9 Pantai Keren dan Favorit yang Siap di Serbu!

Alam Laut Me-refresh Pikiran dan Semangat

Pantai Keren dan favorit
Pantai Sawarna, Banten

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak laut dan pantai terindah yang begitu eksotis.  Memilih liburan ke pantai, salah satu cara agar kita dapat me-refresh kembali pikiran dan semangat yang sudah mulai kendor.  Yah, menikmati alam laut, mendengarkan suara gemuruh ombak, memandang lautan luas yang begitu mengagumkan, serta terlena dengan buaian angin pantai yang meninabobokan, menjadi satu moment menarik yang sangat berkesan.  Begitu banyak pilihan pantai yang seru untuk menemani liburan nanti.

Nah, berikut ini, 9 pantai keren dan favorit, siap Traveler sambangi dan nikmati keseruannya!

Pantai Tanjung Tinggi (Tanjung Tinggi Beach) – Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu objek wisata di Pulau Belitung, yang letaknya diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.   Pantai ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung, tepatnya berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai Tanjung Tinggi di Belitung

Dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.  Rute yang dilalui adalah Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang.  Meskipun rute ini lebih panjang, namun sepanjang perjalanan Traveler akan melewati banyak fasilitas umum seperti rumah makan, atm dan lainnya.  Sementara rute yang lebih singkat yaitu lewat Jl.Sudirman-Jl.Sjiuk. Dari sini akan tembus ke Jl. Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang.

Kepulauan Raja Ampat – Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian empat gugusan pulau yang saling berdekatan.  Gugusan kepulauan bak kepingan surga ini, terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Ada empat pulau besar yang terkenal di Raja Ampat, yakni Pulau Misool, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Waigeo.

Pulau Misool lokasinya paling jauh dari Sorong, namun pulau ini selalu jadi buruan wisatawan asing karena memiliki spot diving terbaik dengan ikan-ikan raksasa seperti pari manta, paus dan lainnya.  Sementara itu keseruan di Pulau Batanta, selain pemandangan pantainya yang menarik, terkenal juga dengan keindahan Air Terjun Batanta yang sangat menawan.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai-Pantai di Kepulauan Raja Ampat yang menakjubkan

Untuk mencapai ke Kepulauan Raja Ampat ini, Traveler harus naik pesawat dengan tujuan Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, kemudian perjalanan dilanjutkan melalui perjalanan laut menuju Raja Ampat. Gerbang utama kabupaten ini adalah Waisai.

Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora merupakan pantai dengan keindahan hamparan pantainya yang berpasir putih, air yang sangat jernih dan tenang tanpa ombak, serta beragam biota laut dan kekayaan terumbu karangnya. Sajian keindahan pemandangan sunrise, sunset, serta gugusan bintang menambah keindahan panorama pantai satu ini.  Biota laut di perairan sekitar Pantai Ora pun masih sangat terjaga dengan baik. Traveler dapat melihat bermacam-macam terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berenang bebas. Terumbu karang yang berada di sekitar Pantai Ora umumnya merupakan terumbu karang dengan kontur landai, disebabkan lautnya yang dangkal. Bahkan, ketika air laut sedang surut, kamu bisa melihat hamparan terumbu karang tersebut tanpa harus menyelam.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai Ora di Maluku Tengah nan eksotis

Pantai Ora terletak di ujung barat teluk Sawai, Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai yang berlokasi di ujung barat teluk Sawai ini berada di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.  Untuk mencapai lokasi pantai eksotis satu ini, Traveler harus menempuh perjalanan udara menuju Kota Ambon terlebih dahulu. Setelah sampai di Kota Ambon, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry yang tersedia di Pelabuhan Hulnara menuju pelabuhan Amahai. Perjalanan dilanjutkan lagi menuju Desa Saleman melalu jalur darat. Sesampainya di pelabuhan Desa Saleman, Traveler masih harus menempuh perjalanan dengan menaiki perahu mesin kecil selama kurang lebih 15 menit. Sebenarnya, bisa juga mengambil jalur darat dari Desa Saleman menuju ke Pantai Ora. Namun akses cukup berat, yakni harus berjalan kaki melewati tebing-tebing dan menyusuri pesisir teluk Sawai.

Pink Beach – Pulau Komodo, NTT

Pantai Pink merupakan satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna merah muda. Warna pink ini terbentuk secara alami dari serpihan karang berwarna merah muda. Karang yang hancur terhempas ombak tersebut bercampur dengan butir-butir asli warna putih pasir pesisirnya.  Saat diterpa sinar matahari dan air laut, warna merah muda semakin jelas. Biasanya fenomena ini terlihat paling jelas di musim kemarau.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai Pink di NTT yang unik dan mengesankan, Photo by @thefreedomcomplex

Selain keunikan pasirnya yang berwarna pink, pantai ini juga memiliki panorama alam mengesankan. Dari atas tebing dan perbukitan hijau yang mengelilinginya, Traveler dapat menikmati hamparan lautan lepas. Untuk sampai ke Pantai Pink, dari Pelabuhan Tanjung Luar Traveler dapat menggunakan speedboat maupun kapal motor. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam.  Jalur darat juga bisa ditempuh namun memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Rute pilihannya yaitu Jalan ByPass Bandara Internasional Lombok, Jalan Mataram–Sikur, atau Jalan Raya Sengkerang. Jalur yang ditempuh pun cukup berkelok-kelok.

Pantai Nusa Dua, Bali

Pantai Nusa Dua Bali termasuk pantai di Bali yang bagus karena masuk dalam 10 pantai paling bersih di kawasan wisata pulau dewata. Kebersihan pantai ini selalu terjaga karena di sepanjang bibir pantai ada banyak hotel bintang lima di mana banyak petugas kebersihan yang selalu membersihkan area bibir pantai.

Di Nusa Dua ini ada dua pantai yang terkenal yaitu Pantai Geger dan Pantai Mengiat Nusa Dua. Di pantai ini, gelombang ombaknya relatif kecil sehingga aman digunakan untuk berenang. Selain itu, di sini juga terdapat waterblow Bali yang banyak dikunjungi oleh kaum remaja dan muda-mudi setempat.  Pantai Nusa Dua memiliki garis pantai yang panjang dan cukup luas. Pasirnya berwarna putih cokelat muda, sangat indah berpadu dengan air laut yang biru. Bahkan jika diperhatikan, warnanya bergradasi dari biru muda hingga biru tua di tengah lautan. Ditambah lagi di pinggir pantai terdapat pepohonan yang tumbuh dengan subur, menjadi peneduh teriknya matahari.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai Nusa Dua di Bali nan romantis, Photo by @daehako

Objek wisata ini berada di BDTC Area, Jalan Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Berjarak 16 Kilometer dari kawasan wisata kuta. Bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna menawarkan keindahan panorama tepi laut dengan airnya yang berwarna biru. Wilayah bibir pantainya menebarkan pesona lembutnya pasir putih dikelilingi perbukitan hijau yang asri. Di beberapa bagiannya terdapat pantai karang yang alami dan eksotis. Banyak wisatawan menjuluki Pantai Sawarna sebagai ‘The Hidden Paradise’ atau ‘Surga yang Tersembunyi’.

Dengan cakupan wilayah wisata Sawarna cukup luas, sajian bentang alam yang menawarkan aneka pemandangan mengagumkan. Traveler dapat menikmati pantainya yang terbentang luas mulai dari di sisi barat hingga sisi timur. Mulai dari Pantai Pulo Manuk sampai ke Pantai Karang Taraje yang  menggambarkan betapa eksotisnya kawasan Pantai Sawarna ini.  Surfing, bermain pasir dan air, berenang, menikmati sunrise dan sunset, menginap dan berkemah di pantai, trekking goa, dan lainnya merupakan kegiatan yang dapat dilakukan disini.

Pantai Keren dan Favorit
Hamparan pasir di Pantai Sawarna

Laut Sawarna berhadap langsung dengan Samudera Hindia. Terkenal akan ombak yang besar dengan karakter gelombang yang cukup tinggi. Cocok sebagai wisata selancar. Gelombangnya yang cukup tinggi disertai angin kencang ideal untuk olahraga surfing. Tak salah memang jika lokasi ini menjadi favorit surfing bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Objek wisata alam pantai ini berlokasi di Jalan Raya Sawarna, Desa Sawarna, Bayah, Kebupaten Lebak, Banten. Dari Jakarta berjarak sekitar 183-234 kilometer atau sekitar 6 jam perjalanan. Traveler dapat mengambil rute jalur barat ke Malingping, lalu Bayah kemudian Sawarna. Sedangkan jalur timur melalui Pelabuhan Ratu ke Cisolok lalu Sawarna.

Pantai Benua Patra, Kalimantan Timur

Pantai Benua Patra memiliki beberapa tumpukan batu yang menyerupai pulau. Tumpukan batu ini berasal dari debu dan serpihan kapur yang sudah mengendap selama ribuan tahun. Inilah yang membuat pantai ini disebut dengan Pantai Benua, sebuah pantai yang memiliki ribuan pulau yang menyerupai benua.  Beberapa pulau yang ada hanya berupa deretan bebatuan saja.

Pantai ini juga menyuguhkan keindahan kontras dari warna pasir dan lautannya. Tampilan pasir yang putih cemerlang dan halus, membuat destinasi wisata ini sangat populer untuk semua kalangan pengunjung baik lokal maupun luar daerah. Pantai Banua Patra dulunya sering disebut dengan istilah Batu – Batu. Wilayahnya memang dipenuhi dengan bebatuan alam yang tersusun sampai membentuk pulau dipinggir pantai. Batuan yang terbentuk secara alami ini bisa dijadikan spot menarik untuk diabadikan.

Pantai Keren dan Favorit
Sunset di Pantai Banua Patra di Kalimantan Timur, Photo by @aryudesign

Pantai yang satu ini berlokasi sangat strategis, yaitu di area jantung Kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Lokasinya yang berdekatan dengan lapangan Merdeka dan Pelabuhan Semayang, mudah ditemui. Akses menuju lokasi juga mudah untuk dijangkau bagi wisatawan baik dengan kendaraan umum maupun transportasi umum.

Pantai Tunak, NTB

Dikelilingi perbukitan hijau tiada akhir dan tebing batu yang menawan, terhamparlah pantai indah dengan pasir keemasan dan air sebening kristal. Pantai yang letaknya cukup tersembunyi ini, memiliki hamparan luas pantai pasir putih yang dihempas ombak Samudera Indonesia. Pantai Tunak yang jarang diketahui orang ini terletak di Taman Nasional Gunung Tunak.  Traveler akan segera melihat betapa indahnya pemandangan di tempat ini ketika mendaki salah satu bukit di Gunung Tunak dan memandang terjalnya tebing batu yang bertemu dengan ombak Samudra Hindia yang bergulung ke pantai.

Pantai Tunak bisa dikenali melalui adanya sebuah batu yang berdiri menjulang tinggi, muncul dari lautan lepas pantai. Sungguh merupakan bentang alam tropis dan pemandangan laut yang sangat menakjubkan.

Pantai Keren dan Favorit
Pantai Tunak, Pantai Tersembunyi

Terletak sekitar 85 kilometer dari Mataram dengan tujuan utama adalah Taman Nasional Tunak. Rutenya dari Kota Mataram – Praya – Sengkol – Kuta – Desa Mertak – Tunak.

Pantai Karimunjawa, Jawa tengah

Popularitas Karimunjawa sebagai kepulauan eksotis sudah terdengar sejak dulu hingga ke mancanegara.  Kepulauan yang masuk dalam Kabupaten Jepara ini menyimpan banyak keindahan laut dan pesisir untuk dieksplorasi. Pesona Karimunjawa pun dijuluki sebagai “Karibia dari Jawa”, sehingga banyak menarik turis lokal maupun mancanegara.

Pantai Keren dan Favorit
Keindahan Pantai Karimunjawa yang terkenal dimana-mana

Kepulauan ini menyajikan air laut yang jernih, pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang cantik, hingga kawasan hutan mangrove yang memesona. Kepulauan Karimunjawa adalah lumbung bagi pantai-pantai indah dengan air yang biru dan jernih. Setiap pantai memiliki daya tarik dan pesonanya masing-masing. Wisatawan tinggal memilih pantai yang sesuai dengan selera dan keinginannya.(Rafa)