Denyut Romantis di Kota Bunga

Balutan khas kota Venesia di Italia cukup kental terasa ketika kami memasuki kawasan ini. Sungai dan bangunan di design persis dengan kawasan Venesia. Setidaknya, di akhir pekan ini cantumkan dalam agenda jalan-jalan Anda untuk mengunjungi Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara di Cianjur.

Sesuai dengan namanya, Little Venice menawarkan wisata air bergaya ala Kota Venesia seperti di negara asalnya Italia. Naik perahu di Little Venice sangat terasa sekali suasana ala Venesia, karena perahu yang disediakan adalah perahu gondola, alat transportasi air khasnya kota Italia tersebut. Disamping itu bangunan yang mengitari danau tersebut juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya di Venesia sana, sehingga Anda benar-benar merasakan Venesia ala Kota Bunga, Cipanas. Perjalanan dengan perahu gondola dengan menyusuri lorong-lorong, kolong jembatan betul-betul sangat menyenangkan.

Little Venice yang dibangun sejak tahun 2001 ini, tak hanya menghadirkan budaya Eropa. Banyak juga sentuhan budaya dari negara lain, seperti patung singa Singapura, gerbang kemakmuran China dan lain-lain. Kalau naik perahu Missisipi kita hanya diajak berputar mengitari danau selama dua kali dan tidak melewati lorong-lorong karena ukuran perahunya yang lumayan besar.

Selain Little Venice, Kota Bunga Cipanas juga menyediakan arena permainan untuk anak-anak, yaitu Arena Fantasi. Kesan ala koboi terasa sekali ketika masuk ke Arena Fantasi. Selain sejumlah bangunan ala koboi berderet. Ada patung indian sekaligus penjaranya juga.

Acara santai dengan keluarga semakin mantap dengan mengunjungi Taman Bunga Nusantara yang jaraknya tak sampai 1 km dari Kota Bunga, tepatnya di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas.
Di sini bisa disaksikan berbagai jenis bunga, baik bunga lokal maupun luar negeri. Berbagai kreasi taman dibentuk sehingga bisa menjadi tempat permainan bagi anak-anak dan orangtua. Sebut saja Taman Labirin, sebuah taman berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong.

Taman Bunga Nusantara ini memiliki luas keseluruhan 35 hektar. Wow, luas banget! Tenang saja, taman ini menyediakan garden tram (bus wara-wiri) dan dotto train (kereta) yang mengelilingi area taman.

Kita dapat turun di titik-titik tertentu dan menikmati indahnya taman dengan lebih leluasa. Ada banyak suasana taman yang ditawarkan di Taman Bunga Nusantara ini, yakni Topiari Merak, Taman Air, Taman Mediterania, Taman Bali, Air Mancur Musical, Taman Jepang, Taman Amerika, Rumah Kaca, Danau Angsa, Alam Imajinasi, dan masih banyak lagi.
Bisa dibayangkan bagaimana indah dan serunya suasana di taman ini kan? Area seluas 23 hektar digunakan untuk taman bunga, sedangkan sisanya dibangun untuk taman bermain, restoran, penginapan, dan tempat pembibitan.

Yang paling membuat terkesan ialah Taman Labyrinth (Maze Garden). Tidak semata memanjakan mata kita untuk memandang indahnya pemandangan dan mencium aroma bunga yang ada, di sini kita dapat menguji kemampuan kita untuk memecahkan misteri sebuah jalan yang tak berujung di taman yang memiliki luas satu hektar ini. Seru banget!
Bagi kita yang berhasil memecahkan misteri tersebut, maka kita akan melihat indahnya panorama yang terdapat di tengah taman. Agar tidak tersesat, kita dibekali dengan denah taman.