Kampung Bubur, Tempat Wisata Unik di Blitar

Tempat wisata dengan konsep dasar tempat makan bubur ayam.

photo by bukalapak
photo by bukalapak

Kampung Bubur Kademangan adalah nama dari tempat yang dikelola oleh Pak Nur Amin dan istri. Berawal dari usaha berjualan bubur bayi, pasangan ini mulai mengembangkan tempat wisata berdasarkan latar belakang usaha dan menjadikan konsep Bubur sebagai tema tempat wisatanya. Berlokasi di Dusun Gulungan Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, tempat ini perlahan namun pasti mulai banyak dikenal oleh masyarakat Blitar. Instansi pemerintah cukup sering mengadakan acara outbound dan pelatihan ditempat ini.

Bangunan depan tampak megah dengan pilar-pilar besar nan kokoh, sapuan cat lukis pada dinding yang luas menampilkan ikon beberapa negara. Melewati lorong kecil menuju tempat tiket masuk, traveler akan mendapati ruang belanja sebagai oleh-oleh dan buah tangan. Setelah lorong, tepatnya disebelah kanan, tersedia kantin yang sekaligus berfungsi sebagai pelayanan tiket masuk, berhadapan dengan kantin adalah area edukasi untuk anak-anak yang ingin belajar melukis.

photo by bukalapak
photo by bukalapak

Tempat wisata dengan konsep dasar tempat makan bubur ayam. Sambil menikmati spot keindahan disini, traveler pun dapat menikmati kelezatan bubur ayamnya. Harga untuk satu porsi bubur hanya Rp5.000. Menikmati sajian bubur di meja yang disusun berderet akan menyebabkan suasana yang cukup merasa nyaman dengan candaan beberapa anak kecil yang bermain di kolam renang di kanan kiri.

Beberapa spot menarik telah disiapkan oleh pengelola mulai dari adu ketangkasan memanjat serta spot-spot foto yang cukup menarik untuk selfie ataupun swafoto. Jika kurang menantang, traveler bisa juga mencoba flyingfox serta panahan yang masing-masing harus membayar biaya sebesar Rp10.000. Khusus panahan, pengelola siap memberikan pelatihan hingga traveler benar-benar bisa memainkannya.

Beberapa tempat unik dibangun dan difungsikan dengan baik, seperti area ganti yang berbentuk rumah kincir hingga bangunan berbentuk segitiga. Beberapa bangunan untuk istirahat juga tersedia. Terdapat juga beberapa hammock di bawah rimbunan pohon sengon yang menyejukkan.

Area Kampung Bubur Kademangan sebenarnya tidak terlalu luas namun cukup mengakomodasi semua kebutuhan outbound serta edukasi. Dengan rasa sajian bubur yang tidak mengecewakan, tempat ini memang cocok bagi keluarga dan instansi dalam melakukan kegiatan disatu tempat yang nyaman.(DT)