaja dibangun untuk akses jalan warga sekitar untuk ke menyeberangi sungai. Semua ini menjadi satu kesatuan panorama yang cantik.

Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu merupakan salah satu wisata alam yang asri dalam kota.  Letaknya sangat dekat sekali dari pusat Kota Bandar Lampung, dengan waktu tempuh hanya sekitar 20 menit dari jantung kota sampai ke lokasi air terjun.  Tepatnya berada di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.  Lokasi ini sangat mudah untuk diakses dari berbagai wilayah Kota Bandar Lampung.

Air Terjun Batu Putu
Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu tidak begitu tinggi dan besar, namun Traveler dapat menikmati kucuran air sambil mandi atau berendam disini. Kondisi airnya masih sangat bersih, kecuali saat hujan tiba. Pemandangan asri penuh hijau pepohonan juga mewarna sekitar air terjun ini.  Yah, pohon-pohon yang ukurannya cukup besar tumbuh bebas di lokasi ini, yang memberi kesegaran dan kesejukan udara ‘tengah kota’ ini.  Air terjun ini bisa menjadi alternatif bagi Traveler yang mencari wisata berbasis alam dekat kota.

Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan merupakan surga tersembunyi  di kaki Gunung Tanggamus.  Panorama air terjun ini sangat indah dengan format bertingkat.  Terdapat kolam alami menuju sungai kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, karena telah dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Tanggamus.

Air Terjun Way Lalaan terletak di Kampung Baru, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus. Berjarak 8 kilometer dari Kota Agung, Ibukota Kabupaten Tanggamus, atau memakan waktu 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Tumpahan air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 11 m.  Air terjun ini sudah dikenal sejak tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan Belanda, yang ditandai adanya tangga yang terbuat dari semen menuju lembah air terjun. Air Terjun Way Lalaan ini mempunyai  dua air terjun, yaitu Air Terjun Way Lalaan 1 yang terletak di atas dan Air Terjun Way Lalaan 2 yang terletak bawah.  Di kawasan ini banyak di jumpai batu-batu besar. Air terjun ini mengalir di kolam besar yang aliran airnya menuju sungai kecil.  Disini Traveler dapat berenang karena kedalaman kolam ini tidak terlalu dalam.

Air Terjun Way Lalaan
Air Terjun Way Lalaan

Curup Gangsa

Curup Gangsa merupakan air terjun yang  berlokasi di Kota Way, Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung.  Air terjun ini menyajikan panorama yang sangat menakjubkan.  Konon katanya keindahannya bagaikan surga. Dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter dan lebar 20 meter, ornamen sekitar air terjun ini dihiasi dengan bebatuan besar yang berserakan.  Sangat indah dilihat!

Bila diperhatikan, di tempat ini ada sebuah air terjun kecil yang cukup menarik dan masih dalam satu aliran sungai. Bebatuan besar menjadi pelengkap lukisan alam yang ditawarkan dari negeri Lampung ini.

Arti nama ‘Gangsa’ diambil dari sebuah seruling yang bernama Gangsa. Terbuat dari bambu dan sering dibunyikan oleh orang-orang tua zaman dahulu. Nah, bila Traveler nikmati secara seksama, bunyi tetesan air ini akan sama persis dengan lantunan seruling.  Nama Curup Gangsa ini konon diambil dari bunyi gemerincing airnya yang bagaikan suara seruling bambu gangsa.(Rafa)