Goa Hantu Teluk Kabui, Pulau Waigeo

Menurut Mitos Masyarakat Setempat bahwa Goa Hantu ini Merupakan Tempat Tinggal Hantu Lautan

Goa Hantu Teluk Kabui

Namanya memang Goa Hantu. Dari namanya, siapapun langsung membayangkan sesuatu yang menyeramkan. Goa Hantu yang berada di perairan Teluk Kabui di Pulai Waigeo ini, memang menyimpan cerita misteri.

Namun siapa sangka, dari namanya yang membuat bulu kuduk merinding serta menyimpan cerita misterius ini, malah justru banyak mendatangkan wisatawan untuk menikmati goa ini. Para wisatawan banyak terpana dengan keindahan karang-karangnya yang membentuk labirin raksasa.

Goa Hantu Teluk Kabui
Goa Hantu Teluk Kabui

Goa Hantu terletak tersembunyi di balik gugusan pulau-pulau karst. Goa Hantu yang berada dalam wilayah Teluk Kabui ini, konon menurut mitos masyarakat setempat bahwa Goa Hantu ini merupakan tempat tinggal hantu lautan. Dan menurut kepercayaan mereka pula, hantu lautan ini menyerupai bentuk seperti gurita raksasa.

Gurita ini biasanya suka menyerang kapal nelayan hingga menyebabkan kapal hancur.  Sayangnya, tidak ada seorang pun yang bisa mendokumentasikan wujud dari gurita raksasa ini. Sampai saat ini, sosok gurita raksasa ini dianggap mirip hantu, karena masih menjadi misteri. Itulah mengapa tempat ini disebut sebagai Goa Hantu.

Goa Hantu Teluk Kabui
Goa Hantu Teluk Kabui

Lepas dari itu, keindahan Teluk Kabui Raja Ampat ini benar-benar menakjubkan. Di teluk ini Traveler dimanjakan dengan berbagai keindahan puluhan pulau karang, juga panorama bawah laut yang mengagumkan serta gua-gua yang mistis.

Goa Hantu Teluk Kabui
Goa Hantu Teluk Kabui

Wisata Teluk Kabui di Raja Ampat, menang kalah populer dibandingkan wisata Pulau Wayag atau wisata Piyanemo. Namun, bagi yang sudah menjajal wisata Teluk Kabui, rasa kagum dan terpesonanya tak henti-henti dirasa, dan mengatakan bahwa Teluk Kabui ini merupakan miniatur dari Pulau Wayag, karena memiliki keindahan yang pantas disandingkan dengan pulau tersebut.

Lokasi Teluk Kabui terletak di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam. Traveler dapat mencapai teluk ini dari pelabuhan Waisai, yang merupakan ibukota dari Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.(Niel)