Eksotisme Pantai Padang, Selalu Melekat di Hati

Tumbuh beraneka warna bunga-bunga.

photo by Lydia

Pantai Padang, memang jadi salah satu destinasi wisata yang wajib didatangi saat anda berwisata ke Bukittinggi. Pantainya sangat cantik dan indah, tumbuh beraneka warna bunga-bunga yang memang sengaja dirawat untuk menambah kecantikan panorama sekitar pantai.  Pantai Padang saat ini memang jadi salah satu konsentrasi pemerintah daerah untuk selalu berbenah dan memperbaiki semua fasilitas di pantai ini.

photo by Lydia

Masyarakat setempat lebih asyik menyebut Pantai Padang  dengan sebutan ‘Taplau” alias Tapi Lauik yang artinya pinggir laut.  Objek wisata yang memanjang di sisi barat ibukota Provinsi Sumatera Barat ini, hampir tiap hari ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar. Dengan kondisi sekitar pantai yang tertata rapi ini, para pelancong pun semakin nyaman, semakin leluasa dan dimanjakan dalam menikmati keindahan panorama Pantai Padang ini, serta merasakan hangatnya pecahan ombak saat menyentuh bibir pantai.  Angin semilir yang menerpa wajah.

Saat sunset, itulah momen dimana puncak keindahan panorama sore Pantai Padang menjelma menjadi sajian utama yang indah yang harus disaksikan.  Yah, menyaksikan sang surya perlahan-lahan tenggelam, seakan-akan tertelan dalam lautan lepas.  Pancaran warna senja yang semakin temaram, menambah eksotis suasana.  Senja di Pantai Padang menjadikan pengalaman yang sangat mengesankan.

photo by Lydia

Selain keindahan lanskap panorama matahari tenggelam, Pantai Padang juga memiliki bukit dibagian kirinya. Bukit yang menjorok ke arah laut ini sering disebut masyarakat sebagai Gunung Padang.

Selain dimanjakan oleh panorama keindahan alamnya, kulinernya pun  wajib dinikmati.  Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak.  Terutama di sisi utara Pantai Padang, terdapat barisan kios-kios yang khusus dibangun untuk para pedagang yang menjajakan berbagai macam barang atau jasa. Kafe, pakaian hingga cenderamata. Sementara, dibelakangnya danau cimpago menawarkan pemandangan yang juga tak kalah menarik.  Perlu diperhatikan, ketika anda memasuki tempat makan, terlebih dahulu menanyakan harga makanan tersebut. Untuk menjaga-jaga harga yang ditawarkan sesuai dengan yang anda perkirakan.  Karena ada sebagian kebiasaan pedagang kalau pembelinya para wisatawan harganya suka dinaikkan.

Untuk parkir, anda tak perlu mengkhawatirkan karena sudah tersedia area parkir yang luas dan terkelola dengan baik.  Pantai Padang yang berada di dekat Ramayana Plaza Andalas, Pasar Raya Padang dan Jembatan Siti Nurbaya ini,  juga sering dijadikan arena atau lokasi untuk acara-acara besar seperti event wisata tahunan Kota Padang, acara festival Siti Nurbaya dan beberapa kali dilewati untuk rute Tour de Singkarak.