5 Destinasi Wisata Terbaik di Tebing Samosir

Mulai dari lokasi wisata tradisional, wisata alam, dan wisata kekinian sudah bisa anda temukan di sana.

Keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosirnya sudah tidak diragukan lagi. Memiliki berbagai daya tarik wisata menakjubkan. Tidak heran jika lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sumatera Utara melakukan preservasi dan pelebaran jalan untuk mempermudah akses dari Medan ke Danau Toba. Pembangunan Tol Tebing Tinggi Samosir dibuat untuk meningkatkan kemudahan akses Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi yang terhubung dengan adanya jalan tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera).
Nah, dengan kemudahan akses tersebut, Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata terbaik di Pulau Samosir berikut ini.


1. Pusuk Buhit
Pusuk Buhit sangat terkenal dengan cerita urbannya sebagai tempat kelahiran Suku Batak. Lokasi ini dipercaya penduduk sebagai tempat kelahiran Raja Batak. Pusuk Buhit merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 1980 meter di atas permukaan laut. Anda bisa mengunjungi Aek Sipitu Dai dan Batu Hobon yang berlokasi dekat dengan Pusuk Buhit.
Anda juga bisa langsung menyaksikan pemandangan Danau Toba yang indah dari Tower Tele di Pusuk Buhit. Jika mampir ke Aek Sipitu Dai, Anda akan menemukan pemandian umum yang sedikit unsur mistik. Jika lokasi Aek Sipitu Dai ramai, alternatifnya adalah pergi ke pemandian Batu Cawan yang airnya bisa langsung diminum.


2. Puncak Sidiangkat
Lokasi ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai spot foto instagramable. Ada sarang burung raksasa yang berlatar belakang keindahan alam dan pepohonan asri. Lokasi ini jauh dari polusi udara dengan panorama keindahan tanah Pakpak di Kabupaten Dairi.
Bagi yang ingin menginap, bisa menyewa kamar di Hotel Nantampuk Mas yang dikelilingi perbuktian. Rasakan hembusan udara sejuk sambil menikmati pemandangan hutan lindung yang hijau. Suasana seperti ini tentu menjadi dambaan Anda yang ingin refreshing dari hiburan yang monoton di kota-kota besar.


3. Desa Wisata Tomok
Buat Anda yang ingin lebih tertarik menikmati lokasi wisata tradisional khas Sumatera Utara, bisa berkunjung ke Desa Wisata Tomok untuk mengenal Samosir. Lokasi ini merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Samosir dari Pelabuhan Wisata Parapat. Di Desa Wisata Tomok, anda bisa melihat kawasan Kampung Batak mulai dari rumah adat, patung Sigale-gale, dan pemakaman kuno raja-raja Batak. Pada beberapa kesempatan, kedatangan wisatawan di desa ini mungkin akan disambut Tari Tor Tor dari masyarakat setempat. Pastinya seru dan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.


4. Lembah Bakkara
Lembah Bakkara merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII. Bakkara terkenal dengan Aek Sipangolu yang dikenal dengan air penyembuh segala penyakit. Lembah Bakkara yang menjadi daya tarik wisata dibelah oleh Aek Silang dan Aek Simangira yang mengaliri desa-desa dan bermuara di Danau Toba. Untuk bisa ke sana, anda bisa memilih rute Medan ke Siborong-borong, lalu ke Kecamatan Muara. Diapit oleh dua sungai, lembah ini cenderung sejuk dengan panorama wisata yang indah.


5. Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)
Pemandangan Danau Toba merupakan pemandangan alam yang jadi daya tarik utama bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Samosir. Salah satu daya tarik yang dinantikan oleh wisatawan adalah air terjun. Air terjun Turunan Bolon atau dikenal dengan Air Terjun Turbo di Desa Tomuan Holbung ini sangat indah dan asri.
Anda bisa merasakan air terjun yang jernih dan dingin dengan pemandangan tebing indah berhias pepohonan hijau yang mempesona. Namun, lokasi ke sini cukup berat sehingga kondisi kendaraan harus dipastikan prima demi keamanan, terutama saat cuaca hujan.

Jadi, buat anda yang memang berencana untuk berkunjung atau jalan jalan ke Pulau Samosir, silakan atur itinerary untuk berkunjung ke lokasi terbaik di sana. Pilih lokasi wisata terbaik untuk dinikmati bersama teman-teman atau keluarga. Mulai dari lokasi wisata tradisional, wisata alam, dan wisata kekinian sudah bisa anda temukan di sana. Selamat berwisata!!