Bukit Fatukopa, Objek Wisata Keren di NTT

Alam Bukit Fatukopa merupakan bukit batu kapur dengan hiasan vegetasi khas hutan tropis

Bukit Fatukopa, Objek Wisata Keren di NTT
Memandang Keindahan Bukit Fatukopa dari dalam tenda, Photo by @fajrilputra

Objek – objek wisata di Nusa Tenggara Timur memang menakjubkan! Sebut saja Labuan Bajo, Pulau Sumba, Gunung Kalimutu dan Taman Nasional Komodo yang keindahannya terkenal sampai ke mancanegara. Dan, satu lagi yang makin populer yaitu Bukit Fatukopa, objek wisata yang disebut sebut menyerupai bahtera Nabi Nuh.

Bukit Fatukopa terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan.  Kawasan ini memiliki keindahan panorama alamnya begitu menakjubkan, terutama saat menjelang sunset dan saat sunrise.  Pancaran sinar matahari senja di bukit ini begitu eksotis, sangat mengagumkan.  begitu juga ketika mentari mulai menampakkan wajahnya di pagi hari, suasana alam pun begitu cantik.

Bukit Fatukopa, Objek Wisata Keren di NTT
Bukit Fatukopa, disebut sebagai bahtera Nabi Nuh

Keunikan bukit ini yaitu memiliki batu yang menyerupai kapal. Inilah yang menjadi pesona keindahan yang terpancarkan dari Bukit Fatukopa ini, sisi bentuknya yang menyerupai bahtera sebuah kapal. Bahkan banyak orang meyakini bukit ini sebagai bahtera kapalnya Nabi Nuh, meskipun belum ada penelitian ilmiah terkait hal tersebut.   Untuk mencapai lokasi Bukit Fatukopa sangat sulit dilalui, karena bukit ini memiliki akses jalan yang cukup terjal dan tertutup oleh banyak pepohonan.  Terutama menuju puncak gunungnya. Dan jika Traveler ingin mengunjungi Bukit Fatukopa, terlebih dahulu harus meminta izin dari ketua adat.  Bahkan, orang yang diperkenankan untuk mencapai puncaknya, hanyalah kepala adat, atau kepala suku. Diharapkan Traveler yang memang ingin pergi kesana, benar-benar mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh adat istiadat disana.  Namun demikian, wisatawan yang datang tetap bisa menikmati keindahan bukit ini, meski dari jarak sedikit jauh.

Bukit Fatukopa, Objek Wisata Keren di NTT
Hamparan Rumput, spot terbaik untuk menikmati alam di Fatukopa, Photo by @ katrinmercy

Alam Bukit Fatukopa merupakan bukit batu kapur dengan hiasan vegetasi khas hutan tropis.  Suasana bukit ini memang masih sangat alami dan asri, karena masih jarang terjamah. Masyarakat setempat masih menganggap bukit ini merupakan bukit keramat, selain Gunung Mutis, karena legenda yang dipercayai oleh mereka.  Nama Fatukopa mengambil dari bahasa Suku Dawan yang artinya Batu Kapal.  Suku Dawan adalah salah-satu suku terbesar di Pulau Timor, suku ini juga mempunyai tradisi untuk selalu menjaga dan melestarikan alam.  Yah, Bukit Fatukopa adalah salah satu tempat berpetualang, yang menjadi rekomendasi terbaik bagi para pecinta alam.

Untuk menikmati keindahan Bukit Fatukopa, Traveler dapat memanfaatkan seberang bukit, yaitu hamparan rumput hijau.  Kawasan ini dipisahkan oleh sebuah jurang dan belum dibuat pembatas.  Disinilah spot terbaik untuk berfoto dan menikmati panorama unik ini.  Bahkan hamparan rumput hijau ini juga sering dimanfaatkan untuk aktifitas kemping.

Bukit Fatukopa, Objek Wisata Keren di NTT
Panorma memukau di sekeliling Bukit Fatukopa

Lokasi Bukit Fatukopa berada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Dari Kota So’e ke Fatukopa berjarak sekitar 57 kilometer.  Traveler dapat berkunjung ke bukit ini dengan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.(Rafa)