5 Destinasi Wisata Brunei Darussalam

Pesona luar negeri

Photo By tourasiaid
Photo By tourasiaid

Ada keasyikkan tersendiri saat berlibur ke negara tetangga, Brunei Darussalam. Wilayah kesultanan ini menyimpan destinasi wisata yang luar biasa. Ibu kota, Bandar Seri Begawan, berkilau dengan masjid-masjid megah yang kontras dengan desa air rumah panggung besar dan hutan bakau subur di dekatnya.

Menginspirasi perjalanan traveler di Brunei, terdapat tempat-tempat yang dapat dikunjungi dan hal-hal yang harus dilakukan untuk wisatawan pertama kali.

Masjid Omar Ali Saifuddien

Photo By my.wonderbird
Photo By my.wonderbird

Masjid Omar Ali Saifuddien menjulang di atas Ibu Kota Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Masjid mewah ini terkenal dan salah satu tempat ibadah paling indah di Asia Tenggara. Terletak di sepanjang Jalan McArthur, tepat di pusat Bandar Seri Begawan, Masjid Omar Ali Saifuddien benar-benar mudah dikenali berkat menara emasnya yang menjulang tinggi.

Taman Nasional Ulu Temburong

Photo By thelostromanianPhoto By thelostromanian
Photo By thelostromanian

Ulu Temburong berada di dalam ceruk-ceruk wilayah timur negara itu. Benar-benar menakjubkan bagi pecinta ekowisata dan satwa liar. Destinasi wisata ini dipuji di seluruh dunia sebagai contoh bagus konservasi yang disponsori negara. Secara keseluruhan, ini mencakup hutan hujan purba seluas 550 kilometer persegi, dan menampung burung-burung rangkong badak eksotis dan koloni siamang yang eksotis.

Pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati safari di jembatan tali yang dibangun khusus di kanopi, yang menawarkan perspektif unik di atas hutan tua.

Kuala Belait

Kuala Belait menawarkan citra Brunei pada zaman modern. Penuh sesak dan penuh dengan orang-orang bisnis yang datang dari jauh untuk mencari minyak di bawah tanah. Tempat ini terdapat hotel yang memiliki pantai sendiri. Untuk makanan, belanja, dan oleh-oleh, pastikan untuk langsung menuju Tudong Saji pasar dengan hidangan ikan dan kerajinan Asia.

Istana Nurul Iman

Photo By global_adventuress
Photo By global_adventuress

Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi dari Sultan Brunei Darussalam. Istana ini dibangun pada tahun 1984 dan terletak di bukit di tepian Sungai Brunei. Daya tariknya berada di kubah emas yang ada di istana tersebut. Dan lagi, istana ini disebut sebagai istana dengan kompleks yang paling luas dan megah di dunia.

Gerbang Istana yang memiliki arti nama cahaya iman ini, akan terbuka selama tiga hari saat perayaan hari raya Idul Fitri. Traveler bisa ke sana pada saat itu untuk menikmati betapa megahnya istana Sultan Brunei Darussalam ini.

Museum Brunei

Museum terdengar membosankan ya? Tapi jangan salah, museum Brunei ini salah satu tempat wisata yang populer. Kalau traveler ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah negara Brunei Darussalam, wajib mengunjungi tempat ini.

Traveler akan diajak melihat-lihat artefak dan barang-barang bersejarah negara ini. Tentunya tidak jauh dari sejarah kesultanan Brunei. Mulai dari alat-alat kesenian hingga peninggalan sultan Brunei terdahulu bisa diamati di sini. (IPG)