Destinas Bukit Kaba Bagi Pecinta Wisata Mendaki

Bukit Kaba memiliki delapan kawah gunung berapi dan lima di antaranya tertutup rapat oleh hutan.

Photo By Wikimedia
Photo By Wikimedia

Bukit Kaba atau suka juga disebut Gunung Kaba, terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Bukit dengan ketinggian 1.937 mdpl ini, masuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kawasan ini digunakan sebagai salah satu area untuk perlindungan Bunga Rafflesia Arnoldi untuk mengatasi populasinya yang semakin lama semakin berkurang.

Bukit Kaba memiliki delapan kawah gunung berapi dan lima di antaranya tertutup rapat oleh hutan. Di bukit ini, traveler akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Untuk menikmati keindahan kawah Bukit Kaba, traveler harus berjalan kaki menaiki 307 anak tangga. Dari ketinggian, traveler bisa melihat panorama perbukitan dan delapan kawah gunung berapi yang sangat mengesankan.

Photo By Tripzilla
Photo By Tripzilla

Yah, untuk traveler yang punya hobi mendaki, Bukit Kaba merupakan salah satu destinasi di Bengkulu yang tidak boleh dilewatkan. Bukit Kaba masuk dalam salah satu daftar wisata Bengkulu yang cukup diminati wisatawan, terutama bagi mereka yang hobi trekking dan hiking, karena perjalanan disini tidak terlalu terjal alias ramah bagi para pendaki gunung pemula.

Kawah bukit yang berwarna biru juga menjadi tempat foto favorit bagi para wisatawan yang berkunjung. Traveler juga bisa mengabadikan pemandangan indah saat matahari terbenam dari puncak bukit. Bukit Kaba berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km dari Kota Curup, atau sekitar 90 kilometer dari pusat kota. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, untuk mencapai tempat ini.(DT)