Gua Krubera, Gua Paling Dalam di Bumi

Menjadi salah satu tempat yang populer untuk ekspedisi

Gua Krubera, photo by ForFun

Gua Krubera yang juga dikenal dengan nama gua Voronja merupakan gua terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 2.000 meter. Gua ini terletak di Georgia, Republik Abkhazia yang ditemukan pada tahun 1960 oleh Alexander Kruber. Ia sendiri merupakan ahli geografi dan sekaligus penjelajah pertama untuk menyusuri tempat itu.

Gua Voronja berarti gua gagak dalam bahasa Rusia. Diberi nama gua gagak karena sejumlah gagak bersarang di pintu masuk gua. Krubera menjadi satu-satunya gua yang melampaui batas kedalaman. Pendekatan terhadap kedalaman gua menggunakan tali, melalui jalur air yang mengalir melalui gua. Massif Arabika, merupakan rumah dari Gua Krubera, yaitu salah satu dari gunung tinggi dari kapur karst terbesar di Caucasus Barat.  Gua ini selalu dieksplorasi oleh para penjelajah gua, untuk mengetahui kondisi gua, sistem air bawah tanah, pengembangan geologi, dan iklim kuno yang ada di bumi.

Gua Krubera, photo by Gus1ThegoDotCom
Gua Krubera, photo by Gus1ThegoDotCom

Gua Krubera ini memiliki dua cabang, satu diukur memiliki kedalaman 1.300 meter dan yang satunya lagi memiliki lereng lebih kecil dengan kedalaman 2.197 meter. Merupakan gua paling dalam di bumi, tersembunyi di daerah pegunungan yang sangat terpencil.

Gua Krubera dinyatakan sebagai gua terdalam di dunia pada tahun 2001 ketika speleogolist Ukraina mencapai kedalaman 1710m, sehingga melampaui juara yang sebelumnya yang berada di Pegunungan Alpen Austria. Pada kedalaman 1500m, air terjun bawah tanah dari air yang hampir membeku telah membanjiri cabang sistem gua, sementara cabang utama berlanjut hingga kedalaman 2140m, di mana sifon terminal menandai ujung gua.

Gua Krubera, photo by Reddit
Gua Krubera, photo by Reddit

Speleogolist Ukraina membutuhkan waktu 14 hari untuk mencapai siphon di ujung gua. Sejumlah fauna endemik telah ditemukan di semua tingkat kedalaman di dalam gua, termasuk laba-laba, kalajengking, kumbang, serta stygofauna seperti udang dan amphipoda.

Sebenarnya Gua Krubera merupakan sistem gua yang terdiri dari sumur-sumur vertikal yang saling terhubung. Pintu masuknya relatif sempit, namun semakin dalam gua akan semakin lebar. Telah banyak penjelajah yang mengeksplorasi gua Krubera. Hingga saat ini Gua Krubera menjadi salah satu tempat yang populer untuk ekspedisi. Gua Krubera terletak sekitar 2.256 m diatas permukaan laut di Lembah Ortobalagan, yang memiliki bentuk sempurna, melalui glasial dari sub-Caucasia.

Gua Krubera, photo by Super Adventure
Gua Krubera, photo by Super Adventure

Meski demikian, penjelajah dari berbagai negara turun ke gua Krubera dari waktu ke waktu. Kebanyakan dari mereka ingin menetapkan rekor kedalaman atau mencari tahu apakah gua bisa lebih dalam daripada yang diketahui.

Pendekatan terhadap kedalaman ekstrim dari gua itu dicapai, dengan menggunakan tali, melalui kompleks jalur ditentukan berdasarkan air mengalir melalui gua. Beberapa dari tim ekspedisi harus menyelam melalui air dingin (Dua derajat Celsius) dalam rangka mencapai bagian terdalam dari gua.

Kedalaman gua Krubera terus berubah, dan semakin dalam. Kemungkinan dalam waktu dekat, gua paling dalam di dunia ini kembali akan memecahkan rekornya sendiri sebagi gua terdalam sejagad. Krubera atau yang juga dikenal dengan nama Voronya memang bukan gua terpanjang di dunia.(Niel)