3 Pantai Asyik, saat di Aceh

Indonesia merupakan negara berpantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sepanjang 81.000 km. Di antaranya berada di Aceh.  Disini, anda bisa memanjakan mata melihat hamparan pasir putih dan mendengar deburan ombak…

Pantai Iboih

Iboih adalah suatu kawasan wisata pantai di daerah Sabang. Bersama dengan Gapang, Iboih merupakan daerah favorit untuk berekreasi dan melepaskan penat.

Perairan di sekeliling pulau Sabang merupakan perairan laut lepas yang diapit oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. Di sekitar pantai Iboih juga terdapat resort-resort dan restoran untuk para wisatawan yang bermalam.

Hingga saat ini Iboih merupakan tujuan wisatawan mancanegara yang paling banyak dikunjungi. Lokasi Desa lboih berada di kilometer 23 dari Kota  Sabang menuju kilometer 0 Indonesia.

Pantai ini cukup mempesona, dan mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Sebagai kawasan pantai tempat ini terkenal dengan aktivitas olah raga bawah laut. Olahraga tersebut seperti berenang, diving, dan snorkeling sambil menikmati keanekaragaman terumbu karang, ikan hias, dan ikan karang, di antaranya Angel Fish, Surgeon Fish, Parrot Fish, Ikan Napoleon, dan beragam jenis ikan lainnya. Kawasan ini juga didukung dengan sarana dan prasarana serta hutan wisata yang indah dengan kekayaan flora dan faunanya.

Pantai Lampuuk

Photo by meg_u.mi

Aceh mempunyai Pantai Lampuuk untuk menunggu matahari terbenam seperti di Bali. Di sini traveler bisa juga menikmati terik matahari di pantai berpasir putih yang begitu lembut dan berselancar di ombak laut yang biru.

Ternyata pada tahun 2004 Pantai Lampuuk ini pernah menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa tsunami. Pantai Lampuuk kala itu sempat ditutup sementara untuk wisatawan.

Namun seiring berjalannya waktu, Pantai Lampuuk telah kembali bangkit dan ramai dikunjungi oleh wisatawan kembali. Di sini traveler dapat menyaksikan indahnya golden sunset di kala senja.

Tak hanya bisa bermain air atau sekedar berfoto-foto, bagi penggemar kegiatan yang memacu adrenalin, bisa mencoba melakukan panjat tebing di Pantai Lampuuk. Alam bawah laut Pantai Lampuuk ini diketahui juga menjadi rumah bagi satwa dilindungi seperti penyu lekang dan penyu belimbing.

Pantai Lhoknga

Lhoknga adalah kawasan wisata yang cukup populer karena banyak dikunjungi oleh masyarakat dari Banda Aceh dan sekitarnya, khususnya pada akhir pekan. Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi rata-rata berkisar satu meter di tepian pantai.

Jika ingin lebih ke tengah, ombak bisa mencapai dua hingga tiga meter. Lokasi wisata yang berada 17 kilometer di sebelah barat Banda Aceh ini memiliki pantai yang berpasir putih.

Di sini ratusan wisatawan lokal dan manca negara selalu menghabiskan hari liburnya. Untuk pergi ke tempat ini traveler dapat menumpang angkutan umum.

Pesona keindahan dari pantai
ini tidak pernah hilang. Sampai sekarang obyek wisata pantai ini banyak dikunjungi bila hari libur tiba.

Pantai ini sering digunakan untuk kegiatan para pecinta surfing. Mereka yang berenang di tempat ini, khususnya wanita harus mengenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka, atau menutupi aurat. (IPG)

 

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Liburan di Filipina, Dimas Anggara-Nadine Chandrawinata Berendam di Bak Luar Ruang

Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memang suka traveling atau berpergian,...

Mengenal Tradisi Jogja yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan Jogja menjadi destinasi wisata favorit wisatawan...

Gubernur Arinal berharap ajang Puteri Indonesia dapat mengenalkan potensi wisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung...

Inilah Makanan Khas Bali yang Halal Dikonsumsi

Traveler muslim gak perlu khawatir lagi untuk wisata kuliner...

Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Melbourne, Australia

Kalau berkunjung ke Australia rasanya akan makin seru saat...
spot_imgspot_img