Gunung – Gunung Favorit di Indonesia

Memberikan kesejukan dan kesegaran alam Indonesia

Gunung Prau
Gunung Prau

Mendapat julukan Volcano Country, Indonesia, dengan memiliki banyak gunung-gunung yang menjulang tinggi dan sebagian besar gunung berapi tersebut masih sangat aktif, memiliki keindahan panorama alam pegunungan yang sangat cantik. Kehadiran gunung-gunung inilah, yang memberi sejuk dan kesegaran alam Indonesia. Banyak Traveler yang berdestinasi wisata ke gunung-gunung. Dari sekian banyak gunung yang ada Indonesia, beberapa diantaranya merupakan tujuan favorite para pendaki. Sebabnya, gunung-gunung tersebut memiliki pemandangan spektakuler yang hanya bisa kita nikmati saat kita mendakinya.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id menghimpun gunung-gunung favorit yang kerap didatangi para wisatawan. Apa saja, yuk simak!

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, NTB

Selain tersohor dengan keindahan pantainya, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat juga memiliki  sebuah gunung yang sudah tersohor keindahannya, terutama dikalangan para pendaki gunung, yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani disebut – sebut sebagai tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara.

Dengan ketinggian 3.726 meter, gunung terindah di Indonesia ini juga merupakan gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari padang savana yang ditumbuhi bunga edelweiss, Danau Segara Anak, dan yang menjadi tujuan utama dari para pendaki adalah, menikmati pemandangan matahari terbit yang cantik dan tiada duanya. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung ini sekitar 7 sampai 10 jam. Dengan medan perjalanan yang beraneka ragam, Gunung Rinjani selalu menjanjikan kerinduan untuk datang dan datang lagi bagi semua pendaki yang pernah hadir disini.

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Semeru, Jawa Timur

Tderletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, dengan ketinggian 3.676 meter, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Panorama nya nan indah sangat terkenal diseluruh pecinta wisata alam.

Gunung Semeru memiliki sebuah danau yang juga merupakan salah satu danau terindah di Indonesia, yaitu Danau Ranu Kumbolo. Di danau ini juga merupakan tempat peristirahatan dan markas para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan hingga puncak Semeru. Di hadapan Ranu Kumbolo terdapat sebuah jalan menanjak yang dikenal sebagai Tanjakan Cinta. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, pendaki yang bisa melalui tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang walau hanya satu kali, kisah cintanya akan abadi.

Perjalanan menuju puncak juga disuguhi dengan pemandangan padang savana Oro – oro Ombo yang penuh dengan bunga lavender, lengkap dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti pemandangan khas pegunungan di Eropa. Sungguh sangat menakjubkan!

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu berada di empat wilayah berbeda, Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Gunung ini pun mudah diakses dari berbagai penjuru. Daya tarik Gunung Bromo ini terkenal dengan sunrise nya selalu merindukan. Pemandangan sunrise di gunung terindah di Indonesia ini sudah terkenal sampai ke segala penjuru dunia. Tak heran banyak pelancong asing yang kebanyakan berasal dari China, Thailand, dan Eropa turut berpetualang ke Gunung Bromo ini.

Selain menikmati pemandangan matahari terbit, kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah mendaki gunung untuk melihat kawah Bromo yang memiliki diameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur. Jangan lupa untuk menikmati kesenduan lautan pasir yang penuh daya pikat. Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, sebaiknya pergilah ke Bukit Teletubbies dan padang savana. Traveler akan disuguhkan panorama pemandangan yang sangat mengagumkan!

Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu, NTT

Di Puncak Gunung Kelimutu terdapat tiga buah danau yang terkenal dengan nama Danau Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, air di ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda. Nama ketiga danau tersebut adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan warna air biru, Tiwu Ata Polo dengan warna air merah, dan Tiwu Ata Mbupu dengan air berwarna putih.

Gunung Kelimutu merupakan gunung aktif yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, di Pulau Flores NTT. Nama Kelimutu berasal dari kata “keli” yang artinya gunung dan “mutu” yang artinya mendidih. Masyarakat sekitar percaya bahwa gunung ini adalah gunung suci yang selalu memberikan kesuburan pada tanah di sekitarnya. Karena memiliki tanah yang subur, Gunung Kelimutu dikelilingi hutan dengan flora khas pegunungan seperti pinus, casuarinas, dan kayu merah.

Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tepatnya di antara Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat. Gunung Gede memiliki banyak tempat – tempat menarik yang dapat dikunjungi. Ada Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, Alun – alun Suryakencana, dan Puncak Gunung Gede. Salah satu tempat yang paling indah dan menjadi tempat wisata favorit para pendaki di Gunung Gede adalah Alun – alun Suryakencana. Alun – alun Suryakencana merupakan padang savana seluas 50 hektar yang terletak pada ketinggian 2.750 meter. Disini merupakan padang yang ditumbuhi oleh bunga Edelweiss. Bunga edelweis disini sangat dilindungi, sehingga bagi Traveler yang melanggar aturan ini, akan terkena sangsi yang cukup berat jika melanggarnya.

Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen berlokasi di antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Letaknya berdampingan dengan Gunung Merapi. Ketinggian Gunung Ijen adalah 2.443 meter, dan memiliki trekking yang tidak terlalu sulit untuk menuju puncaknya. Gunung Ijen terkenal dengan keindahan kawahnya yang tiada duanya.

Kawah Ijen merupakan danau air asam terbesar di dunia. Birunya Kawah Ijen menambah keindahan alam sekitarnya. Keindahan kawah Ijen akan makismal dinikmati ketika Traveler memutuskan untuk berkemah disini. Yah, hal luar biasa akan terjadi sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari, dimana fenomena blue fire akan mewarnai kawasan Kawah Ijen.  Hal ini tidak akan ditemui di pegunungan manapun.

Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau juga merupakan gunung favorit bagi para pendaki gunung karena keindahannya yang sangat menakjubkan. Puncak Gunung Prau merupakan spot terbaik se-Asia Tenggara untuk menikmati keindahan matahari terbit. Gunung Prau masuk dalam Kawasan Dataran Tinggi Dieng dan berada pada ketinggian 2.565 meter.

Puncaknya yang relatif pendek dengan jalur pendakian yang relatif mudah bila dibanding dengan gunung lainnya membuat gunung ini menjadi gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Dari puncak Gunung Prau, Travelr dapat menikmati pemandangan serba cantik di antaranya hamparan keindahan bukit teletubbies dan bunga yang sangat menawan. Tak hanya itu, Traveler juga dapat menyaksikan keindahan jajaran Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Slamet.

Gunung Kerinci, Sumatera

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera dan merupakan gunung berapi yang paling tinggi di Indonesia. Gunung Kerinci berlokasi di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Sumatera Barat dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Di gunung ini juga merupakan tempat perlingdungan habitat harimau dan badak Sumatera oleh pemerintah.

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 meter, dan pada puncaknya akan dapat menikmati pemandangan keseluruhan Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu, lengkap dengan birunya Samudera Hindia. Serupa dengan Gunung Ijen, gunung ini juga memiliki kawah luas dengan air berwarna hijau kebiruan yang sangat indah.(Kuniel)