Alam Dongeng di Crystalline Turquoise Lake di Jiuzhaigou, China

Airnya Berkilau Seperti Kristal dan Sangat Bening

Crystalline Turquoise Lake di Jiuzhaigou
Crystalline Turquoise Lake di Jiuzhaigou

Yuk, menikmati keindahan alam bak di negeri dongeng yang ada di salah satu sudut negara China! Tahu kan, negara China merupakan negara yang penduduknya paling padat di dunia.  Namun siapa sangka, negara ini memiliki surga tersembunyi, yaitu Crystalline Turquoise Lake, sebuah danau yang begitu indah dan keberadaannya masih sangat alami, dengan airnya yang begitu jernih.  Danau ini memiliki air yang berkilau seperti kristal dan membuatnya menjadi sebuah cermin alam yang luar biasa indahnya.  Untuk menjaga kejernihan airnya, wisatawan dilarang menjamah apalagi berenang dalam jernihnya air danau ini.

Crystalline Turquoise Lake di Jiuzhaigou
Crystalline Turquoise Lake di Jiuzhaigou saat salju turun

Uniknya, banyak batang-batang pohon yang telah jatuh di dalam danau, yang hal ini memang sengaja dibiarkan sehingga panorama alam bawah air danau tampak sangat indah dan menarik.  Yah, karena airnya yang sangat jernih ini, Traveler pun dapat melihat jelas dasar danau yang bagian dasarnya tidak terlalu dalam. Batang-batang pohon yang telah jatuh di danau ini membuat pola berselang-seling seperti di tempat tidur.

Crystalline Turquoise Lake atau sebutannya Danau Pirus Kristal, terletak tepat di dalam Taman Nasional Jiuzhaigou, taman nan indah alami yang berlokasi dalam sebuah lembah yang terletak di antara Pegunungan Min, yang berdiri di sisi Dataran Tinggi Tibet pada ketinggian 2.000 hingga 4.000 meter. Disebut juga Lembah Jiuzhai, lembah ini sangat menakjubkan karena memiliki banyak spot-spot keindahan dan keseruan yang sayang dilewatkan begitu saja.

Taman Nasional Jiuzhaigou
Nuorilang Waterfall dalam Taman Nasional Jiuzhaigou

Taman Nasional Jiuzhaigou adalah jaringan lembah di provinsi Sichuan di China. Taman ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki segudang spot keindahan dan keseruan.  Seperti, di Lembah Shuzheng utara terdapat Air Terjun Nuorilang, air terjun yang  mengalir beberapa lapisan, mengalir dari tepi danau besar yang dikelilingi pepohonan. Nuorilang Waterfall memiliki lebar 320 meter dan merupakan air terjun dataran tinggi terluas di China.   Disini juga ada Biara Zharu, merupakan tempat pemujaan desa-desa di taman Tibet. Di posisi selatan, tampak pegunungan Lembah Rize ditutupi dengan hutan kuno. Dan yang tak kalah menariknya serta jadi daya tarik utama taman ini adalah, keindahan yang sangat menakjubkan dari Crystalline Turquoise Lake, dengan pohon-pohon tumbangnya yang tersebar di dasar danau yang terlihat sangat mencolok. Karena keindahan semua ini maka pada tahun 1992, UNESCO mengubah tempat itu menjadi situs Warisan Dunia, yang kemudian pada tahun 1997 menjadi Cagar Biosfer Dunia.

Taman Nasional Jiuzhaighou berada di distrik Jiuzhaigou sekitar 450 KM sebelah utara Chengdu, ibukota provinsi Sichuan. Ada 3 cara untuk menggapai Jiuzhaigou. Pertama, melalui penerbangan dari Chengdu yang hanya menempuh waktu sekitar 40 menit. Kedua, dengan kereta api yang dapat menghabiskan waktu sampai 2 jam. Dan yang ketiga, Traveler dapat mengambil perjalanan melalui bus yang menempuh waktu sekitar 9 jam.

Crystalline Turquoise Lake
Danau Lima Bunga Cina sebutan lain dari Crystalline Turquoise Lake

Jiuzhaigou dalam bahasa Cina artinya ‘Lembah Sembilan Desa’.  Keberadaan taman ini makin didatangi banyak wisatawan karena terkenal dengan The Crystalline Turquoise Lake.  Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Lima Bunga Cina. Karena banyak warna yang dihasilkan danau ini, seperti biru kehijauan, biru, hijau, kuning, dan sebagainya membuat danau kristal ini menjadi sangat indah.  Berfoto dengan berlatar panorama keindahan danau ini, membuat Traveler serasa berada di negeri dongeng. Pastinya, destinasi ini wajib Traveler tambahkan di bucket list liburan nanti, yah!(Niel)