Lembah Lingkok Kuwieng, Lembah Istana di Padang Tiji Aceh Pidie

Memiliki banyak misteri alam yang sangat tidak terduga

Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh
Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh, photo by acehtravellers

Padang Tiji yang berjarak sekitar 12 Km dari kota Sigli, Kabupaten Pidie, merupakan suatu daerah yang memiliki bentang alam berbatasan langsung dengan Aceh Besar. Tempat ini banyak misteri alam yang sangat tidak terduga. Seperti di Lembah Lingkok Kuwieng, yang merupakan lembah berbentuk seperti istana. Masyarakat sekitar sering menyebutnya Ureuk Meuh atau Lembah Istana.

Berbeda dengan lembah lainnya yang ada di Pidie, Lembah Lingkok Kuwieng tak hanya dipenuhi pepohonan hijau. Tebing batu yang bertingkat-tingkat seperti sebuah candi, dan sungai yang mengalir di tengahnya membuat lembah ini terlihat seperti istana. Traveler seolah sedang berada di Grand Canyon, Arizona.

Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh
Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh, photo by acehtravellers

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, Traveler hanya perlu menempuh perjalanan 2 jam dengan menggunakan sepeda motor melewati perbukitan dari Gampong Pulo Hagu. Perjalanan diawali dengan kondisi jalan yang mulus beraspal, namun berikutnya, setibanya sampai di perbukitan, kondisi jalan berubah drastis. Traveler akan disambut oleh jalan yang cukup ekstrim dan menantang. Sehingga disarankan bagi yang belum pernah ke Lembah Istana ini, agar menggunakan jasa pemandu dari warga setempat. Biasanya biaya jasa dipatok senilai Rp 150.000. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sampai menuju Lembah Lingkok Kuwieng. Traveler akan dikenai pembayaran Rp 5.000 saja untuk masuk ke dalamnya.

Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh
Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh, photo by mengexplore.ala

Semua lelah terbayarkan begitu sampai di lokasi. Pemandangan yang menakjubkan pun, langsung menyihir dan membuat mata sulit berpaling. Air sungai berwarna hijau yang bersumber dari Pegunungan Seulawah serta suara gemericik air seakan memanggil untuk menceburkan diri ke sungai. Yah, disitu ada air terjun kecil yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seru juga mendirikan tenda disana dan camping, menikmati alam Lembah Lingkok Kuwieng.

Sederetan pepohonan hijau tumbuh begitu subur mengitari sungai. Menciptakan udara sejuk dan sedap dipandang mata. Tebing-tebing batu yang berada di sisi sungai ini, diprediksi ialah bebatuan kars yang terkikis oleh aliran sungai. Warna bebatuan yang coklat merupakan kombinasi warna yang sangat cantik di Lembah Istana ini. Traveler akan mendapatkan lanskap foto yang instagramable di sisi bebatuannya. Bisa juga memotret dari angle berbeda menggunakan drone.

Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh
Lembah Lingkok Kuwieng, Aceh, photo by ucok_silampung

Sayangnya, belum ada penjual makanan dan fasilitas di sini juga belum lengkap. Hal ini juga karena Lembah Lingkok Kuwieng belum terlalu terjamah oleh banyak orang. Jadi para Traveler bisa membawa makanan sendiri dan menyantapnya di sela-sela bebatuan yang indah.

Berlibur dan menikmati pemandangan di Lembah Lingkok Kuwieng, biasa disebut Ureuk Meuh atau Lembah Istana ini, akan membuat liburan Traveler menyenangkan. Di sini dapat menemukan pemandangan yang berbeda dari lembah lainnya di Indonesia. Benar-benar keindahan alam yang menakjubkan. (DM/IPG)