Mengenal Widiyanti Putri Wardhana & Nih Luh Puspa, Menteri Pariwisata dan Wamen Pariwisata Kabinet Merah Putih

Widiyanti Putri Wardhana menjadi salah satu sosok menteri di Kabinet Merah Putih yang mencuri perhatian. Widiyanti resmi menjadi Menteri Pariwisata di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Penunjukan Widiyanti Putri Wardhana sebagai Menteri Pariwisata periode 2024-2029 disampaikan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto, Minggu (20/10/2024) malam. Dia bersama para menteri, wakil menteri terpilih hadir di Istana Negara Jakarta.

“Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata,” kata Prabowo, dikutip dari Antara, Senin (21/10/2024).

Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Merah Putih. (Foto: Instagram)
Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Merah Putih. (Foto: Instagram)

Widiyanti akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan di bidang pariwisata. Perempuan cantik ini menggantikan posisi Sandiaga Uno. Sebelumnya disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Profil Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana merupakan sosok yang berpengaruh di dunia bisnis. Dia merupakan lulusan Pepperdine University di Malibu, California, Amerika Serikat dengan gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis (1993).

Dengan background pendidikan bisnis, dia telah memegang posisi penting di berbagai perusahaan besar. Pada rentang tahun 2007-2012, dia menjabat Komisaris PT Teladan Agro Resources. Selanjutnya, dia mengemban amanah sebagai Direktur PT Teladan Prima Agro tahun 2012, kemudian diangkat menjadi komisaris di perusahaan yang sama pada 2021.

Widiyanti Putri Wardhana

Menariknya lagi, Widiyanti merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group, sebuah perusahaan besar yang aktif di berbagai sektor, termasuk agribisnis dan pertambangan.

Selain itu, Widiyanti adalah istri dari Wishnu Wardhana yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia.

Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Merah Putih. (Foto: Instagram)
Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Merah Putih. (Foto: Instagram)

 

Widiyanti Putri mulai terjun ke dunia bisnis sejak lama, terutama di sektor agribisnis melalui PT Teladan Prima Agro (TPA). TPA bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada 2004 di Kalimantan Timur.

Di bawah pengelolaannya, TPA berkembang pesat dengan perkebunan yang tersebar di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, dan Kutai Kartanegara.

Sejak 2021, Widiyanti menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Prima Agro. Sebelumnya, dia sempat menjadi Direktur di perusahaan yang sama selama sembilan tahun, dari 2012 hingga 2021.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013, dan pernah menjadi Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 hingga 2012.

Menjabat Menteri Pariwisata, Dibantu Ni Luh Puspa

Widiyanti Putri Wardhana resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata di Kabinet Merah Putih. Untuk menjalankan tugas, Widiyanti tidak sendiri. Dia dibantu oleh Wakil Menteri Parwisata Ni Luh Puspa.

Ni Luh Puspa adalah seorang presenter televisi yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Ni Luh Puspa lahir di Buleleng, Bali, pada tahun 1986.

Nih Luh Puspa

Meski lahir di Pulau Dewata, masa kecilnya tidak sepenuhnya dihabiskan di Bali. Ketika usianya baru tiga bulan, keluarganya pindah ke Mamuju, Sulawesi, untuk merantau.

Meski begitu, Ni Luh kemudian kembali ke Bali dan dibesarkan oleh kakek-neneknya di Buleleng, sementara orangtuanya tetap tinggal di Sulawesi.

Ni Luh berasal dari keluarga yang sederhana, namun hal ini tidak menyurutkan semangatnya untuk mengejar pendidikan dan berkarier di dunia jurnalistik. Pada tahun 2010, Ni Luh memulai kariernya sebagai penyiar radio lokal di Makassar selama masa magang.

Dua tahun kemudian, ia bergabung dengan sebuah stasiun televisi lokal di Makassar dan mulai meniti karier di dunia penyiaran.

Dengan bakatnya dalam berbicara dan kemampuannya yang profesional, Ni Luh Puspa semakin dikenal di dunia jurnalistik. Pada tahun 2015, ia pindah ke Jakarta dan berhasil meraih posisi sebagai presenter berita yang semakin melambungkan namanya sebagai pembawa berita kondang di Indonesia.

Karier Ni Luh Puspa yang cemerlang di dunia jurnalistik menarik perhatian Prabowo Subianto, yang kemudian memanggilnya ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, bersama kandidat lain untuk mengisi jajaran kabinet.

Oleh : Tuty Ocktaviany

Subscribe

Related articles

Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi...

Tempat Wisata Ikonik di Timor Leste Favorit Wisatawan

Lokasinya tak jauh dari Indonesia dan berbatasan langsung dengan...

Tempat Wisata di Kuningan yang Cantik dan Hits

Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang...

Modest Fashion Festival (MFF) Hadir di Discovering the Magnificence of Indonesia 2024

Tahun ini, Discovering the Magnificence of Indonesia (DMI) 2024...

Menembus Pasar Global: Visi dan Misi Discovering the Magnificence of Indonesia 2024

Discovering the Magnificence of Indonesia (DMI) memiliki visi untuk...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here