Geblek Menoreh View, Angkringan yang Kekinian

Sajian Kulinernya Lezat Berpadu Pemandangan Hamparan Sawah

Geblek Menoreh View
Sambil Menyantap Hidangan, Panorama Keindahan Sawah di Depan Mata, Photo @geblekmenorehview

Nama Geblek Menoreh View makin tak asing lagi bagi pemburu kuliner.  Keberadaannya makin viral karena selain sajian makannya yang menggugah selera, tempat ini juga memanjakan pengunjung dengan panorama alamnya yang indah dan mempesona.

Geblek Menoreh View merupakan angkringan yang  menawarkan pemandangan hamparan sawah yang membentang dikelilingi bukit-bukit.  Sejauh-jauh mata menandang, kesegaran alami langsung terpancar indah, sajian penuh pesona alam pedesaan sesungguhnya.  Inilah yang membedakan Geblek Menoreh View dengan angkringan lainnya, yang tidak semata hanya menyajikan makanan saja, tapi suasana nan asri yang menyejukkan, yang membuat siapa pun yang makan disini betah berlama-lama.

Geblek Menoreh View
Hamparan Tempat Makan Angkringan Kekinian, Photo by @geblekmenorehview

Sajian pemandangan yang indah inilah, yang menjadi daya tarik utama Geblek Menoreh View.  Tak heran, pengunjung yang datang pun bukan semata untuk menyantap hidangan makanan yang tersaji disini, mereka selalu menyempatkan untuk dapat mengabadikan di setiap sudut keindahan kawasan ini.  Selain diburu untuk tempat berfoto, Geblek Menoreh View juga menawarkan fasilitas penyewaan sepeda. Dengan mengeluarkan kocek sejumlah Rp 15.000, Traveler dapat berkeliling di jalanan yang kanan dan kirinya hamparan sawah nan hijau menyegarkan, sambil menghirup udara segar menyejukkan.

Geblek Menoreh View merupakan angkringan yang kekinian.  Tempat ini berlokasi di kawasan Pamonosutan, Kembang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Salah satu sajian utama angkringan ini adalah  ‘geblek’, yang merupakan ikon makanan Kulon Progo. Geblek adalah makanan yang memakai bahan dasar tepung tapioka dan bumbu bawang. Setelah tercampur, adonan geblek pun digoreng sampai matang.

Geblek Menoreh View
Sajian Hidangan Khas Angkringan

Selain geblek, Traveler juga dapat mencicipi kelezatan kuliner khas angkringan pada umumnya, yaitu nasi kucing, aneka satai seperti telor puyuh, ati, ampela, paru, usus dan lainnya, serta aneka gorengan.

Lokasi angkringan ini berada dalam satu kawasan dengan Pronosutan View yang juga menawarkan panorama alam hamparan sawah.  Traveler yang berkunjung ke Yogyakarta, dapat dengan mudah menemukan  Geblek Menoreh View ini.  Akses menuju angkringan ini, Traveler dapat memulainya dari Tugu Pal Putih atau Tugu Jogya yang menjadi ikon Yogyakarta.

Jarak Geblek Menoreh View dari Tugu Pal Putih sekitar 18,7 kilometer dengan memakan waktu tempuh sekitar satu jam dengan kecepatan santai. Dari Tugu Pal Putih, ikuti saja jalan utama ke arah barat.  Begitu sampai di perempatan Ring Road Barat, posisi kendaraan tetap lurus ke arah barat.  Nanti akan melewati  Pusak Kecamatan Godean, lalu Traveler juga akan melewati Jembatan Ngapak yang membentang di atas Sungai Progo. Di sebelah barat jembatan ada perempatan lampu merah, namanya Perempatan Nanggulan. Dari sini masih lurus terus ke arah barat, nanti ketemu Pasar Kenteng. Setelah pasar, belok kanan (jalanannya agak menyempit) ke arah utara. Setelah itu, perjalanan sudah sampai di kawasan Geblek Menoreh View.

Geblek Menoreh View
Hamparan Sawah yang Dikelilingi Bukit-Bukit, Photo by @geblekmenorehview

Geblek Menoreh View beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.  Dan selama masa pandemi, angkringan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, Traveler diwajibkan mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.(Rafa)