Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati

Dimanjakan dengan Hamparan Pasir Pantainya nan Lembut

Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati
Hamparan pasir putihnya nan indah, Photo by @auliyazi

Alam Indonesia begitu indah dan banyak objek – objek wisata yang tersebar. Sebagian besar wilayahnya adalah perairan, sehingga destinasi wisata baharinya pun sangat banyak.  Salah satu yang memiliki kekayaan wisata bahari adalah provinsi Sulawesi Tenggara, yang memiliki banyak sekali wisata bahari dengan pemandangan yang sangat indah, terutama di Pulau Muna, yang terletak di jazirah ujung pulau Sulawesi Tenggara.  Pulau Muna memang menyimpan banyak pesona keindahan panorama alamnya yang menakjubkan dan memikat hati, salah satunya adalah Pantai Walengkabola, yang daya pikatnya masih  belum diketahui banyak wisatawan.

Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati
Barfisan pohon kelapa yang memberi kesejukan sekitar pantai, Photo by @wm.melin12

Keindahan pasir putih Pantai Walengkabola yang berpadu dengan cantiknya warna air laut yang biru, membuat siapapun yang datang melihat akan takjub, tersihir dengan kecantikan pantai ini.  Belum lagi di sekitar Pantai Walengkabola juga terdapat jejeran pohon kelapa, berdiri tegap menyambut para wisatawan. Adanya pohon-pohon kelapa ini memberikan kesejukan serta menambah eksotisme pantai yang begitu memukau ini.

Pasir pantainya yang menyajikan keunikan tersendiri, dengan tekstur halus yang begitu lembut dan nyaman, menjadi salah satu pendukung cantiknya Pantai Walengkabola.  Pantai landainya ini pun pas dan nyaman untuk melakukan berbagai aktifitas pantai yang seru dan mengasyikkan. Hanya sekedar berbaring santai di atas pasir pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar, atau bermain bola, atau bermain pasir dan banyak kegiatan seru lainnya yang siap menyita waktu.

Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati
Sudut lain yang asyik di Pantai Walengkabola, Photo by @yuni_samosir12

Pantai ini telah menyimpan sejuta keindahan yang mampu memanjakan para penikmat pantai.  Sebenarnya, keindahan Pantai Walengkabola tidak asing lagi bagi masyarakat Muna dan Buton, bahkan pantai ini telah menjadi favorit objek wisata masyarakat lokal.   Pantai yang terletak di Jalan Tanjung, Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara ini, yang tepatnya terletak pada sisi bagian timur Kepulauan Muna ini, terlihat begitu eksotis dengan bentangan pasir pantai putihnya sepanjang 1 kilometer dari bibir pantai.  Karena letaknya juga di antara Selat Buton yang menghubungkan Pulau Muna dengan Pulau Butin, hal ini menjadi jalur penyeberangan kapal-kapal, terutama menyeberang dari Kota baubau menuju Kota Raha dan Kota Kendari.

Selain wisata pantai yang dapat dieksplore keindahannya ini, sekitar Pantai Walengkabola juga menyimpan keindahan alam lainnya yang tak kalah seru untuk disambangi.  Terdapat goa yang begitu cantik dan menarik serta eksotisnya Danau Moko, danau yang terbentuk alami dengan pesona airnya yang berwarna biru muda nan jernih.  Traveler yang melihat keindahan danau ini, pasti langsung jatuh hati dan tak kuat untuk segera menceburkan diri menikmati kesegaran dan jernihnya air Danau Moko ini.

Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati
Danau Moko dengan keindahan airnya yang biru langit nan jernih

Begitu juga dengan keberadaan goa-goa yang berada di sekitar Pantai Walengkabola, turut menjadi daya tarik tersendiri. Goa-goa sekitar pantai ini terbentuk secara alami oleh abrasi ombak serta terbentuk secara sendiri. Uniknya, meskipun jaraknya dekat sekali dengan laut, tapi goa ini mengeluarkan air tawar yang menjadi sumber air bagi warga.  Tak heran, jika Traveler mendatangi Pantai Walengkabola sekaligus mengeksplore goa-goa disini, masyarakat lokal akan siap menghantar, menjadi guide,  menjelajahi goa karena pada dasarnya mereka sudah terbiasa mengambil air goa, untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

Akses  untuk mencapai lokasi Pantai Walengkabola tidak terlalu memakan waktu panjang.  Jika Traveler memulai perjalanan dari Kota Raha, untuk sampai ke Pantai Walengkabola akan menempuh jarak sekitar 72 kilometer yang siap menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.   Jalan-jalan yang akan dilalui yaitu Jalan Sultan Syahrir lurus ke selatan, sampai menemukan kota kecil yaitu Kota Tombula. Dari Kota Tombula ini, Traveler masih harus lurus ke selatan mengikuti jalan raya utama.  Ketika bertemu dengan pertigaan yang menuju arah Jalan Tanjung, pilih belok kiri ke arah Jalan Tanjung.  Ikuti terus sampai bertemu dengan Pantai Walengkabola.

Keindahan Alam Pantai Walengkabola Yang Memikat Hati
Sunset nan eksotis, Photo by @ilyas.hamzah

Sementara itu, jika Traveler datang dari arah Kota Baubau, masih harus menggunakan kapal penyeberangan dari Baubau menuju Pulau Muna. Kapal yang ditumpangi ini akan melewati Pantai Walengkabola.

Nah, kapan lagi Traveler dapat menikmati sekaligus keindahan alam yang meliputi pasir putih, goa alam, air yang jernih, Danau Moko, serta bukit-bukit kecil di sekitar lokasi, kalau bukan di Pantai Walengkabola, Pulau Muna ini!(Puteri)