Curug Kembang Soka, Keindahan Tersembunyi di Kulon Progo

Airnya yang deras, segar berbalut panorama indah alam sekitar.

foto by touryogyakarta.com

Ada baiknya traveler sempatkan menghirup udara segar pedesaan untuk menjajal wisata Air Terjun Kembang Soka, yang berada di wilayah Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Airnya yang deras, segar berbalut panorama indah alam sekitar, dan pastinya, sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

foto by limakakiDOTcom

Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Melewati jalanan aspal yang naik turun di daerah Pegunungan Kulon Progo, lalu melewati jalan bebatuan, dan traveler harus menuruni tangga batu dan bambu yang cukup licin. Jika traveler berkunjung saat musim hujan, beberapa lumpur licin juga akan menyambut traveler, untuk itu sebaiknya memakai sepatu keds agar tak mudah tergelincir.

Tapi, begitu sampai di lokasi tujuan, dijamin wajah gembira langsung tersirat. Terbayangkan nikmatnya bermain air di Air Terjun Kembang Soka ini. Tak hanya 1 air terjun yang bisa dinikmati, ada 3 air terjun sekaligus dalam tempat wisata yang sama. Air terjun pertama hanya diperuntukkan untuk berfoto, karena bebatuan di bawahnya tidak memungkinkan untuk di pijak. Sedangkan 2 air terjun lain yang cukup deras dapat digunakan sepuas-puasnya untuk mandi dan bermain air.

foto by jalantraveler.blogspot

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Kembang Soka lantaran dahulu di kawasan air terjun ini banyak sekali pohon soka tumbuh disini. Tak heran, masyarakat sekitar pun akhirnya menamai destinasi ini sesuai keadaanya, banyak pohon soka lalu dinamailah Air Terjun Kembang Soka.

Kondisi secara keseluruhan memang masih alami, namun fasilitas penunjang lainnya cukup lengkap seperti toilet, musholla, dan beberapa warung makan.  Hal ini demi menjamin pengunjung yang datang untuk merasa nyaman berwisata kesini.(DT)