Gardens by the Bay, Futuristic Garden

Gardens By The Bay bukan hanya sekedar tempat wisata, merupakan bukti bahwa teknologi dan infrastruktur di Singapura super canggih.

photo by Garden by the Bay
photo by Garden by the Bay

Gardens By The Bay merupakan taman luas yang memiliki koleksi lebih dari satu juta tanaman yang menjadi sebuah oase kesejukan di tengah kepadatan pusat kota Singapura. Berlokasi di tepi Marina Bay Waterfront di pusat Singapura, Gardens by the Bay adalah suaka bagi para pencinta alam dan juga para pencinta dunia hortikultura.

Gardens By The Bay bukan hanya sekedar tempat wisata, merupakan bukti bahwa teknologi dan infrastruktur di Singapura super canggih. Di buka pada bulan Juni 2012, Gardens By The Bay memiliki lebih dari 150.000 tanaman yang tumbuh di 18 pohon baja dengan tinggi antara 25 – 50 meter. Tak heran kalau Garden By The Bay Singapore ini mendapatkan banyak sekali penghargaan dan yang paling bergengsi adalah, Guinnes World Record untuk kategori “Rumah Kaca Terbesar” juga merupakan salah satu dari 10 Taman Terbaik Dunia.

Berikut daftar yang wajib dilihat dan dilakukan di Gardens by the Bay :

Flower Dome

photo by Garden by the Bay

Flower Dome yang terletak di Bay South Gardens ini merupakan sebuah konsevatori dalam ruangan yang menempati area seluas 1,2 hektar. Kecantikan alam yang tercipta disini benar-benar menarik perhatian para pengunjung. Area ini menaungi berbagai tumbuhan dan bunga dari lima benua, dari pepohonan zaitun berusia ribuan tahun hingga bunga magnolia dan anggrek. Suhu dalam ruangan ini benar-benar sangat terjaga, sehingga nyaman untuk dijelajahi. Sungguh merupakan keindahan yang sangat spektakuler yang dikemas dalam surga flora di Flower Dome.

Cloud Forest

photo by Garden by the Bayphoto by Garden by the Bay

Begitu memasuki konservatori Cloud Forest, hembusan hawa dingin langsung dirasa. Hawa dingin ini berasal dari arah air terjun yang tingginya 35 meter. Kekaguman pun langsung merebak. Cloud Forest memiliki air terjun buatan yang menjulang tinggi.

Di sini, Traveler juga akan menemukan skyway, merupakan sebuah jembatan yang mengelilingi tiang besar. Melalui Skyway, Traveler bisa dengan leluasa melihat pemandangan indah di luar sekitar Gardens By The Bay serta pemandangan di dalam ruangan. Bagi yang takut ketinggian, pengalaman ini akan menjadi deg-degan yang luar biasa dirasakan. Serunya lagi, pada jam-jam tertentu kubah ini diberi efek kabut sehingga seolah-olah sedang berada di hutan yang penuh kabut.

Pada umumnya, spot-spot wisata di Gardens By The Bay Singapore dapat diakses secara gratis, namun untuk mengunjungi Flower Dome dan Cloud Forest, ada tarif tersendiri yang harus dibayar lagi. Biasanya, tarif warga lokal beda dengan tarif wisatawan di luar Singapura.

Super Tree

photo by Garden by the Bay

Traveler pasti akan menyukai SuperTree yang unik ini, taman vertikal setinggi 25 – 50 meter ini terbuat dari baja besi yang kokoh dengan desain yang indah. Struktur tersebut mempermudah tanaman-tanaman untuk merambat sehingga membentuk pohon raksasa yang menakjubkan.
Luas area Super Tree sekitar 101 hektar. Kurang lebih separuh dari lahannya dipenuhi oleh taman botanikal yang menjadi bagian dari National Parks Board’s Gardens by the Bay Project ini. Dengan didesain secara horisontal dan vertikal, taman ini dipenuhi dengan jutaan flora langka terbaik serta flora yang masuk dalam daftar konservasi. Sungguh menciptakan taman indah yang mengagumkan. Konon biaya yang dibutuhkan untuk membangun taman ini mencapai kisaran 1 juta miliar dolar Singapura.

OCBC Skywalk

photo by Indonesiatraveler.id

OCBC Skywalk merupakan jembatan penghubung dari beberapa supertree. Pemandangan yang sangat menakjubkan akan dirasakan dari atas OCBC Skywalk. Dan bayangkan, Traveler akan merasakan seolah-olah berjalan di atas langit. Yah, karena Skywalk ini tepat berada di atas pohon raksasa buatan. Wahana yang memiliki ketinggian kurang lebih 22 meter dan panjang 128 meter ini, benar-benar menguji adrenalin kita.

Keseruan lainnya yang bisa dilakukan disini adalah mengabadikannya lewat foto. Sambil merasakan dan menikmati indahnya pemandangan, hasil photonya pun akan terlihat keren. Jika cuaca cerah, lanskap kota Singapura dengan gedung-gedung, bianglala raksasa, dan Singapore Flyer-nya akan terlihat dengan sangat jelas.
Wahana ini buka mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Jika Traveler malas berpanas-panasan dan ingin mendapatkan pemandangan sejuk yang menakjubkan penuh warna warni lampu, sangat dianjurkan untuk datang setelah jam 6 sore. Dijamin Traveler akan terpukau!

Jangan lupa juga mampir ke taman-taman tematik lainnya yang keren dan cantik-cantik, seperti, Indian Garden, Chinese Garden, Malay Garden, dan Sun Pavillion yang heboh dengan tanaman kaktus raksasa-nya. Juga ada Heritage Gardens, tempatnya belajar sejarah dan budaya Singapura. Jangan lewatkan area The Canyon yang dipenuhi koleksi batu pahatan. Selain tanaman, Gardens by the Bay juga dipenuhi dengan aneka patung yang tersebar di seluruh area taman.
Setelah semua destinasi keindahan di Gardens By The Bay dinikmati, akhirilah kunjungan ini dengan menyaksikan matahari terbenam di Bay East Garden. Taman terbuka nan hijau, di tepi perairan nan cantik yang akan memanjakan Traveler dengan pemandangan bebas halangan melihat keindahan cakrawala Singapura. Yah, sungguh asyik ke Gardens by the Bay, tempat mekarnya berjuta keindahan!
Rute perjalanan menuju Gardens by the Bay :

  • Jika naik MRT dari jalur Downtown Line atau Circle Line, turun di Stasiun Bay Front (CE1/DT16) langsung ambil Exit B dan ikuti underground way. Setelah keluar lalu menyeberangi DragonFly Bridge dan masuk ke area Garden By The Bay.
  • Jika naik MRT dari jalur East West Line, turun di Stasiun Tanjong Pagar (EW15) langsung ambil Exit C. Lalu jalan ke Halte Bus 03223 yang ada di International Plaza, Anson Road setelah itu naik bus no.400, turun di bus stop no.03371 yang ada di depat Marina Garden
    Drive.
  • Dari Marina Bay Sands, bisa berjalan menyeberangi Lions Bridge yang ada di lantai 6 (buka pukul 08.00 – 23.00) lalu langsung menyambung ke DragonFly Bridge dan bisa langsung masuk ke area Garden By The Bay.
  • Dengan berjalan kaki dari Helix Bridge menuju The Art Science Museum. Ikuti jalan setapak yang mengarah ke bawah East Coast Parkway (ECP), maka akan tiba di Bay South Garden. (Berbagai Sumber/Nil)