Dunia Keindahan di Nihi Sumba

Menjadi Destinasi Wisata Impian

Nihi Sumba
Nihiwatu Resort yang Menakjubkan

Laut dan pantai yang indah dan menawan, merupakan obat pikiran suntuk dan badan lelah, sehingga dapat mengembalikan kesegaran pikiran dan tubuh.  Indonesia memiliki kekayaan keindahan akan laut dan pantainya.  Siapa pun yang datang kesini, dijamin rasa suntuk dan lelah yang menggunung, akan segera sirna.  Yah, laut dan pantai Indonesia benar-benar menjanjikan keteduhan sejati.  Seperti di Nihi Sumba di Nusa Tenggara Timur, salah satu tempat di Indonesia yang dapat menjadi tujuan untuk menikmati liburan yang menakjubkan.

Nihi Sumba
Pantai Nihiwatu dengan segala keindahannya

Dunia luar mengenalnya dengan sebutan Nihi Sumba Island, yang menyajikan banyak resort eksklusive terbaik di dunia.  Tak heran, beberapa artis mancanegara pun pernah singgah, menghabiskan waktu liburan mereka disini, sebut saja Christian Bale dan Chris Hemsworth, Jennifer Lawrence dan Cookie Maroney, juga David Bechkam dan lainnya.

Nihi Sumba memang selalu menjadi destinasi wisata impian yang kerap menyajikan pemandangan indah sekaligus suasana liburan yang nyaman, seru, mengasyikkan bahkan suasana alamnya sangat menunjang dan menciptakan bulan madu yang romantis. Selain menikmati keindahan alam, ada berbagai kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini, yang membuat Traveler enggan meninggalkan Nihi Sumba ini.

Nihi Sumba
Danau Weekuri, salah satu wisata di Nihi Sumba

Berbagai aktivitas yang asyik dilakukan di sekitar Nihi Sumba, di antaranya adalah aktivitas di darat, laut, kuliner, budaya, perjalanan dan kesehatan tubuh. Beberapa paket petualangan di darat yang tersedia, termasuk Wanukaka River Adventure, Sumba Expedition, Nihioka Spa Safar, Blue Waterfall Trek, Rice Island Trek and Brunch, Lamboya Highlands Trek  dan Nihioka Trek and Breakfast.

Begitu juga saat menggalang keseruan di Laut Sumba, dengan sederet aktifitas yang menggiurkan. Nihi Sumba dikelilingi dengan laut dengan ombak yang tenang, yang cocok untuk berselancar.  Sumba merupakan area yang mengasyikkan untuk berselancar. Traveler pun akan termanjakan menikmati alam lautnya. Surfing, kitesurfing, snorkeling, hydrofoiling, fishing and spearfishing, swimming with horses, boat cruise  dan survival apnea.

Nihi Sumba
Mencari Ketenangan di Salah Satu Sudut di Nihiwatu Resort, Photo @Nihi

Karena kawasan ini dikelilingi pohon yang rimbun, sehingga udara di sekitarnya pun sangat segar, pas sekali  untuk melakukan yoga. Selain itu, Traveler juga dapat menikmati spa khas lokal yang disediakan dengan menggunakan biji kakao.  Nah, bicara soal biji kakao (coklat), jangan lupa sempatkan pula mengunjungi pabrik coklat, karena Resort Nihi Sumba juga memiliki pabrik cokelat yang memproduksi berbagai jenis permen cokelat.  Ini merupakan hasil kebun lokal.

Juga tak kalah asyiknya saat menikmati keindahan Danau Weekuri yang letaknya tidak jauh dari resor Nihi Sumba. Danau yang eksotis ini memiliki air jernih yang berwarna biru muda. Traveler dapat sekedar bersantai menikmati pemandangan danau ini, atau berenang menikmati kesegaran airnya.

Dan ada satu kegiatan unik yang banyak digemari terutama wisatawan mancanegara, yaitu berkunjung ke desa di Sumba sambil melakukan aktifitas sosial lainnya.  Semua kegiatan yang dijalankan ini disediakan resor dan Traveler dapat menikmatinya di kawasan yang  penuh privasi tanpa ada gangguan wisatawan dari luar resor.

Untuk menuju tempat ini, Traveler dapat menggunakan moda transportasi pesawat dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali ke Bandara Tambolaka, Sumba. Atau yang dari Jakarta yaitu dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Tambolaka via Kupang atau dari Surabaya menuju Tambolaka juga via Kupang.

Nihi Sumba
Berselancar di Laut Sumba, Photo @Nihi

Sementara itu, perjalanan dari Bandara Tambolaka menuju resor membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Selama perjalanan ini, Traveler sudah mulai dimanjakan dengan suguhan pemandangan indah alam Sumba.  Perjalanan dimulai dari permukaan laut dan mendaki hingga pegunungan Rijewa di ketinggian 500 meter.  Bahkan, pemandangan spektakuler dari puncak ke langit yang terbingkai hijaunya perkebunan jati dan mahoni serta hutan gugur Sumba yang lebat.  Kondisi jalan yang cukup terbentang ke Waikabubak lalu melewati pemukiman tradisional, indah suara gemiricik air terjun Sewah serta alam asri yang terbentuk dari kanvas hijau yang subur keberadaan sawah yang terstruktur, hingga lembah sungai dan hutan lebat yang akhirnya mengarah ke Samudera Hindia.  Sungguh pemandangan nan elok yang sangat menakjubkan dan meresap di hati!

Begitu sampai di Nihiwatu Resort, salah satu resor yang favorit dan popular disana, Traveler akan diberikan banyak pilihan kamar unik khas tradisional sumba, dengan konsep rumah pohon dan furniture bertema laut di setiap sudut ruangannya, serta ruangan mewah bernuansa pemandangan alam liar dengan panorama eksotis.  Kebanyakan menggunakan bahan dasar bambu serta banyak ruangan beratap terbuka yang langsung menghadap pantai pasir putih, dengan hamparan laut biru yang membentang luas dan indah.

Nihi Sumba pernah dinobatkan menjadi hotel terbaik nomor satu di dunia versi majalah Travel and Leisure beberapa tahun lalu.  Resort indah satu ini memiliki para pekerja yang andal dengan  pelayanan terbaik, serta ditunjang dengan suguhan pemandangan alam sekitarnya yang menakjubkan, membuat semua tamu yang datang terpana.

Nihi Sumba
Rombongan Kuda, salah satu spot yang indah dipandang, Photo by@Nihi

Tamu pun dimanjakan dengan fasilitas mewah lainnya seperti spa, berkuda, kolam renang ditempat bersantai, pusat kebugaran yoga dan meditasi yang sangat nyaman, serta aktivitas kuliner di mana pengunjung bisa belajar miksologi sampai kuliner khas Indonesia.  Dan yang tak kalah asyiknya yaitu kegiatan sosial seperti turut andil membantu  layanan pendidikan dan kesehatan bagi warga lokal pulau dan masih banyak lagi.

Yah, keindahan pesona pulau Sumba secara umum memang sangat memikat para wisatawan baik lokal maupun turis asing. Traveler tidak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk menikmati destinasi eksotis ala cita rasa internasional yang bergengsi ini, karena disini tak kalah mengagumkan dengan pemandangan luar negeri yang menarik nan indah.  Nihi Sumba sudah menyajikan resort ekslusif terbaik di dunia.(Puteri)