Yuk,  Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina

Meski termakan usia, kastil-kastil masih menjaga keunikan dan kekhasan abad lampau

Yuk, Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina
Citadel Pocitelj, Photo by @ Insta_Galerija

Wisata kastil merupakan salah satu objek wisata yang sering menjadi tujuan wisata bagi wisatawan ketika berkunjung ke Eropa.  Kastil di negara-negara tersebut rata-rata berusia ratusan tahun dan memiliki ke-khasan yang unik.  Seperti di Bosnia dan Herzegovina, salah satu negara di Semenanjung Balkan yang juga memiliki banyak kastil.  Meski sudah termakan usia, kastil-kastil di sana masih terawat dengan baik dan asyik dieksplore keunikannya.  Yuuk, kita simak!

Bijela Tabija

Salah satu landmark Sarajevo yang paling ikonik adalah reruntuhan Bijela Tabija, dalam Bahasa Inggris yaitu White Bastion atau ‘Benteng Putih’.  Benteng ini menghadap ke kawasan tua Sarajevo dan usianya cukup tua, berasal dari pertengahan tahun 1500-an. Benteng ini Itu bertengger di tepi tebing, sehingga menciptakan pemandangan yang begitu cantik dan penuh pesona.  Traveler yang datang kesini tak pernah bosan untuk menikmati pemandangan Sarajevo yang menakjubkan ini.

Yuk, Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina
Bijela Tabija, Photo by v4nj4722007

Karena merupakan monumen nasional yang dilindungi, ada berbagai rencana untuk menjadikan benteng ini sebagai objek wisata yang layak dikunjungi.

Kastil Travnik

Travnik merupakan sebuah kota yang sangat indah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Sarajevo, dan mencakup perpaduan yang baik antara arsitektur abad pertengahan dan juga Ottoman. Kuartal tua kota, yang dulunya merupakan bagian dari benteng, adalah rumah bagi beberapa masjid dengan desain Islami yang patut dicontoh – layak untuk dilihat sebelum menjelajahi kastil. Menara pusat kastil Travnik terpelihara dengan baik.  Tempat ini merupakan museum kecil yang mencakup sejarah kota. Traveler dapat berjalan mengelilingi semua sisi area berdinding untuk mendapatkan pemandangan 360 derajat dari lanskap sekitarnya. Salah satu hal yang dapat dinikmati pengunjung adalah parit asli kastil.

Yuk, Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina
Kastil Travnik, Photo by Wikopedia

Secara umum, Travnik tidak terlalu terpengaruh oleh perang saudara yang terjadi di era tahun 1990-an lalu, sehingga sebagian besar situs bersejarahnya tetap dalam kondisi baik. Hal ini membuat Travnik dan kastil menjadi lokasi yang ideal untuk merasakan Bosnia yang sangat bersejarah ini.

Kastil Jacje

Di dalam kota benteng bersejarah Jajce adalah Kastil Jajce, dibangun sekitar abad ke-14 ketika kota itu adalah ibu kota Bosnia yang merdeka. Jajce sendiri adalah kota kecil, tetapi Kota Tuanya benar-benar indah. Sebagian besar bangunan abad pertengahan yang pernah menjadi benteng telah dipertahankan. Kastil, yang menghadap ke Kota Tua, dulunya adalah rumah bagi raja-raja lokal, dan di pintu masuk kastil, lambang mereka masih dapat dilihat. Dari kastil, pengunjung dapat menikmati pemandangan menakjubkan pegunungan hijau subur di sekitarnya, dan juga dapat melihat air terjun Jajce yang terkenal, yang terletak tepat di jantung kota. Kastil ini terbuka untuk pengunjung pada siang hari.

Kastil Bobovac

Kastil Bobovac merupakan salah satu benteng yang terjaga dan terpelihara terbaik di Bosnia dari abad pertengahan.  Bobovac adalah sebuah kastil yang dibangun di atas batu bertingkat yang curam di lereng selatan Pegunungan Dragosvke dan Mijakovske, di sekitar kota Vareš. Benteng ini dibangun pada abad ke-14 selama pemerintahan Stjepan II Kotromanic dan merupakan tempat kedudukan sebagian besar penguasa Bosnia, sampai kota itu ditaklukkan oleh orang Turki pada tahun 1463.

Yuk, Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina
Bobovac Castle

Karena lokasinya, Bobovac adalah kota berbenteng terbaik di Bosnia. Bahkan, mahkota Raja Bosnia disimpan di dalam Kastil Bobovac, juga tiga raja dimakamkan di Kapel Bobovac. Setelah penaklukan Turki, sebagian besar kastil dihancurkan. Orang Turki tinggal di sini hingga tahun 1626, ketika tempat itu ditinggalkan.

Citadel Počitelj

Citadel Počitelj merupakan sebuah benteng yang masih dihuni sampai sekarang. Benteng ini dibangun pada akhir abad ke-14, tetapi diperluas oleh Ottoman dan Hongaria sepanjang sejarahnya. Dahulu, keberadaan benteng ini sangat strategis dan sangat berperan penting, namun sejak akhir tahun 1800-an, fungsi utama benteng ini pun menghilang.

Citadel Počitelj merupakan sebuah benteng kecil, contoh desain bangunan abad pertengahan dan Ottoman. Di dalam benteng terdapat benteng yang dibangun pada abad ke-15, yang juga terpelihara dengan baik. Benteng ini termasuk salah satu benteng yang beruntung, yang masih terjaga sebagian besar arsitekturnya dari perang saudara tahun 1990-an.

Kastil Tešanj

Di seluruh Bosnia, Kastil Tešanj merupakan salah satu kastil terbesar. Kastil ini berada di atas bukit yang menghadap ke kota dan terpelihara dengan sangat baik.  Dahulu Kastil Tešanj adalah benteng Ottoman yang penting dan menampung tentara permanen. Ada bukti dari beberapa jenis benteng di situs itu sejak zaman Romawi, meskipun kastil saat ini telah berkembang terutama sejak berdirinya Tešanj pada tahun 1400-an. Dulunya Kastil Tešanj merupakan benteng Ottoman yang sangat berperan penting dan menampung tentara-tentara.

Yuk, Wisata Kastil di Bosnia dan Herzegovina
Kastil Tesanju, Photo by @moja.bih

Saat ini, kastil ini terbuka untuk pengunjung yang juga  menawarkan pemandangan lanskap sekitarnya yang luar biasa menakjubkan.

Kastil Ostrožac

Salah satu harta Gotik Bosnia adalah Kastil Ostrožac, yang terletak tinggi di tepi lembah dan menghadap ke Sungai Una. Kastil ini terletak di lokasi yang cukup strategis, yang menghubungkan bagian utara dan selatan lembah Una yang panjang.  Kastil ini memiliki lebih banyak nuansa Eropa timur daripada abad pertengahan atau Ottoman. Ini lebih baru daripada banyak kastil negara lainnya, yang dibangun pada abad ke-16. Pada awal abad ke-20 ditambahkan oleh keluarga Habsburg, dan struktur luarnya masih dalam kondisi baik dengan beberapa kelengkapan pintu dan jendela yang masih tersisa. Sayangnya, pada bagian dalam (yang terbuka untuk dijelajahi) telah benar-benar hancur.(Niel)