Kembali di Buka Farm House dan Floating Market di New Normal

Banyak terdapat spot-spot indah yang bisa kita nikmati

Bandung, Floating Market

Siapa yang tidak kenal Farm House dan Floating Market, dua tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang terletak di daerah Lembang, Jawa Barat ini. Sejak pertengahan Maret 2020 lalu, kedua tempat wisata ini termasuk dalam 33 tempat wisata di Bandung Barat yang ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona.

Setelah situasi pandemik Covid-19 ini mulai berangsur-angsur mereda, sejak minggu lalu tepatnya 13 Juni 2020, Farm House dan Floating Market sudah siap menerima kunjungan para wisatawan. Dengan beracu dari protokol ‘new normal, yaitu dengan memberlakukan standar protokol kesehatan Covid-19, kedua tempat wisata ini dibuka kembali.

Bandung, Floating Market
Bandung, Floating Market

Beberapa aturan baru memang diterapkan dengan sungguh-sungguh. Seperti, pengunjung yang bisa masuk ke Farm House dan Floating Market, untuk sementara ini hanya yang memiliki KTP dan plat mobil dari wilayah Jawa Barat saja. Pemeriksaan tersebut dilakukan saat para wisatawan ini hendak memasuki area kedua tempat wisata ini. Selain itu, setelah dipastikan bahwa mereka berasal dari Jawa Barat, sebelum membeli tiket, suhu tubuh mereka pun diperiksa terlebih dahulu. Mereka juga harus sudah memakai masker, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area tempat wisata. Jika ada yang belum memakai masker, pihak pengelola sudah menyiapkan masker dan memberikan kepada mereka saat mereka membeli tiket.

Namun, meskipun memiliki KTP Jawa Barat, jika kapasitas area wisata tersebut sudah  mencapai batas maksimal, untuk Traveler yang sudah mengantri  tidak diperkenankan untuk masuk dan akan dialihkan ke tempat wisata lain. Yah, baik Floating Market maupun Farm House, kedua wisata ini membatasi jumlah pengunjungnya. Mereka menerapkan pembatasan pengunjung sebanyak 30 persen dari kapasitas keseluruhan. Selain itu, akan banyak patroli yang beredar dalam lingkungan area wisata yang tugasnya untuk mengingatkan dan mengurai kerumunan para pengunjung yang suka bergerombol atau membaur terutama ketika sedang mengambil foto.

Bandung, Farm House
Bandung, Farm House

Selain itu, untuk menerapkan konsep ‘new normal’ ini, juga diberlakukan pembatasan atraksi wisata Farm House dan Floating Market, terutama pada tempat wisata luar ruangan. Seperti wahana becak mini, yang hanya diperbolehkan dinaiki oleh satu orang. Begitu juga pada wisata Floating Market, untuk wahana sampan hanya dibatasi menjadi dua orang. Sementara atraksi wisata Kota Mini di Floating Market ditutup total dan belum bisa beroperasi kembali. Penutupan juga terjadi pada kios peminjaman kostum di kedua tempat wisata ini. Hal tersebut dilakukan guna menghindari penyebaran virus corona. Yah, biasanya kios peminjaman kostum selalu mengundang kerumunan dikarenakan banyak wisatawan yang ingin meminjam kostum.

Aturan baru juga diberlakukan pada restoran-restoran yang ada di dalam area wisata ini. Sebanyak 50 persen kapasitas pengunjung yang boleh masuk ke resto-resto ini. Begitu pula dengan penataan tempat duduk yang juga diberi jarak guna mematuhi aturan jaga jarak.

Untuk harga tiket, berdasarkan kesepakatan bersama pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk menyesuaikan harga, maka Farm House dan Floating Market menaikkan harga sebesar 30 persen. Tiket Floating Market dari Rp 20.000 jadi Rp 30.000, sementara itu tiket Farm House dari Rp 25.000 jadi Rp 35.000. Dan selama masa transisi new normal ini, Farm House dan Floating Market buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB.

Bandung, Farm House
Bandung, Farm House

Sekilas Tentang Farm House

Farm House terletak di Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang. Dari awal dibuka untuk umum yaitu pada tahun 2015, langsung penuh dengan pengunjung. Lokasinya yang strategis di ruas jalan utama Bandung – Lembang, ditambah banyaknya spot berfoto yang bagus, membuat Farm House Bandung langsung jadi tempat wisata di Lembang yang difavoritkan pengunjung.

Beberapa hal menarik dan fasilitas yang ada disini antara lain, Rumah Hobbit yang tertata rapi dan indah serta instagrammable sekali, foto bersama hewan seperti biri-biri, berbagai burung, landak, sapi, kelinci, dan lain-lain juga tersedia penyewaan Kostum Bergaya Eropa, dan yang tak kalah menariknya adalah banyaknya spot berfoto yang bagus disini.

Sekilas Tentang Floating Market

Floating Market Bandung terletak di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang.  Sejak awal beroperasi, Floating Market sudah langsung diserbu wisatawan. Tempat ini seolah memberikan kesegaran baru dari tempat wisata di Lembang yang pernah ada sebelumnya.  Disini terdapat pasar kuliner terapung, juga beberapa cafe dan tempat makan lain dengan suasana yang indah.

Suasana Floating Market sangat asri, hijau dan tertata rapi. Di dukung dengan udaranya yang  segar khas Lembang, tentunya bakal bikin Traveler enggan meninggalkan tempat ini. Selain dilengkapi dengan wahana permainan yang mengasyikkan, di dalam area Floating market juga banyak terdapat spot-spot indah yang bisa kita nikmati.

Juga yang tak kalah menariknya, terutama untuk anak-anak, yaitu Kota Mini Lembang. Di area ini dapat melihat miniatur kota yang indah dengan berbagai sarananya. Anak-anak bisa masuk ke setiap miniatur bangunan dan melakukan aktivitas yang sudah disiapkan disana.

Nah, bagi yang berktp non Jawa Barat, sabar dulu yah…setelah masa transisi ini berjalan lancar, pasti Farm House dan Floating Market akan segera dibuka untuk semua asal KTP.(Niel)